5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benar

Asal digarap dengan benar ya!

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benar

Seperti sudah dibahas di Geek Podcast duniaku.com episode 11, sejauh ini hanya ada satu karakter komik yang bisa mengantar aktor pemerannya dapat Oscar: Joker. Heath Ledger dapat Oscar karena Joker, demikian pula dengan Joaquin Phoenix. 

Kira-kira siapa lagi ya karakter komik yang juga bisa dapat Oscar? Ada beberapa kemungkinan yang menarik. Bila aktornya benar, sutradaranya benar, dan pendekatannya benar, mereka bisa saja menang Oscar lho!

1. Iron Man

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benarnetflix.com/Iron Man

Karakter Tony Stark sebenarnya menarik. Dari Iron Man 1 hingga Avengers: Endgame, Robert Downey Jr menyajikan tokohnya dengan sangat kuat. Dari Phase 1 ke Phase 3, kamu bisa melihat pertumbuhan Tony Stark, bagaimana dia mencoba mengatasi kesalahan dan ketakutannya, hingga ia akhirnya gugur sebagai hero. 

Masalahnya adalah, juri Oscar tampaknya tak bisa menilai peran seorang aktor dari sekian banyak film yang terpisah-pisah. Tapi jika suatu hari nanti Marvel ingin eksperimen, menyajikan kisah Tony Stark dalam satu film, perjalanan Tony saya rasa minimal bisa memperoleh nominasi untuk Aktor Terbaik. 

2. Magneto

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benarnetflix.com/X-Men: Days of Future Past

Dari dunia Marvel, Magneto termasuk supervillain yang bisa disajikan dengan memikat seperti Joker. Terutama karena pada dasarnya dia ini menderita tragedi berat di masa lalunya, yang membuat dia bertindak lebih ekstrem ketimbang Charles Xavier. 

Magneto lalu menjadi penjahat, namun karena karakternya begitu kompleks kadang justru ada momen di mana ia malah menjadi sekutu X-Men. 

Kalau ada yang mau eksperimen membuat kisah Magneto jadi seperti Joker, di mana fokusnya adalah kisah masa lalunya, dan penyajiannya lebih mirip drama ketimbang film superhero, Magneto bisa jadi karakter yang mengundang Oscar. 

Bahkan, bila ada yang bisa membuat film X-Men sekelas The Dark Knight, saya rasa bisa saja pemeran Magneto yang menjadi villain dapat minimal Aktor Pendukung Terbaik. 

Baca Juga: Mantap Juga! Sudah Dua Aktor Joker Menang Oscar!

3. The Punisher

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benarnetflix.com/The Punisher

Karakter Frank Castle, alias Punisher, juga bisa dibilang menarik. Dia adalah pria yang mengalami tragedi lalu membalas dendam kepada para kriminal. 

Memang, adaptasi Punisher versi layar lebar sejauh ini kurang berhasil. Tapi Frank Castle versi Netflix yang diperankan oleh Jon Bernthal membuktikan kalau Frank Castle bisa disajikan dengan mantap juga di media film. 

Frank Castle versi Netflix tersaji sebagai pribadi yang tragis dan mengundang simpati, tanpa kehilangan sisi brutal khas Punisher. Bila Punisher mendapat film model Joker yang fokus pada karakternya, Punisher rasanya juga bisa mengundang Oscar. 

4. Batman

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benarnetflix.com/Batman Begins

Sebenarnya, saya punya harapan tersendiri mengenai semesta Joker. Dunia film Joker Joaquin Phoenix terlihat realistis. Seperti apa Batman yang bisa tumbuh besar di dunia seperti itu? Hasilnya mungkin beda dari film lain. 

Sosok seperti Michael Keaton, Christian Bale, dan Ben Affleck sebenarnya sudah sukses menyajikan Bruce Wayne yang bagus di film-film sebelumnya. Tapi gimana jika ada film Batman dengan model drama ala Joker? Jadi bukannya fokus ke aksi heroik, kita diperlihatkan lebih dalam pencarian jati diri Bruce Wayne hingga ia menjadi Batman? 

Dengan cara seperti itu, Batman pun bisa saja mengundang Oscar. 

5. Spider-Man

5 Karakter Komik yang Juga Bisa Dapat Oscar Bila Digarap dengan Benarnetflix.com/Spider-Man

Bila disajikan di latar yang lebih realistis dan pendekatan drama, Spider-Man juga adalah sosok yang menarik. Dia ini adalah tokoh yang terkenal cerewet dan bersemangat saat beraksi, padahal hidupnya sering kali diperlihatkan sulit dan penuh tragedi. 

Dengan sutradara yang tepat, aktor yang tepat, dan pendekatan lebih ke karakter ketimbang aksi, mungkin tragedi kehidupan Spider-Man dapat disorot dengan memikat dan mengundang Oscar juga. 

Nah, menurut saya, itulah lima karakter komik yang juga bisa dapat Oscar bila digarap dengan benar. Gimana menurut kamu? 

Sejauh ini, Oscar memang pelit menghadiahkan Oscar kategori akting untuk film yang mengedepankan aksi. Makannya kemenangan Ledger di The Dark Knight yang masih penuh action, dibandingkan dengan Joaquin Phoenix yang pakai pendekatan drama, terasa begitu mantap. 

Tapi lima karakter di atas bisa disajikan dengan pendekatan drama juga. Semoga sih kesuksesan Joker akan menggoda Warner Bros atau Marvel Studio untuk bereksperimen dengan mereka! 

Gimana nih menurut kamu? Ada lagikah karakter komik yang juga bisa dapat Oscar, menyusul Joker? 

Baca Juga: Film DC Menang Oscar Lebih Banyak dari Marvel? Begini Situasinya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU