8 Seri Tokusatsu Jadul di Indonesia Yang Bisa Ditonton di Youtube

Toei kembali merilis serial tokusatsu jadul mereka

8 Seri Tokusatsu Jadul di Indonesia Yang Bisa Ditonton di Youtube

Indonesia sempat menayangkan banyak serial tokusatsu, terutama seri tokusatsu dari Metal Hero Series produksi Toei. Nama-nama seperti Gavan dan Winspector sangat digemari anak-anak pada masanya.

Nah, kini Toei telah meng-upload puluhan judul tokusatsu klasik mereka ke YouTube. Beberapa diantaranya merupakan serial anime, dan juga seri Metal Hero Series. Jika ingin nostalgia tokusatsu jadul, sekarang saatnya! Ini dia beberapa seri tokusatsu Toei yang pernah tayang di Indonesia dan bisa kamu saksikan kembali.

1. Changerion

Kelompok DarkZide dari dimensi kegelapan datang ke bumi untuk mengambil energi Larmu dari manusia. Untuk mencegahnya, Takeshi Munakata mendirikan organisasi SAIDOC. Mereka mengembangkan Changerion Project menggunakan kekuatan berbasis kristal. Namun, kekuatan tersebut tak sengaja ditransfer ke tubuh detektif Akira Suzumura. Ia pun harus berubah mengadi Changerion untuk melawan monster DarkZide.

2. Voltes V

Voltes V merupakan salah satu anime robot klasik dari trilogi Robot Romance (Combattler V, Daimos). Voltes V mengisahkan 3 bersaudara Kenichi, Daijiro, dan Hiyoshi Go, bersama Ippei Mine dan Megumi Oka memiloti robot Voltes V melawan invasi alien dari planet Boazan. Pencipta Voltes V yang juga ayah dari Go bersaudara, sebenarnya adalah pangeran La Gour yang juga berasal dari planet Boazan.

3. Jiraiya

Sebelum ada sannin Jiraiya, ada ninja Jiraiya yang jadi serial Metal Hero Series ke-7. Dalam Jiraiya, kelompok ninja jahat Yoma Ichizoku pimpinan Oninin Dokusai, mengincar peta harta karun Pako yang dilindungi keluarga Yamaji. Sang kepala keluarga Tetsuzan Yamaji mempercayakan peta itu kepada anaknya, Toha dan Kei. Toha bisa berubah menjadi ninja Jiraiya, sementara Kei berubah menjadi Himenin Emiha.

4. Kabutack

Seri Metal Hero Series ke-16 ini merupakan tokusatsu Metal Hero pertama yang ditujukan untuk anak-anak. Dr. Torahiko Kouenji menemukan prasasti kuno yang mengungkap keberadaan 13 Star Piece yang bisa mengabulkan permintaan. Untuk mencarinya, sang dokter menciptakan B-Robot. Salah satu B-Robot tersebut, Kabutack, diasuh oleh cucu Torahiko, Yuzuru.

Baca Juga: 8 Fakta Gridman, Tokusatsu Mirip Ultraman Tapi Bukan!

5. Janperson

Seri Metal Hero Series ke-12 ini mengisahkan Janperson, sebuah robot detektif yang dulunya merupakan robot penghancur. Ia kemudian dinonaktifkan, dilucuti, dan diprogram ulang oleh ilmuwan Kaoru Saegusa untuk menjadi robot polisi. 

6. Winspector

Winspector adalah seri Metal Hero Series ke-9 yang cukup populer di Indonesia karena pernah didatangkan langsung dari Jepang dalam sebuah siaran langsung. Bersetting di Jepang tahun 1999, ternyata kejahatan semakin merajalela. Untuk mengatasinya, dibuatlah pasukan Winspector yang terdiri dari polisi Ryoma Kagawa serta dua robot Bikel dan Walter.

7. Jiban

Serial Metal Hero Series ke-8 ini sekilas memiliki plot yang mirip dengan Robocop. Deketkif Naoto Tamura tewas ditangan monster Bionoid. Bertanggung jawab atas kemunculan monster itu, Dr. Kenzo Igarashi menghidupkan kembali Naoto sebagai cyborg Jiban. Dalam bertugas, Jiban harus mematuhi 3 perintah yang diprogram ke dalam tubuhnya.

8. Sharivan

Sharivan merupakan sekuel dari serial Metal Hero Series paling pertama yaitu Gavan. Setelah membantu Gavan mengalahkan organisasi Makuu, kini Den Iga alias Sharivan melindungi bumi bersama pacarnya Lily dari planet Bird. Kini lawan Sharivan adalah organisasi Madou.

Ngomong-ngomong soal Gavan, apakah nantinya ia juga akan hadir di YouTube? Bisa jadi. Namun sebelum itu, adakah seri tokusatsu favoritmu di daftar ini?

Baca Juga: Space Sheriff Gavan Kembali "Happening"

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU