Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!

Beda dari live action Spider-Man lain nih!

Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!

Spider-Man adalah salah satu ikon budaya pop yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan sudah hadir dalam berbagai versi.

Salah satunya adalah versi Tokusatsu yang hadir di Jepang dengan judul serial TV yaitu Supaidaman (penyebutan dalam bahasa Jepang untuk Spider-Man).

Seperti apa sih Spider-Man versi Jepang ini?

1. Supaidaman adalah serial Tokusatsu kolaborasi Marvel Comics dan Toei Company

Serial TV Supaidaman atau Spider-Man adalah seri Tokusatsu hasil kolaborasi Marvel Comics dan juga Toei Company dari Jepang.

Seri Tokusatsu ini tayang mulai dari 17 Mei 1978 sampai 14 Maret 1979 dengan total 41 episode.

Ada beberapa hal menarik berkaitan dengan Spider-Man di serial ini, apa itu?

2. Bukan Peter Parker, tokoh utamanya adalah Takuya Yamashiro dengan kisah awal yang berbeda

Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!tokusatsu.fandom.com

Spider-Man dikenal sebagai Peter Parker, tapi seperti yang kita tahu, tidak semua Spider-Man itu Peter Parker, termasuk yang dari Jepang ini.

Dia adalah Takuya Yamashiro, seorang pemuda anak dari seorang arkeologis yang menemukan pesawat ruang angkasa Marveller yang berasal dari planet Spider.

Takuya juga ikut ke dalam Marveller dan menemukan satu-satunya orang yang selamat dari planet Spider. Dia adalah orang yang selamat dari serangan pasukan Cross Army yang dipimpin Profesor Monster.

Akhirnya Takuya diberikan sebuah gelang yang memberikannya kekuatan laba-laba lengkap dengan kostumnya. Sejak itu Takuya menjadi Spider-Man dan menghadapi pasukan Cross Army yang ingin menguasai galaksi.

Baca Juga: Ini Kelemahan Spider-Man Versi Tobey Maguire!

3. Punya genre Tokusatsu, Spider-Man Jepang ini terasa sangat berbeda dengan versi Amerika

Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!cbr.com

Spider-Man versi Jepang ini punya genre Tokusatsu, apa itu? Tokusatsu adalah genre di Jepang untuk film atau seri TV yang menggunakan spesial efek.

Tapi Supaidaman ini lebih erat dengan seri pahlawan Tokusatsu seperti Kamen Rider atau Super Sentai di Jepang, toh sama-sama diproduksi oleh Toei.

Karena itu gaya bertarung dan lawan yang dihadapi oleh Spider-Man Jepang ini terasa unik seperti monster dan musuh yang berbeda setiap minggunya.

4. Robot Spider-Man yaitu Leopardon menjadi awal dari tema robot raksasa di Tokusatsu

Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!toyark.com

Spider-Man Jepang ini akan mengakhiri aksinya dengan memanggil pesawat Marveller yang bisa berubah jadi robot raksasa, Leopardon untuk menghabisi monster raksasa lain.

Tahukah kamu kalau Leopardon menjadi pembuka dari tema robot raksasa vs monster raksasa di Tokusatsu, bahkan sebelum Super Sentai?

Supaidaman tayang di tahun 1978 dan menghadirkan Leopardon. Di tahun 1979 baru Toei menayangkan Battle Fever J, seri Super Sentai pertama yang menggunakan robot raksasa (sebelumnya Goranger dan JAKQ hanya menggunakan pesawat).

Jadi Supaidaman ini bukan hanya versi Spider-Man yang unik, tapi juga menjadi legenda Tokusatsu, bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Daftar Efek Buruk dari Fitnah Mysterio ke Spider-Man di MCU

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU