Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!

Film Joker masih menyisakan misteri!

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!

Film Joker tersaji dengan unik. Penonton seperti diperlihatkan kejadian di film lewat eye of madness, sudut pandang dari Arthur Fleck yang kondisi psikologisnya terganggu. 

Sudut pandang ini membuat ada beberapa misteri film Joker yang hingga akhir tak diungkap. Apa saja? 

Sebelum membaca, hati-hati: sudah tentu artikel ini mengandung spoiler

1. Gimana nasib Sophie Dumond?

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!bustle.com

Ini mungkin misteri film Joker yang paling menarik. Sophie Dumond adalah tokoh yang diperankan Zazie Beets. Pada dasarnya, Sophie hanya manusia biasa. Seorang single mother yang hidup bersama anaknya satu apartemen dengan Arthur. 

Hanya karena interaksi Sophie dan Arthur di elevator, di mana Sophie minimal mencoba ramah terhadap tetangganya, Arthur mulai berhalusinasi soal Sophie. 

Arthur sempat mengira dia berkencan dengan Sophie. Tapi Sophie yang dia kencani sebenarnya ilusi, proyeksi yang tercipta setelah ia tidak lagi meminum obatnya. Saat Arthur berkunjung ke kamar Sophie yang sungguhan, Sophie pun panik. 

Arthur lalu meninggalkan kamar Sophie. Tapi gimana nasib wanita itu dan anaknya? Apakah karena Sophie ketakutan terhadap Arthur, Arthur menyerang Sophie juga? Atau Arthur hanya meninggalkannya?

2. Gimana nasib psikiater Joker di akhir?

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!denofgeek.com

Di akhir, Arthur tampak berada di ruangan Arkham Asylum, berinteraksi dengan psikiater. Kemudian Arthur diperlihatkan melangkah keluar dengan darah di kakinya. 

Jadi, apakah psikiaternya dibunuh? Atau dihajar tapi masih ditinggalkan hidup? Ataukah bagian terakhir di mana Joker dengan nuansa komedi kelam berlari-lari dikejar petugas Arkham itu juga hanya halusinasi?

Baca Juga: Ini 4 Alasan Anak-anak Tidak Akan Suka Film Joker!

3. Benarkah Arthur bukan anak Thomas Wayne?

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!facebook.com/jokermovie

Salah satu yang mendorong Arthur semakin dalam menuju jurang kegilaan adalah saat ia menemukan dokumen dari Arkham Asylum tentang ibunya. Ibunya mengadopsi Arthur, dan tampaknya pernah menyiksa anaknya dulu. Arthur bukan benar-benar anak Thomas Wayne.

Tapi di satu adegan, Arthur menemukan tulisan yang ditujukan kepada Penny Fleck dari seseorang berinisial TW. Seakan menunjukkan kalau Thomas memang pernah punya hubungan gelap dengan Penny Fleck. 

Jadi, sebetulnya Arthur itu anak Thomas Wayne atau bukan? Sebagai orang kaya, Thomas bisa dengan mudah memalsukan kegilaan Penny untuk menutupi skandalnya. Tapi gimana kalau bahkan tulisan berinisial TW itu pun hanya karangan Penny sendiri, atau malah cuma dibayangkan Arthur?

4. Benarkah Thomas Wayne jahat?

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!looper.com

Ini juga misteri film Joker yang menarik. Thomas Wayne itu arogan. Ini tak bisa dikesampingkan, dari cara bicaranya di televisi serta dialognya dengan Arthur Fleck di toilet. 

Tapi apakah benar dia monster yang dengan tega mencampakkan Penny, dan menutupi fakta kalau Arthur adalah anaknya?

Bila kita misalkan bahwa benar Penny hanya mengadopsi Arthur, dan kemudian hubungannya dengan Thomas adalah wujud kegilaan Penny, maka Thomas tampaknya tidak sekejam yang awalnya dibayangkan Arthur. 

Situasi dengan Thomas Wayne ini memang benar-benar ambigu, hingga bingung juga yang mana yang benar. 

5. Apakah seluruh kejadian di akhir film itu nyata?

Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!indiatoday.in

Arthur kadang mengalami halusinasi setelah ia berhenti minum obat. Termasuk membayangkan kalau Sophie Dumond simpati kepadanya dan sempat menjadi kekasihnya. 

Bukan hanya berhenti minum obat, Arthur juga sudah sepenuhnya menjelma menjadi Joker di bagian klimaks film. Apakah seluruh kejadian benar-benar terjadi apa adanya? Ataukah ada bagian yang hanya ilusi yang diciptakan oleh otak Arthur? 

Kalau kamu pikir baik-baik, tampak kebetulan sekali memang Arthur bisa tiba-tiba diundang ke show besar hanya karena penampilan buruknya, atau dia bisa dengan mudah menyelundupkan pistol berpeluru ke dalam studio televisi. 

Itulah lima misteri film Joker yang tidak dijawab. Menurutmu gimana? 

Baca Juga: Sambut Joker, Ini 10 Film yang Tokoh Utamanya Jahat!

Review

Latest