7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!

Ada yang perbedaannya sedikit, ada yang drastis!

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!

Seperti adaptasi novel ke film, adaptasi buku komik ke film pun akan membutuhkan adaptasi dan perubahan.

Itu juga yang terjadi ke beberapa karakter komik Marvel di versi Marvel Cinematic Universe.

Apa saja perubahan kekuatan dari karakter Marvel di MCU? Yuk simak berikut ini!

1. Iron Man

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Adegan Arc Reactor di Iron Man 3. (Dok. Marvel Studios/Iron Man 3)

Kisah awal Tony Stark menjadi Iron Man di MCU dan di komik itu mirip, beda lokasi saja. Tapi yang berbeda sedikit adalah Arc Reactor. 

Di komik, bagian dada Tony adalah generator elektromagnetik yang digunakan untuk menahan serpihan ranjau di dadanya, mirip seperti di MCU, tapi bukan Arc Reactor yang jadi energi.

Namun sejak film Iron Man 2008, di komik pun dibuat sesuatu yang serupa dengan "Arc Reactor" sendiri yaitu Repulsor Tech.

2. The Mandarin

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!berbagai sumber

Wenwu atau sosok The Mandarin yang sebenarnya di MCU juga punya kekuatan dasar yang berbeda dengan versi komik.

Di komik, The Mandarin menggunakan sepuluh cincin di jari yang masing-masing punya kekuatan berbeda. Sedangkan cincin di MCU adalah gelang yang memberinya kekuatan.

3. Captain America

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Steve Rogers di Age of Ultron. (Dok. Marvel Studio/Avengers: Age of Ultron)

Dasarnya Captain America menjadi Super Soldier itu sama, namun perbedaan ada di perisai milik Captain America.

Di komik, perisainya terbuat dari Vibranium dan Adamantium, dua material itu membuat perisai ini jadi sangat kuat dan menahan getaran ketika dilempar.

Di MCU, karena Adamantium itu haknya dimiliki oleh 20th Century Fox dan saat itu Fox belum dibeli Disney, akhirnya perisai Captain America di MCU hanya dijelaskan terbuat dari Vibranium.

4. Baron Zemo

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Dok. Marvel Studio

Di MCU sejauh ini Zemo hanyalah manusia biasa, namun ahli strategi, ahli menggunakan senjata, dan dia berasal dari keluarga kaya dan mantan militer juga.

Namun di komik, Zemo memiliki Compound X di tubuhnya sehingga tubuhnya tak bisa menua. Belum lagi di komik juga Zemo punya senjata Moonstone yang membuatnya bisa memanipulasi ruang dan gravitasi.

5. Ultron

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Marvel Studios

Beda proses pembuatan juga mempengaruhi sedikit kekuatan unik yang dimiliki oleh Ultron. Di komik, Ultron diciptakan oleh Hank Pym, bukan Tony Stark.

Karena diciptakan oleh Hank Pym, Ultron di komik bisa menggunakan teknologi milik Pym, seperti bisa mengubah ukuran tubuhnya, bahkan bisa sekecil atom.

6. Ghost

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Hannah John-Kamen sebagai Ghost. (Dok. Marvel Studios/Ant-Man and the Wasp)

Di komik, Ghost menggunakan kostumnya untuk menghilang dan agar tidak terdeteksi oleh lawannya, jadi sumber kekuatannya adalah kostumnya, bukan dari dirinya sendiri.

Sementara itu di versi MCU, Ghost mengalami mutasi Quantum sehingga tubuhnya bisa menghilang. Kostumnya di MCU hanya digunakan untuk mengendalikan kekuatannya dengan lebih baik.

7. Ms. Marvel

7 Perbedaan Kekuatan Karakter Komik Marvel dengan Versi MCU!Marvel Studios

Salah satu perubahan yang paling drastis dari segi kekuatan versi komik dan MCU mungkin adalah Ms. Marvel.

Di komik, Kamala adalah Inhuman yang bisa mengubah bagian tubuhnya menjadi raksasa atau memanjang seperti karet.

Di MCU, kekuatannya berasal dari dimensi Noor, kemampuan untuk memanipulasi cahaya dari dimensi ini untuk menjadi objek lain yang bisa menjadi senjata atau pertahanan.

Nah itu dia tujuh perbedaan kekuatan karakter komik Marvel dan MCU. Ada yang lainnya? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Ini Peringkat Karakter Terkuat di Serial Ms. Marvel!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU