7 Fakta Menarik Erik Killmonger, Penjahat Terfavorit di Komik Black Panther

7 Fakta Menarik Erik Killmonger, Penjahat Terfavorit di Komik Black Panther

7 Fakta Menarik Erik Killmonger, Penjahat Terfavorit di Komik Black PantherErik Killmonger merupakan salah satu penjahat yang eksis di komik Black Panther. Tak hanya sekedar penjahat biasa, pria yang bernama asli N’Jadaka ini juga layak mendapat titel “rival” bagi T’Challa. Seperti apa kekuatannya? Simak pembahasanya di bawah ini!

Acara premiere film Black Panther di Hollywood, California menuai banyak pujian yang ditujukan untuk Michael B. Jordan yang memerankan tokoh antagonis utama, Erik Killmonger. Banyak fans yang mengatakan bahwa mantan prajurit Wakanda ini merupakan salah satu penjahat terbaik yang muncul di sepanjang seri Marvel Cinematic Universe.

N’Jadaka alias Erik Killmonger memang sangat layak untuk menjadi lawan tanding bagi Black Panther. Ia memilki sederet kemampuan baik kekuatan maupun kepintaran yang hampir setara dengan T’Challa. Tidak hanya itu, ia juga memiliki banyak sekutu yang siap membantunya untuk menggulingkan T’Challa dari tahta kerajaan Wakanda.

Namun yang membuat Erik Killmonger sangat menarik adalah latar belakangnya yang juga masuk akal dan juga manusiawi. Jika tak ada pengaruh dari penjahat lain, mungkin nama Erik Killmonger tak akan pernah muncul ke permukaan.

Ingin tahu fakta-fakta menarik yang dimiliki Erik Killmonger? Ikuti terus pembahasannya di bawah ini!

[page_break no="1" title="Berawal dari Paksaan Seorang Penjahat"]

Pada awalnya, N’Jadaka tak memiliki niatan sedikitpun untuk menjadi penjahat. Kala itu, Ia yang memiliki latar belakang prajurit Wakanda masih setia pada kerajaan dan tak ada niatan sedikitpun untuk mengadakan hal-hal konyol seperti kudeta atau semacamnya.

Namun semua hal itu berubah saat Ulysses Klaw datang dan memaksa keluarganya untuk ikut bertarung melawan kerajaan. Sayangnya, mereka justru kalah dan Ulysses Klaw kabur meninggalkan Wakanda. Akibatnya keluarga N’Jadaka dihukum dan diusir keluar dari tanah kelahirannya.

N’Jadaka yang memendam rasa dendam terhadap T’Challa pun pergi ke Harlem, New York dan mengganti namanya menjadi Erik Killmonger. Dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk membalas apa yang diperbuat Black Panther pada keluarganya.

[page_break no="2" title="Punya Gelar Akademik yang Bagus"]

[read_more id="352558"]

Sadar bahwa T’Challa merupakan orang yang berpendidikan, Erik Killmonger juga tak mau kalah dan mengambil kuliah di jurusan permesinan hingga mendapat gelar PhD. Ia juga berhasil meraih gelar MBA di sebuah perguruan bernama Massachusetts Institute of Technology.

Gelarnya sendiri tak sekedar omong kosong belaka, Erik Killmonger memang bertujuan menguasai semua ilmu pengetahuan demi memenuhi ambisinya. Kejeniusannya dalam membuat berbagai macam peralatan tak perlu diragukan lagi.

Tidak hanya itu, kombinasi kepintaran dan pengetahuannya mengenai wilayah Wakanda tentu saja menjadi momok bagi Black Panther dan para prajuritnya. Erik mampu memanfaatkan teknologi untuk mengalahkan peralatan Wakanda yang terkenal sangat canggih.

 


Apa rahasia kekuatan Erik Killomonger? Benarkah kekuatannya setara dengan Black Panther? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="3" title="Memiliki Kekuatan Setara Black Panther"]

Seperti halnya The Flash dengan Reverse Flash, Erik Killmonger juga memiliki kemampuan yang serupa dengan kekuatan Black Panther. Ia memiliki kekuatan, kelincahan dan refleks di atas rata-rata. Selain itu, pria berambut gimbal ini mampu melihat dalam gelap seperti halnya kucing.

Kelima inderanya juga telah mencapai tingkatan superhuman di mana ia bisa mendengar suara sekecil apapun. Selain itu, Erik Killmonger memiliki daya ingat fotografis yang membuatnya mampu melacak musuhnya ke lokasi manapun. Tidak hanya sampai di situ, ia juga bisa merasakan ketakutan musuhnya.

Daya tahan tubuhnya sendiri juga sangat luar biasa. Ia mampu menahan efek kelelahan dan sanggup bertahan pada kondisi lingkungan ekstrim. Bahkan kecepatan penyembuhan cedera tubuhnya terbilang singkat dan tak membutuhkan waktu lama bagi Erik untuk bangkit lagi.

[page_break no="4" title="Mampu Membuat Tiruan Heart of Wakanda"]

[read_more id="366574"]

Erik Killmonger diketahui hampir saja tewas keracunan setelah mencoba ramuan Heart of Wakanda. Perlu diketahui bahwa ramuan ini sesungguhnya hanya diperuntukkan untuk anggota kerajaan dan akan menjadi racun bagi orang yang tak memiliki darah raja.

Untuk mendapatkan kekuatan setara Black Panther, Erik mencoba menggunakan pengetahuan kimianya untuk membuat ramuan tandingan yang nantinya akan memberi kekuatan luar biasa. Dengan ramuan sintetiknya tersebut, akhirnya Erik mampu meraih tingkatan kekuatan yang setara dengan T’Challa.

Erik bahkan mampu merobek-robek kostum milik T'Challa hingga compang-camping. Padahal ia melakukan hal tersebut hanya dengan senjata tajamnya yang memang dibuat khusus untuk menandingi kekuatan armor Black Panther.

Tentu ramuan sintetik ini menjadi ancaman berat bagi Black Panther.Mungkin kalian tak bisa membayangkan bagaimana jadinya Erik Killmonger memiliki pasukan yang masing-masing personilnya berkekuatan setara Black Panther.

 


Tidak hanya bermodal kepintaran dan kekuatan, Erik Killmonger diketahui juga memiliki beberapa sekutu yang ternyata mengincar hal yang sama, kekuasaan dan juga logam vibranium. Siapa sajakah mereka?

[page_break no="5" title="Memiliki Beberapa Sekutu Kuat"]

Erik tak sendirian dalam perjalanannya mencari kitab suci menggulingkan kekuasaan T’Challa dari tahta kerajaannya. Ia memiliki beberapa sekutu yang rata-rata merupakan penjahat dan bekas prajurit yang eksis di komik Marvel.

Di antaranya ada Venomm yang terkenal sebagai pawang ular yang kebal segala racun. Lalu ada Sombre yang memiliki latar belakang misterius. Namun yang paling terkenal adalah Ulysess Klaw, pedagang senjata yang kerap berbisnis Vibranium.

Ia juga memiliki pengikut setia seperti Salamander K’ruel. Lelaki satu ini merupakan penduduk Wakanda yang tubuhnya terkena radiasi vibranium sehingga menghasilkan benjolan yang berisi racun mematikan. Ia dan Erik Killmonger sama-sama membenci kerajaan yang dianggapnya telah menghancurkan hidupnya.

[page_break no="6" title="Mampu Menggunakan Armor Golden Jaguar"]

[read_more link="https://www.duniaku.net/2018/01/19/review-all-the-money-in-the-world/" title="Review All The Money in The World: Ketika Uang Menutup Hati Nurani"]

Seperti dalam trailernya, Erik Killmonger memiliki armor vibranium bernama Golden Jaguar. Penampilannya sekilas mirip dengan kostum yang dimiliki Black Panther. Yang membuatnya berbeda hanyalah bentuk topengnya yang berwarna emas dan mengambil tema jaguar.

Kekuatan armornya sendiri juga sama persis dengan armor Black Panther. Sebagai pelindung yang dibuat dari logam vibranium, kostum Golden Jaguar juga mampu menyerap energy kinetik seperti halnya Black Panther.

Ia juga bisa bermanifestasi secara instan berdasarkan keinginan penggunanya. Namun yang paling berbahaya dari armor ini adalah pedang dan tombak bergagang pendeknya yang bisa menembus pertahanan kostum Black Panther.

[page_break no="7" title="Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan Kharisma yang Memikat"]

Tidak hanya berbakat dalam bela diri dan ilmu pengetahuan, Erik Killmonger juga memiliki talenta dalam dunia perpolitikan. Dengan karismanya sebagai pemimpin, ia mampu memikat sebagian penduduk Wakanda untuk ikut dalam aksi revolusinya.

Berkat kepemimpinannya tersebut, Erik Killmonger juga berhasil mendirikan sebuah wilayah independen yang terpisah dari Wakanda bernama N’Jadaka Village. Daerah ini sering dijadikan sebagai basis operasi dan juga digunakan sebagai kediaman Erik Killmonger.

Selain itu, Erik Killmonger juga diketahui memiliki bakat dalam bidang ekonomi dan ahli dalam tipu mushlihat. Oleh karena itu, dia sering dianggap sebagai lawan tertangguh dari semua musuh yang pernah dihadapi Black Panther dan para prajuritnya.

 


Itulah fakta-fakta yang dimiliki oleh Erik Killmonger. Jika dilihat dari sepak terjangnya dalam komik, bisa jadi Erik Killmonger bisa menjadi salah satu villain terbaik  bersama Loki dan Vulture. Jangan lupa saksikan penampilan perdananya di film Black Panther yang akan rilis tanggal 14 Februari mendatang!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU