12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini 

Kekuatan mereka benar-benar dahsyat

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini 

Kita sudah disuguhi banyak seri dan film Marvel sejauh ini. Setiap seri dan film bukan hanya menyajikan hero, tapi juga villain.

Nah, dari semua penjahat yang muncul, siapa penjahat terkuat di seri dan film Marvel hingga saat ini?

Ini 12 penjahat terkuat di seri dan film Marvel versi saya! 

12. Kurse

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Dok. Marvel Studios

Berhubung Thor adalah salah satu hero terkuat Marvel, cukup menarik melihat Kurse mampu menghajar Thor di The Dark World dulu.

Pada akhirnya, yang menyebabkan kekalahan Kurse justru adalah Loki, yang mengaktifkan Black Hole Grenade di sabuk Kurse. 

11. Ikaris

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Ikaris di Eternals. Dok. Marvel Studios

Berhubung Ikaris harus dihadapi para Eternal di puncak film, dia sepertinya bisa dimasukkan ke daftar ini.

Para Eternal itu kuat. Namun di antara para Eternal, Ikaris yang kekuatannya mirip Superman ini terasa melampaui para Eternal Bumi, dan sulit untuk dihentikan satu lawan satu. 

Baca Juga: 5 Karakter Baik di Komik Marvel yang Jadi Jahat di Film 

10. Ronan the Accuser

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Ronan the Accuser dari poster promo Guardians of the Galaxy. (Dok. Marvel Studios/Guardians of the Galaxy)

Ronan The Accuser adalah sosok yang sangat kuat. Kita bisa lihat di GotG kalau ketangguhannya dan kekuatannya melampaui sosok seperti Drax.

Lalu dia memasang Power Stone di palunya, dan Ronan pun menjadi ancaman yang semakin dahsyat. 

9. Alioth

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Monster Alioth hampir memangsa Loki dan Sylvie. Disney+ Hotstar/Loki

Alioth adalah monster berbahaya. Mereka yang dimangsa Alioth akan musnah.

Berhubung dia ini monster awan, melawannya sulit. Hero-hero Marvel yang mengandalkan kekuatan fisik dan senjata bisa jadi tidak punya harapan untuk menang. 

Gak heran kalau Alioth ini dimanfaatkan oleh He Who Remains untuk memenangkan perang multisemesta di masa lampau. 

Setidaknya, teknik enchantment dari Sylvie dan Loki masih bisa mengatasi Alioth, sehingga duo itu bisa mencapai Citadel at the End of Time

8. Surtur

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Dok. Marvel Studios

Surtur ini situasinya unik.

Saat di Muspelheim, di awal film Thor: Ragnarok, Thor bisa mengalahkan Surtur. Namun itu karena Odin sudah pernah mengalahkan Surtur ribuan tahun sebelumnya, dan Odin mengambil Eternal Flame yang merupakan sumber kekuatan Surtur.

Ketika Surtur dibangkitkan dengan Eternal Flame, kita melihat kekuatan sejatinya. Ukuran tubuh Surtur jadi besar sekali, dan dia mampu menghancurkan Asgard (beserta Hela). 

7. Ego

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Marvel Studios

Ego adalah salah satu entitas kuat di film Marvel. Ia sangat sulit dibunuh. Kelemahannya adalah inti tubuhnya, di dalam planetnya.

Bisa dibilang, untung sekali para Guardians ada di planet Ego saat melawannya. Kalau tidak, bisa jatuh banyak korban jiwa dari berbagai bagian semesta sebelum mereka bisa menemukan cara membunuhnya. 

6. Hela

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini comicbook.com

Hela adalah sosok yang sangat sulit dikalahkan. Ia cukup kuat untuk menghancurkan Mjolnir dengan mudah, serta membantai pejuang tangguh Asgard seperti Warriors Three. 

Bahkan di masa lalu dia juga membantai para Valkyrie.

Pada akhirnya, justru Surtur yang bisa mengatasi Hela.

5. Thanos (baik versi 2014 maupun 2018)

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Thanos di Endgame. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Thanos adalah salah satu penjahat terkuat Marvel untuk fase 1 hingga fase 3.

Yang bikin dia ini berbahaya adalah dia punya tubuh kuat dan otak cerdik. Ini membuat Thanos terasa sebagai sosok yang sempurna dalam pertarungan.

Ada musuh-musuh yang bisa mendesaknya, seperti Wanda Maximoff dan Captain Marvel, tapi ia selalu punya cara untuk lolos atau mengatasi mereka.

Untuk lolos dari Wanda, dia memerintahkan kapal Sanctuary II untuk menembak, meski itu berarti pasukan Thanos sendiri akan kena tembakan.

Untuk mengatasi Captain Marvel, ia mengambil Power Stone dari Infinity Gauntlet supaya bisa memperoleh tambahan kekuatan untuk meninju sang Captain. 

Sudah begitu, versi Thanos 2018 juga dilengkapi Infinity Stone sejak awal film Infinity War. Penjahat yang kuat dan cerdik ini pun makin berbahaya dan sulit dikalahkan. 

4. He Who Remains

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Jonathan Majors sebagai He Who Remains. (Dok. Marvel Studio/Loki)

He Who Remains muncul di episode terakhir Loki. Sosok yang terungkap sebagai dalang dari TVA. 

Di masa lampau, pernah terjadi perang antara multisemesta. Kalau berdasarkan penuturan He Who Remains, perang itu terjadi antara varian-variannya. He Who Remains ini adalah varian yang menang perang, mengandalkan Alioth. 

Awalnya, menyerang He Who Remains bahkan mustahil dilakukan. Dia sudah tahu semua yang akan terjadi.

Namun kemudian, saat bicara dengan Loki dan Sylvie, dia mengaku tidak lagi bisa tahu apa yang terjadi. Baru setelah itu, dia bisa dibunuh.

Yang berbahaya? He Who Remains selama ini memastikan hanya ada satu timeline, Sacred Timeline, supaya tidak lagi terjadi perang multisemesta. 

Dengan kematian He Who Remains, maka varian-variannya yang lebih berbahaya (seperti Kang the Conqueror) bisa jadi akan muncul dan bikin masalah. 

3. Arishem (dan para Celestial)

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Arishem di film Eternals. (Dok. Marvel Studio/Eternals)

Di komik, Celestial adalah kaum yang sangat kuat. 

Di film Eternals sih si Arishem belum melawan langsung para hero. Justru Tiamut, yang hendak lahir, serta Ikaris yang mencoba memastikan proses Emergence Tiamut berjalan lancar, yang jadi ancaman langsung.

Namun seperti bisa kita lihat di akhir film Eternals, Arishem ini ukurannya besar sekali. Sampai-sampai Sersi, Kingo, dan Phastos terlihat seperti titik saja dibandingkan dengan Arishem pada gambar di atas. 

Arishem akan mempelajari memori dari Sersi, Kingo, dan Phastos untuk menentukan apakah manusia layak dibiarkan hidup. 

Yang bikin ngeri adalah Arishem menyatakan dia akan kembali ke Bumi untuk penghakiman suatu hari nanti.

Kalau Arishem memutuskan menyerang Bumi, sepertinya bakal sulit menghentikannya. 

2. Ultron (versi What If)

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Ultron dengan tubuh Vision. (Marvel Studio/What If?)

Dari dunia animasi What If? kita diperlihatkan versi Ultron yang sukses memindahkan kesadarannya ke tubuh Vision.

Dia mampu dengan mudah membelah Thanos jadi dua. Kemudian setelah memperoleh Infinity Stone lengkap, dia menghancurkan berbagai planet juga, termasuk Ego dan Sovereign. Captain Marvel pun bisa dia bunuh.

Yang bikin Ultron makin ngeri adalah dia kemudian jadi ancaman multisemesta. Dia sampai bisa melintas ke realita lain. 

1. Dormammu

12 Penjahat Terkuat di Seri dan Film Marvel hingga Saat Ini Dormammu di Doctor Strange. (Dok. Marvel Studio/Doctor Strange)

Doctor Strange masih bisa memberi perlawanan melawan Thanos saat di Avengers: Infinity War

Tapi saat Doctor Strange melawan Dormammu? Kamu bisa melihat kalau Dormammu bisa dengan sangat mudah membantai Strange, dengan berbagai cara pula. 

Strange pun tampaknya sadar dia tidak akan bisa menang melawan Dormammu, jadi dia hanya membuat Dormammu terjebak dalam time loop

Kalau Dormammu kembali ke dunia film Marvel suatu hari nanti, para hero mungkin bisa berada dalam bahaya besar. Terutama karena Time Stone sudah hancur. 

Nah, itu 12 penjahat terkuat film Marvel hingga saat ini.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Siapa Valentina Allegra di Film Marvel? Ini yang Diketahui!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU