12 Film Horor Indonesia tentang Budaya Mistis, Ada Film Inang!

Cocok untuk kamu yang memiliki keberanian cukup tinggi

12 Film Horor Indonesia tentang Budaya Mistis, Ada Film Inang!

Indonesia memiliki budaya dan adat istiadat yang cukup kental. Banyak tradisi adat yang masih dipercaya oleh masyarakat Tanah Air hingga saat Ini. Beberapa tradisi ini bahkan mengandung budaya mistis, lho.

Uniknya keberagaman adat istiadat ini menjadi inspirasi untuk para sineas film Indonesia untuk merilis film horor Indonesia tentang budaya mistis. Berikut ini daftar film yang dapat kamu saksikan. Cocok untuk kamu yang pemberani!

1. Inang (2022)

Film tentang budaya horor mistis Indonesia pertama yang bisa kamu saksikan adalah Film Inang produksi IDN Pictures. Film ini mengangkat tradisi Rabu Wekasan. 

Dalam kepercayaan Jawa, bayi yang lahir pada hari Rabu Wekasan harus diruwat untuk memutus segala bencana yang akan menimpa bayi tersebut.

2. Pamali (2022)

Selanjutnya, ada film Pamali. Film ini mengangkat cerita tentang orang yang melanggar pantangan yang dilarang dalam kepercayaan adat, atau disebut dengan pamali.

Jaka dan sang istri bernama Rika memulai hidup baru di sebuah desa terpencil sambil menunggu kelahiran anaknya. Sebagai warga pendatang baru, mereka tak mengindahkan aturan pamali yang ada di daerah tersebut.

3. Teluh (2022)

Teluh merupakan salah satu budaya ilmu hitam di Indonesia yang diangkat menjadi sebuah film. Diceritakan, sebuah keluarga mendapatkan bencana yang merenggut nyawa setiap anggotanya setelah melihat bola api yang jatuh di atas rumah.

Bola api tersebut datang ke atas rumah Pak Indra dan membuat para anggota keluarga meninggal secara mengerikan.

Baca Juga: 5 Komentar Reviewer Soal Film Inang, Horor Indonesia Terbaik 2022!

4. Tarian Lengger Maut (2021)

Film horor budaya mistis Indonesia berikutnya ada film Tarian Lengger Maut. Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat budaya tari lengger dari Banyumas.

Diceritakan ada seorang dokter psikopat bernama Dokter Jati yang sangat kejam untuk mengambil jantung warga-warganya. Masyarakat sekitar percaya bahwa tarian lengger dapat menghilangkan musibah ini.

5. Kajeng Kliwon (2020)

Indonesia memiliki beragam budaya yang cukup kental dan menarik untuk diangkat menjadi sebuah film. Berikutnya, terdapat film Kajeng Kliwon yang mengangkat budaya di Bali. 

Film horor Indonesia ini menyoroti budaya mistis di Bali, seperti Rangda, ratu dari para leak di dalam mitologi Bali. Cerita ini dihadirkan lengkap dengan nuansa ala Bali, seperti baju adat Bali, dan berbagai ritual keagamaannya.

6. Tembang Lingsir (2019)

Siapa yang pernah mendengar lagu "Lingsir Wengi"? Lagu ini diangkat menjadi sebuah film berjudul Tembang Lingsir.

Dalam budaya tradisional Jawa, lagu "Lingsir Wengi" dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus. Namun, film ini memberikan penjelasan lengkap mengenai arti sebenarnya lagu "Lingsir Wengi".

7. Qodrat (2022)

Film Qodrat merupakan debut film horor Vino G. Bastian dengan istrinya, Marsha Timothy. Film ini mengangkat tradisi rukiah di Indonesia. Vino berperan sebagai ustaz Qodrat yang gagal merukiah anaknya sendiri. 

Qodrat kemudian memutuskan kembali ke pesantren tempat ia menuntut ilmu untuk memperdalam ilmu rukiahnya. Namun, ia kemudian harus merukiah anak Yasmin bernama Alif Amri yang dirasuki iblis Assuala seperti anak semata wayangnya di masa lalu.

8. Satu Suro (2018)

Malam Satu Suro sering kali dipercaya sebagai malam yang cukup mencekam dan penuh nuansa mistis. Dalam film ini, Anggy Umbara menggambarkan pasangan muda yang diteror oleh makhluk halus pada malam tersebut.

Film ini cukup menyeramkan karena banyak jumpscare yang mendebarkan. Berani untuk menontonnya?

9. Jailangkung: Sandekala (2022)

Jailangkung merupakan permainan tradisional Nusantara yang bersifat ritual supernatural yang digunakan untuk memanggil makhluk tak kasat mata. Dalam film Jailangkung Sandekala, diceritakan sosok Niki yang sedang mencari adiknya di wilayah hutan belantara.

10. Ruqyah (2017)

Saat seseorang diganggu oleh makhluk halus, terdapat kepercayaan rukiah yang dilakukan untuk membersihkan diri dari korban yang dirasuki makhluk gaib.

Begitu juga yang terdapat dalam film Ruqyah - The Exorcism. Dalam film ini, sosok Asha dirasuki oleh makhluk gaib. Mahisa kemudian memanggil ustaz untuk membersihkannya.

11. Menjelang Maghrib (2022)

Novia Bachmid, sang penyanyi jebolan Indonesia Idol ini terjun ke dunia perfilman Indonesia. Tak tanggung-tanggung, ia langsung membintangi film horor dengan penuh budaya mistis berjudul Menjelang Maghrib.

Film ini merupakan berdasarkan kisah nyata tentang seorang pasien gangguan jiwa. Gangguan tersebut selalu muncul menjelang magrib, sehingga ia harus dipasung di waktu tertentu.

12. Tutuge (2022)

Tutuge memiliki arti 'perasaan diikuti makhluk halus' dalam bahasa Bali. Selain, Kajeng Kliwon, film Tutuge juga memiliki unsur budaya Bali yang sangat kuat. Film ini digarap oleh Virlan Wana Langgong dan diproduksi oleh rumah produksi Sin3rgi.

Itu dia daftar film horor Indonesia yang mengangkat tentang budaya mistis dengan cukup kental. Berani menontonnya?

Baca Juga: 8 Fakta Film Qodrat, Debut Film Horor Vino G. Bastian

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU