Siapa Pemimpin Avengers di Film Marvel? Ini 3 yang Diketahui! 

Sejauh ini, pemimpin Avengers MCU ada tiga yang diketahui

Siapa Pemimpin Avengers di Film Marvel? Ini 3 yang Diketahui! 

Siapa pemimpin Avengers di film Marvel?

Kamu mungkin akan langsung kepikiran Captain America, tapi sebenarnya posisi Steve sebagai pemimpin Avengers sempat diganti di tahun 2016 hingga 2023 waktu MCU. 

Ini urutan pemimpin Avengers di film Marvel! 

1. Steve Rogers

Siapa Pemimpin Avengers di Film Marvel? Ini 3 yang Diketahui! Captain America memegang Mjolnir. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Steve Rogers adalah pemimpin Avengers di mayoritas fase 1 hingga fase 3 MCU.

Dia sudah jadi pemimpin sejak 2012, saat Avengers pertama terbentuk.

Meski begitu, ada masa dimana Steve gak dianggap sebagai pemimpin Avengers. Dia bukan pemimpin resmi Avengers dari tahun 2016 (karena kejadian di Civil War) hingga 2023. 

Meski begitu, Steve kemudian terasa menjadi pemimpin Avengers lagi di 2023. Terutama dalam pertempuran terakhir, dimana dia yang mengatakan "Avengers assemble." 

Baca Juga: Teori: Siapa Musuh Besar Avengers Setelah Thanos di MCU?

2. Tony Stark

Siapa Pemimpin Avengers di Film Marvel? Ini 3 yang Diketahui! Tony Stark di Avengers: Endgame. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Tony Stark terhitung sebagai pemimpin Avengers dari tahun 2016 hingga 2018 di dunia MCU.

Stark sepertinya masih terhitung sebagai pemimpin Avengers resmi hingga awal-awal  Endgame, yang memang masih berlatar di 2018. Lalu ada time skip lima tahun ke tahun 2023.  

Dari tahun 2018 hingga 2023 itu, ada sosok lain yang menjadi pemimpin Avengers. 

3. Natasha Romanoff

Natasha Romanoff adalah pemimpin Avengers di masa-masa 2018-2023. 

Captain Marvel, Nebula, dan Rocket Raccoon resmi menjadi anggota Avengers di era kepemimpinan Natasha ini. Ada juga Okoye, yang terlihat melapor ke Natasha. 

Di awal-awal Endgame (sekitar menit 26 untuk versi Disney+), kita diperlihatkan gimana Natasha mendengar dan menanggapi laporan dari James Rhodes, Okoye, Captain Marvel, Nebula, dan Rocket. 

Setelah Natasha mengorbankan diri demi Soul Stone, Steve Rogers tampaknya jadi pemimpin lagi. Terutama dalam pertempuran akhir, dimana Steve yang mengucapkan "Avengers assemble" kepada Avengers dan para hero lain yang datang ke lokasi pertempuran.

Nah, itu tiga pemimpin Avengers di film Marvel. Setelah Endgame, Natasha dan Tony sudah mati, sementara Steve pensiun. 

Setelah Endgame, sejauh ini Avengers sepertinya belum aktif lagi. 

Kita lihat siapa yang akan menjadi pemimpin Avengers di fase 4 dan fase setelahnya. Kalau dilihat dari mid-credits Shang-Chi sih, Bruce Banner dan Captain Marvel mungkin kandidat terkuat pemimpin jika Avengers terbentuk lagi. Melihat gimana di adegan itu, mereka dan Wong masih terlibat dalam urusan seperti menyelidiki Sepuluh Cincin Shang-Chi. 

Nah itulah para pemimpin Avengers di film Marvel. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Kenapa Captain America Menua di Akhir Avengers: Endgame? Ini Jawabnya

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU