Recommended! Ini Top 5 Film Terbaik Tahun 2019 Versi Hideo Kojima!

Selain 5 film terbaik, Kojima juga punya honorable mention

Recommended! Ini Top 5 Film Terbaik Tahun 2019 Versi Hideo Kojima!

70% tubuh Hideo Kojima terdiri dari film. Meskipun merupakan seorang game designer kesohor, inspirasi Hideo Kojima selalu tertuju pada film layar lebar. Tak heran game-game buatannya seperti Metal Gear Solid dan Death Stranding memiliki feel sinematik yang sangat kuat; entah dari sisi narasi maupun casting karakternya.

Menutup tahun 2019, Hideo Kojima mengungkapkan 5 film terbaik yang ia tonton di tahun 2019 ini di akun Twitter-nya. Meskipun selera Kojima cukup berbeda dengan penonton awam kebanyakan, namun Kojima tidak segan mengakui keunikan film mainstream yang ia tonton. Seperti apa list film terbaik Hideo Kojima di tahun 2019 ini?

5. Cold War

Film Polandia dengan judul asli Zimna wojna ini mengisahkan tentang Wiktor, seorang komposer musik yang bertemu dengan penyanyi berbakat bernama Zula. Cold War bersetting di rentang waktu antara paska Perang Dunia 2 dan awal Perang Dingin, di mana paham komunisme mulai bangkit di Blok Timur. Muak dengan propaganda komunisme di Polandia saat itu, Wiktor mengajak Zula untuk melarikan diri ke Paris.

Film ini sejatinya tayang di tahun 2018 lalu, namun Kojima memasukkannya ke daftar tahun 2019 karena di tahun inilah film tersebut tayang resmi di Jepang.

4. An Elephant Sitting Still

Di kota Manzhouli, Tiongkok, ada legenda yang menyebutkan bahwa terdapat seekor gajah yang setiap harinya duduk dan mengabaikan dunia di sekitarnya. Legenda aneh ini, uniknya mampu menarik perhatian beberapa orang yang lari dari kehidupan mereka. Ada anak sekolah korban bullying, anak broken home, pria hidung belang, hingga mantan narapidana.

Ini adalah film pertama dan terakhir karya sutradara merangkap novelis Hu Bo, yang diadaptasi dari novelnya sendiri berjudul Huge Crack. Hanya beberapa hari setelah merampungkan filmnya, Hu Bo memilih mengakhiri hidupnya sendiri. Sama seperti Cold War, film ini tayang di Jepang tahun 2019.

3. The Irishman

The Irishman mengangkat kisah nyata dari Frank Sheeran, veteran Perang Dunia II yang bekerja untuk kelompok mafia. Mengawali karirnya sebagai supir truk, Sheeran bertemu dengan keluarga mafia Buffalino dan mulai bekerja mengantar barang bagi kelompok gelap tersebut. Di kelompok inilah Sheeran bertemu dengan ketua serikat buruh Jimmy Hoffa yang kelak akan menjadi bagian penting dalam sejarah hidupnya.

Film Netflix ini dibintangi aktor veteran seperti Robert De Niro, Al Pacino, dan Joe Pesci.

Baca Juga: Review Serial Netflix The Witcher: Sajikan Aksi Fantasi yang Berdarah

2. Border

Border berkisah tentang seorang petugas bea cukai Swedia bernama Tina yang punya penampilan buruk, namun bekerja dengan sangat baik. Mampu mengendus kebohongan dan rasa malu, Tina mengungkap sindikat pornografi anak dan ditugaskan untuk membantu investigasinya. Di saat bersamaan, Tina bertemu dengan seorang lelaki misterius yang punya penampilan serupa dengannya, dan membuat Tina mempertanyakan identitas aslinya.

Film tahun 2018 yang tayang di Jepang tahun 2019 ini meraih penghargaan Un Certain Regard di Cannes Film Festival 2018 dan mendapatkan nominasi Best Makeup and Hairstyling di Academy Awards ke-91.

2,5. Honorable mention

Turut mengiringi film top 5 Hideo Kojima tahun ini adalah beberapa honorable mention yang jadi favorit Kojima. The House That Jack Build, Capharnaum, dan Marriage Story jadi pilihannya. Sementara itu, Joker dan Spider-Man: Into the Spider-verse jadi film superhero favoritnya.

Dua film terakhir pilihan Kojima cukup menarik karena ia pribadi tidak menjadikan event sinematik terbesar tahun ini; Avengers Endgame, menjadi film favoritnya. Meski demikian, kedua pilihan Kojima tersebut sangat solid karena masing-masing memiliki kelebihan yang menonjol.

1. Parasite

Film terbaik pilihan Hideo Kojima di tahun 2019 ini adalah Parasite. Film ini bercerita tentang keluarga Kim yang memalsukan keahlian dan identitas mereka untuk bekerja di rumah keluarga Park yang kaya raya. Tak hanya harus menjaga kerahasiaan identitas mereka sebenarnya, ternyata rumah keluarga Park juga menyimpan rahasia yang bisa membahayakan keberadaan mereka di rumah itu.

Parasite berhasil menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan Palme d'Or di Cannes Film Festival. Parasite juga dinominasikan penghargaan Best Director, Best Screenplay, dan Best Foreign Language Film di Golden Globe Awards ke-77. Selain itu, film ini juga menjadi bagian dari daftar top 10 film terbaik berbagai media, jurnalis, dan kritikus film; salah satunya tentunya adalah Hideo Kojima.

Itu dia top 5 film 2019 terbaik versi Hideo Kojima. Adakah film favoritmu dalam daftar sang game designer gaek itu?

Baca Juga: Suka dengan Parasite? Ini Tiga Film Korea yang Cocok untuk Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU