Ternyata Dr. Dolittle Eddie Murphy Bukan Dr. Dolittle Asli!

Dr. Dolittle Versi RDJ diadaptasi dari cerita aslinya

Ternyata Dr. Dolittle Eddie Murphy Bukan Dr. Dolittle Asli!

Trailer film Dolittle baru saja diluncurkan, menampilkan Robert Downey Jr. sebagai John Dolittle, seorang dokter nyentrik yang bisa berbicara dengan hewan. 

Kalau kamu pernah menonton film Dr. Dolittle versi Eddie Murphy, kamu mungkin merasa terkejut melihat film Dolittle yang baru ini. Selain karena diperankan RDJ, suasana film terasa penuh fantasi dan petualangan. Sangat berbeda dengan film Dr. Dolittle versi Eddie Murphy yang sering menghiasi layar kaca.

Namun faktanya, ternyata film Dr. Dolittle yang diperankan Eddie Murphy memang bukan cerita Dr. Dolittle yang asli!

1. Aslinya cerita anak

Ternyata Dr. Dolittle Eddie Murphy Bukan Dr. Dolittle Asli!archive.org

Sebenarnya, Dr. Dolittle bukan kisah seorang dokter hewan di kota modern. Cerita Dr. Dolittle bisa ditelusuri jauh hingga tahun 1920. Rupanya, Dr. John Dolittle merupakan tokoh dari cerita anak yang ditulis Hugh Lofting di tahun 1920.

Hugh Lofting awalnya menulis kisah Dr. Dolittle saat Perang Dunia I. Cerita-ceritanya bermula dari surat bergambar yang Lofting buat di dalam parit untuk anaknya. Alasan Lofting membuat surat tersebut adalah untuk menyembunyikan kabar dari medan perang yang sangat menyedihkan.

Kisah Dr. Dolittle kemudian dibukukan dan rilis pertama kali di tahun 1920. Buku-buku ini mengisahkan petualangan John Dolittle, seorang dokter yang menutup diri dari interaksi manusia dan memilih untuk hidup bersama para hewan. Beberapa buku Dr. Dolittle dirilis hingga tahun 1952.

2. Film Dr. Dolittle pertama

Selain melenceng dari versi aslinya, ternyata film Dr. Dolittle versi Eddie Murphy juga bukan film pertama Dr. Dolittle loh!

Film pertama Dr. Dolittle rilis pada tahun 1967, dan menampilkan sosok Rex Harrison sebagai John Dolittle. Dalam film yang diadaptasi dari buku The Story of Doctor Dolittle, The Voyages of Doctor Dolittle, dan Doctor Dolittle's Circus ini, Dr. Dolittle dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena melepaskan seekor anjing laut milik sirkus. Setelah dibebaskan oleh sahabat hewannya, Dr. Dolittle kemudian bertualang mencari siput laut merah muda legendaris.

Film yang diproduksi dengan budget 19 juta US Dollar ini ternyata merupakan box office bomb, atau film yang rugi besar, karena hanya mampu meraup keuntungan 9 juta US Dollar. Selain itu, film musikal ini juga harus bersaing dengan film-film laris lain di masanya, yaitu The Jungle Book dan The Sound of Music.

Baca Juga: Kali Ini Jadi Dokter, Trailer Film Dolittle Versi RDJ Rilis!

3. Dr. Dolittle versi modern

Ternyata Dr. Dolittle Eddie Murphy Bukan Dr. Dolittle Asli!gamesradar.com

Jika Dr. Dolittle versi Eddie Murphy melenceng dari kisah aslinya dan bukan film pertama Dr. Dolittle, lalu film apakah Dr. Dolittle yang satu ini? Film komedi Dr. Dolittle tahun 1998 merupakan interpretasi modern kisah John Dolittle yang tidak memiliki hubungan apapun dengan cerita asli karangan Hugh Lofting.

Eddie Murphy berperan sebagai John Dolittle, dokter yang menyadari ia bisa berbicara dengan hewan setelah hampir menabrak seekor anjing dengan mobilnya. Ternyata kemampuan sang dokter telah muncul sejak usia dini, namun ia memilih untuk melupakan kemampuan itu akibat sebuah kejadian memalukan di masa lalu.

Eddie Murphy kembali di film sekuelnya, yaitu Dr. Dolittle 2. Di film ini, John Dolittle yang kini menjadi selebriti harus menyelamatkan sebuah hutan dengan menjadikannya suaka alam untuk hewan langka. Tiga sekuel lainnya rilis sebagai home video, dan menampilkan anak Dr. Dolittle sebagai tokoh utamanya: Maya Dolittle yang diperankan Kyla Pratt.

4. Reboot ke versi orisinal

Ternyata Dr. Dolittle Eddie Murphy Bukan Dr. Dolittle Asli!icantunseethatmovie.com

Akhirnya kita sampai ke film Dolittle yang akan diperankan Robert Downey Jr. Diadaptasi dari The Voyages of Doctor Dolittle, dikisahkan John Dolittle yang depresi setelah ditinggal mati istrinya memilih untuk mengasingkan diri di rumahnya bersama dengan teman-teman hewannya. Namun ketika Ratu Victoria jatuh sakit, ia diminta untuk bertualang ke pulau terpencil untuk mencari obatnya.

Film yang akan dirilis tahun 2020 ini bakal menampilkan Harry Collett, Antonio Banderas, dan Michael Sheen. Sementara itu, teman-teman hewan Dr. Dolittle akan diisi suarakan Emma Thompson, Rami Malek, John Cena, Kumail Nanjiani, Octavia Spencer, Tom Holland, Craig Robinson, Ralph Fiennes, Selena Gomez dan Marion Cotillard.

5. Trailer Dolittle

Kalau kamu belum menyaksikannya, coba cek trailer Dolittle versi RDJ di atas. 

Apakah kamu menantikan film Dolittle di tahun 2020 nanti? Atau kamu masih terjebak nostalgia dengan Dr. Dolittle versi 1998?

Baca Juga: Mark Wahlberg Ingin Gantikan Robert Downey Jr. Sebagai Iron Man!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU