Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

Menyambut kembalinya sang legenda the Lone Ranger dilayar lebar, dalam Ultralist kali ini Duniaku akan mengajak kamu berkelana ke dunia barat dengan menyimak sepuluh film terbaik bertema Western versi Duniaku.

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

Film bertema Western merupakan genre yang sangat populer dimasa-masa awal industri film dimulai. Film bertema Western sendiri memiliki ciri khas yang membedakan dengan tema lainnya, yaitu adanya koboi, sherif, ranger, setting kota di daerah tandus, adegan tembak menembak serta kejar-kejaran menggunakan kuda. Banyak sineas-sineas film menggunakan "Wild West" sebagai latar belakang filmnya selama beberapa generasi. Menyambut kembalinya sang legenda the Lone Ranger dilayar lebar, dalam Ultralist kali ini Duniaku akan mengajak kamu berkelana ke dunia barat dengan menyimak sepuluh film terbaik bertema Western versi Duniaku.

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

10. Rango (2011)

Sutradara: Gore Verbinski

Studio: Paramount Pictures

Pengisi Suara: Johnny Depp, Isla Fisher, Abigail Breslin

Rilis: 4 Maret 2011 (USA)

Box Office: $123,207,194 (USA - 1 Juli 2011)

Kolaborasi Gore Verbinski dan Johnny Depp dalam menghadirkan film bertema western bukan pertama kali dilakukan dalam The Lone Ranger. Dua tahun lalu, atau tepatnya pada 4 Maret 2011, keduanya pernah berkolaborasi dalam menghadirkan sebuah film animasi dengan tema tersebut lewat Rango. Ya, Verbinski saat itu menjadi sutradara, dan Depp mengisi suara dari Rango, seekor iguana peliharaan yang secara tidak sengaja terdampar di sebuah kota di gurun Mojave akibat kandangnya terjatuh dari mobil pemiliknya. Siapa sangka, kota tersebut rupanya tengah putus asa untuk mencari seorang (atau seekor?) figur sheriff baru untuk menjaga keamanan di kota tersebut.

Rango adalah salah satu judul sukses lain dari kolaborasi Depp dan Verbinski selain tiga film Pirates of The Caribbean, dimana pada saat itu film ini meraih lebih dari US $100 juta dari penayangannya di seluruh dunia. Bahkan, Rango juga berjaya di ajang Academy Awards dengan menggondol satu gelar dalam kategori Best Animated Feature.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

9. Back to the Future Part III (1990)

Sutradara: Robert Zemeckis

Studio: Universal Pictures

Pemain: Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Mary Steenburgen

Rilis: 25 Mei 1990 (USA)

Box Office: $87,666,629 (USA)

Di posisi ke sembilan, pilihan kami jatuh pada film Back to the Future Part III garapan sutradara Robert Zemeckis. Tak seperti dua film Back to the Future sebelumnya, seri terakhir ini Marty McFly (Michael J. Fox) yang dalam film kedua diceritakan terjebak  di tahun 1985 harus menemui Doc Brown (Christopher Lloyd) yang ada di tahun itu untuk membantunya kembali ke tahun 1885 guna menyelamatkan Doc Brown yang terlempar ke tahun itu dan membawanya kembali ke masa depan.

Setelah berhasil ke tahun 1885, Marty dan Doc Brown pun hidup layaknya koboi pada masa itu, dan film ketiga ini sangat kental dengan kehidupan 'Wild West.' Jadi bagi kamu yang suka dengan film Western, Back to the Future Part III bisa jadi salah satu tontonan pilihan untuk kamu nikmati. Namun sebelum kamu melihat film ketiga ini, kamu harus menyaksikan dulu dua film sebelumnya karena jalan cerita ketiga film ini saling berkaitan.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

8. No Country for Old Men (2007) 

Sutradara: Ethan Coen, Joel Coen

Studio: Miramax Films

Pemain: Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin

Rilis: 21 November 2007 (USA)

Box Office: $74,273,505 (USA - 4 April 2008)

Terinspirasi dari novel buatan Cormac McCarthy yang pernah dipublikasikan tahun 2005, Coen Bersaudara Joel dan Ethan pun mengadaptasinya ke layar lebar dengan judul sama pada tahun 2007. Film yang dibintangi oleh Tommy Lee Jones, Javier Bardem dan Josh Brolin ini termasuk salah satu film sukses kala itu dengan menyabet beberapa penghargaan seperti tiga pengharagaan Academy Awards tahun itu untuk Best Picture, Best Director dan Best Adapted Screenplay.

Film (dan novel) ini ber-setting pada tahun 1980, dimana mengisahkan seorang sheriff tua bernama Tom Bell (Tommy Lee Jones) saat menghadapi serangkaian kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang psikopat bernama Anton Chigurh (Javier Bardem). Anton sendiri juga tengah mengejar seorang pria, Lyewlin Moss (Josh Brolin) karena Moss melarikan sejumlah uang. Selain menghadirkan kisah penuh nilai psikologis, satu hal yang menjadi daya tarik film ini adalah minimnya soundtrack yang mengiringi.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

7. True Grit (2010) 

Sutradara: Ethan Coen, Joel Coen

Studio: Paramount Pictures

Pemain: Jeff Bridges, Hailee Steinfeld, Matt Damon

Rilis: 22 Desember 2010 (USA)

Box Office: $171,031,347 (USA - 22 April 2011)

Coen bersaudara bisa dibilang merupakan salah satu "spesialis" dalam hal film bertema western. Setelah membesut No Contry For Old Men pada tahun 2007, mereka kembali membesut sebuah film bertema western tahun 2010 dengan True Grit. Coen bersaudara pun kembali menggandeng Josh Brolin yang sebelumnya juga bermain dalam No Country For Old Men, beserta beberapa aktor lain seperti Jeff Bridges dan Matt Damon. True Grit pun tidak kalah larisnya dengan No Country For Old Men, dimana film ini berhasil masuk dalam sepuluh nominasi Academy Awards sekaligus. Sayangnya, tidak ada satupun piala yang berhasil dimenangkan, berbeda dengan No Country For Old Men yang berhasil menyabet tiga gelar di tahun 2007.

Film ini mengisahkan bagaimana perjalanan seorang gadis berusia 14 tahun, Mattie Ross (Haile Steinfield) yang pergi seorang diri meinggalkan ibu dan adik-adiknya. Tujuan Ross sendiri hanya satu, yaitu untuk menelusuri jejak Tom Chaney (Josh Brolin), seorang pembunuh yang telah membunuh ayahnya. Untuk itu, dia pun menyewa jasa seorang Deputy Marshall yang sangat terkenal, Rooster Cogburn (Jeff Bridges). Di tengah perjalanan, keduanya bertemu dengan seorang Texas Ranger bernama La Beouf (Matt Damon), dan siapa sangka ternyata dia juga memiliki kepentingan yang sama dengan Ross dan Cogburn, yaitu untuk memburu Tom Chaney.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

6. 3:10 to Yuma (2007)

Sutradara: James Mangold

Studio: Lionsgate

Pemain: Russell Crowe, Christian Bale, Logan Lerman

Rilis: 7 September 2007 (USA)

Box Office: $53,574,088 (USA - 2 November 2007)

3:10 to Yuma, film ini merupakan film adaptasi kedua dari cerpen karya Elmore Leonard. 3:10 to Yuma pertama kali diadaptasi pada tahun 1957 dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Glenn Ford dan Van Heflin. Kini diadaptasi keduanya, 3:10 to Yuma menghadirkan aktor-aktor yang tak diragukan lagi kemampuannya seperti, Russell Crowe yang berperan sebagai Ben Wade dan Christian Bale sebagai Dan Evans.

Cerita bermula dari pembakaran lumbung milik Dan Evans (Christian Bale) dan perampokan kereta kuda yang dilakukan Ben Wade (Russel Crowe). Ben Wade sebagai penjahat nomor satu saat itu akhirnya tertangkap dan harus diantar ke Yuma dengan kereta api pukul 3:10. Dan Evans akhirnya bersedia untuk mengantar Ben Wade ke tempat tujuan, dan itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tak hanya kemampuan menembaknya yang sangat bagus dan ditakuti, secara psikologis Wade pun mampu mempengaruhi lawannya. Ditambah lagi, Wade memiliki anak buah yang sangat setia dan siap membebaskannya dengan cara apapun.

Tak hanya menampilkan adegan-adegan aksi yang seru, nilai moral yang disampaikan serta permainan karakter yang dilakoni oleh Russel Crowe dan Christian Bale juga menjadi nilai plus untuk film ini.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

5. Wild Wild West (1999)

Sutradara: Barry Sonnenfeld

Studio: Warner Bros.

Pemain: Will Smith, Kevin Kline, Salma Hayek

Rilis: 30 Juni 1999 (USA)

Box Office: $113,745,408 (USA - 1 Oktober 1999)

Untuk posisi kelima jatuh pada film tahun 1999 berjudul Wild Wild West garapan sutradara Barry Sonnenfeld yang juga mengerjakan trilogi Man in Black. Berbeda dengan 3:10 to Yuma yang serius, Wild Wild West merupakan film yang dikemas secara komedi namun juga menampilkan aksi-aksi yang seru.

Film ini bercerita tentang seorang bernama James West yang diperankan oleh Will Smith, yang adalah seorang agen negara. Bersama rekannya Artemus Gordon (Kevin Kline) yang adalah seorang penemu, mereka melaksanakan misinya untuk melacak seorang aneh bernama Dr. Arliss Loveless (Kenneth Brannagh) yang berencana untuk membunuh Presiden Amerika. Ditengah penyedikan, mereka bertemu dengan seorang putri dari peneliti yang di culik bernama Rita Escobar (Salma Hayek). Menariknya, dalam usaha untuk menangkap Dr. Arliss, mereka bertiga harus berhadapan dengan sebuah robot laba-laba raksasa milik Dr. Arliss. Mampukah mereka menghadapinya?

Tak dipungkiri kalau Will Smith merupakan aktor yang serba bisa, dan banyak film yang ia bintangi meraih sukses dipasaran, dan Wild Wild West adalah salah satunya.

Tapi tak seru kalau melihat film Wild Wild West tanpa menikmati soundtrack yang dinyanyikan Will Smith yang super keren dibawah ini:

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

4. Shanghai Noon (2000)

Sutradara: Tom Dey

Studio: Touchstone Pictures

Pemain: Jackie Chan, Owen Wilson, Lucy Liu

Rilis: 26 Mei 2000 (USA)

Box Office: 240,216,009

Inilah jadinya kalau Timur bertemu dengan Barat. Setelah berkolaborasi dengan Chris Tucker dalam film Rush Hour (1998), Jacky Chan kembali berkolaborasi dengan aktor Hollywood, Owen Wilson. Hampir sama dengan Wild Wild West, Shanghai Noon juga disajikan secara komedi, khas Jacky Chan dan tanpa ada unsur futuristik di dalamnya.

Dalam film ini Chon Wang (Jackie Chan) harus berkelana ribuan mil dari negeri Cina ke negeri barat untuk menyelamatkan putri Pei Pei (Lucy Liu) yang diculik. Di barat ia pun akhirnya bertemu dengan Roy O'Bannon (Owen Wilson) yang adalah perampok. Berdua mereka pun mengalami petualangan-petualangan seru dalam usaha untuk menyelamatkan sang putri.

Sayangnya, tak seperti Rush Hour yang rumornya akan dibuat film keempatnya, petualangan Chon Wang dan Roy O'Bannon hanya berakhir pada film kedua berjudul Shanghai Knights yang dirilis tahun 2003, dimana sebuah kejadian membawa mereka berpetualang ke negeri Inggris.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

3. Cowboys & Aliens (2011)

Sutradara: Jon Favreau

Studio: DreamWorks Pictures, Universal Pictures

Pemain: Daniel Craig, Harrison Ford, Olivia Wilde

Rilis: 29 Juli 2011 (USA)

Box Office: $100,215,116 (USA - 28 Oktober 2011)

Diurutan ketiga ada Cowboys & Aliens, film garapan sutradara Iron Man, Jon Favreau. Berbeda dengan film Western lainnya, film ini menampilkan perlawanan para koboi dengan alien yang telah menculik banyak penduduk. Diadaptasi dari novel karya Scott Mitchell Rosenberg, film ini merupakan salah satu film paling ditunggu tahun 2011, selain menyajikan cerita yang unik dan menarik film ini juga menghadirkan pemain-pemain top seperti Daniel Craig (James Bond), Harrison Ford (Indiana Jones, Star Wars) dan Olivia Wilde (TRON: Legacy). Sayangnya Cowboys & Aliens tak sempat masuk ke bioskop Indonesia karena ada permasalahan mengenai pajak dan pembatasan film import yang berlangsung lebih dari setengah tahun, yang membuat bioskop Indonesia melewatkan banyak film-film bagus pada waktu itu. Untuk ulasan lengkapnya, kami bisa membacanya disini.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

2. Django Unchained (2012)

Sutradara: Quentin Tarantino

Studio: The Weinstein Co.

Pemain: Jamie Foxx, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio

Rilis: 25 Desember 2012 (USA)

Box Office: $162,804,648 (USA - 10 Mei 2013)

Posisi runner-up diduduki oleh Django Unchained, film ini bercerita tentang seorang budak bernama Django (Jamie Foxx) yang diselamatkan dari tahanan oleh seorang dokter gigi asal Jerman yang beralih profesi menjadi pemburu hadiah/bounty hunter bernama Dr. King Schultz (Christoph Waltz). Schultz yang sedang memburu sekelompok penjahat bernama Brittle Brothers, menyadari bahwa untuk menyelesaikan misinya ia memerlukan bantuan dari orang yang tahu bagaimana rupa para penjahat itu, dan Django adalah orangnya. Sebagai imbalannya Schultz akan membantu Django untuk mendapatkan kembali istrinya, Broomhilda (Kerry Washington), yang di tahan oleh Calvin Candie (Leonardo DiCaprio), pemilik Candyland - sebuah perkebunan tempat para budak laki-laki dilatih untuk bertarung dan budak perempuan dipaksa untuk melacurkan diri. Django pun setuju, dan mereka berdua berpetualang untuk menemukan Candie dan geng Brittle.

Selain sebagai sutradara, Quentin Tarantino juga bertindak sebagai penulis naskah dari film ini. Dirilis 25 Desember kemarin, film ini merupakan film penutup tahun terbaik selain The Hobbit: An Unexpected Journey, Zero Dark Thirty dan Les Misérables. Para kritikus pun setuju kalau Django Unchained merupakan salah satu karya terbaik Tarantino. Tiga bintang utamanya, Jamie Foxx, Christoph Waltz, dan Leonardo DiCaprio pun mendapat banyak pujian karena akting mereka yang sangat bagus dalam film ini.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Ultralist: 10 Film Bertema Western Terbaik

1. The Lone Ranger (2013)

Sutradara: Gore Verbinski

Studio: Walt Disney Pictures

Pemain: Johnny Depp, Armie Hammer, William Fichtner

Rilis: 4 Juli 2013

Diurutan pertama tak lain tak bukan adalah The Lone Ranger dan tokoh ini telah menjadi ikon abadi di budaya Amerika. Dikerjakan oleh tim pembuat franchise Pirates of the Caribbean, tak heran kalau The Lone Ranger merupakan film paling 'panas' saat ini. Selain menghadirkan efek-efek visual yang memukau serta jalan cerita yang menarik, Armie Hammer dan Johnny Depp pun mampu memainkan peran John Reid / the Lone Ranger dan Tonto dengan sangat baik. Jadi bagi kamu yang belum sempat menonton, jangan sampai kelewatan untuk menyaksikan The Lone Ranger yang saat ini tengah diputar serentak di bioskop-bioskop tanah air. Simak ulangan lengkapnya disini.

Selain menonton filmnya, jangan lupa untuk mengikuti Quiznya di Duniaku untuk memenangkan merchandise-merchandise eksklusif The Lone Ranger asli dari Disney.

http://www.youtube.com/watch?v=JjFsNSoDZK8

Review

Latest