10 Most Anticipated Movie in 2012!

Lingkari kalender kamu! Meskipun sepertinya dunia Hollywood tidak "seramai" tahun lalu, namun tetap masih banyak film yang layak masuk dalam daftar tunggu kita, mulai dari film superhero hingga film fantasi. Disini, saya memilih 10 film yang sangat ditunggu-tunggu (utamanya, yang saya tunggu ^^) kehadirannya tahun ini!

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Tahun 2011 lalu bisa dibilang merupakan salah satu tahun terbaik industri perfilman Hollywood, meskipun sempat terjadi kisruh masalah impor film Hollywood di Indonesia selama beberapa bulan. Indikasinya adalah banyaknya judul box office dan sekuel yang mengisi sepanjang tahun. Belum lagi ada judul-judul besar yang menuntaskan serinya, seperti Transformers dengan Dark of The Moon, dan Harry Potter dengan Deathly Hallows Part 2.

Bagaimana dengan tahun 2012 ini? Bisa dibilang tahun ini adalah tahun yang cukup beragam. Meskipun banyak desas desus yang menyebutkan kiamat 2012, toh hal itu tidak serta merta membuat produser berbondong-bondong membuat film bencana seperti The Day After Tomorrow atau 2012. Dominasi terbesar tahun ini justru terletak di film ber-genre superhero, mulai Dark Knight Rises, The Avengers hingga Amazing Spider-Man. Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan list beberapa film box office yang akan mengisi tahun 2012 ini. Lingkari kalender kamu ya!

10. Underworld: Awakening

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 20 Januari 2012

Pemain   : Kate Beckinsale, Sandrine Holt, Michael Ealy

Setelah story-nya sempat “mundur” dengan perilisan Underworld: Rise of The Lycans yang justru menjadi prekuel dari kedua film sebelumnya, trilogi Underworld akan kembali berlanjut dalam Awakening ini. Begitu pula dengan Kate Beckinsale, yang absen dalam Rise of The Lycans akan kembali memerankan Selene dalam film ini. Film ini juga menandai debut trilogi Underworld untuk dibuat juga dalam format 3D seperti mayoritas film yang ada saat ini.

Menurut rilis resmi yang dikeluarkan oleh Screen Gems selaku distributor, film ini mengisahkan bagaimana Selene yang melarikan diri dari hukuman penjara hingga dia tiba di satu dunia dimana ras manusia sudah mengetahui keberadaan Vampire dan Lycans. Dia pun harus berjuang untuk menghentikan ras manusia untuk memusnahkan semua Vampire dan Lycans dalam sebuah perang. Setelah tampil sedikit mengecewakan dalam Rise of The Lycans, apakah Awakening benar-benar akan membawa franchise Underworld “terbangun” dan meraih kesuksesannya kembali?

 9. Ghost Rider: Spirit of Vengeance

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 17 Februari 2012

Pemain   : Nicolas Cage, Fergus Riordan, Ciarán Hinds

Setelah tertidur cukup lama sekitar lima tahun, Johnny Blaze kembali untuk melakukan balas dendam. Ya, Ghost Rider: Spirit of Vengeance bisa dibilang salah satu sekuel dengan waktu tunggu yang lama, setelah Ghost Rider menuai kesuksesan pada 2007 lalu. Meskipun banyak aktor dan aktris baru yang mengisi credits film ini, namun peran untuk Johnny Blaze tetap dipercayakan kepada Nicolas Cage.

Aksi-aksi Blaze dalam film ini akan lebih hidup dengan penggunaan teknologi 3D yang semakin menjamur untuk film action. Ini juga akan menjadi film supernatural kedua Cage dalam dua tahun terakhir setelah tahun lalu dia juga membintangi Drive Angry yang juga ber-genre nyaris sama. Meskipun sedikit menuai kritik saat preview-nya akhir Desember lalu, masih banyak pihak yang berharap bahwa sekuel kali ini bisa lebih baik daripada prekuelnya dahulu.

 8. G.I Joe 2: Retaliation

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 29 Juni 2012

Pemain   : Channing Tatum, Dwayne Johnson, Bruce Willis

Rupanya film-film action di tahun 2012 ini banyak yang mengambil tema balas dendam. Lihat saja Underworld: Awakening yang menggunakan tagline “Vengeance Returns”, Ghost Rider dengan Spirit of Vengeance, serta G.I Joe 2 ini yang mengambil judul Retaliation, yang artinya juga melakukan balas dendam. Apakah ini mungkin tujuannya untuk “membalas dendam” terhadap performa prekuel mereka yang masih dianggap kurang memuaskan?

Untuk Retaliation, saya menaruh ekspektasi yang sangat tinggi, harus lebih baik dari prekuelnya dahulu. Bukan hanya karena prekuelnya dulu kurang memberikan tontonan yang menarik, namun lebih kepada karena dalam sekuel kali ini banyak nama besar yang ikut serta, sebut saja Dwayne “The Rock” Johnson dan Bruce Willis. Akan sangat disayangkan bukan, jika sudah menggandeng nama besar, tetapi performa filmnya masih sangat jauh dari kata memuaskan?

 7. Battleship

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 18 Mei 2012

Pemain   : Taylor Kitsch, Alexander Skarsgård, Liam Neeson

Selama ini, kita dikenalkan kepada sebuah plot bahwa alien selalu menyerang dan menginvasi lewat daratan terlebih dahulu. Namun, dalam Battleship, plot tersebut akan sedikit dimentahkan dengan anggapan bahwa alien menginvasi bumi dari jalur laut terlebih dahulu guna membangun pasukan dan sumber daya disana. Dengan menggunakan setting Hawaii, terutama pangkalan Pearl Harbour milik US, Battleship mencoba formula yang pernah digunakan oleh Battle: Los Angeles, yaitu peperangan antara alien melawan tentara militer nasional.

Film ini terinspirasi dari sebuah board game milik Hasbro dengan titel yang sama. Pihak rumah produksi mengatakan, bahwa mereka akan mengangkat dua perpektif yang berbeda secara seimbang dalam film ini, yaitu perspektif dari alien dan dari manusianya sendiri, sehingga akan membuat penonton mengetahui dimana dan bagaimana strategi dari alien untuk menghadapi tentara manusia. Akankah serangan dari lautan ini bisa menghajar alien sekaligus mengalahkan performa Battle: Los Angeles di pasaran?

 6. Men in Black III

10 Most Anticipated Movie in 2012![/caption]

 Rilis        : 25 Mei 2012

Pemain   : Will Smith, Tommy Lee Jones

Setelah hibernasi selama hampir satu dekade, Agent J (Will Smith) dan Agent K (Tommy Lee Jones) akan kembali dalam Men in Black III. Masih belum jelas plot yang akan diangkat dalam film ini, namun pihak produksi mengatakan bahwa konsep menjelajah waktu akan diusung dalam seri ketiga ini. Indikasinya, dalam beberapa kali proses produksi yang berhasil diabadikan wartawan, terdapat sosok Josh Brolin, yang diplot untuk memerankan Agent K  sewaktu masih muda.

Meskipun konsep invasi alien disini diramu dengan bumbu komedi, namun toh hal ini menunjukkan bahwa Hollywood masih suka “bermain-main” dengan alien. Film ini terlihat semakin menjanjikan, dengan kembalinya sutradara prekuelnya lalu, Barry Sonnenfeld untuk membesut film ini. Belum lagi, dalam seri ketiga ini terdapat nama sutradara dan produser kawakan Steven Spielberg yang menjadi executive producer, serta anggota dari Pussycat Dolls, Nicole Scherzinger sebagai Lily, pacar dari Agent J.

 5. Amazing Spider-Man

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 3 Juli 2012

Pemain   : Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans

Ditinggal beberapa figur penting seperti Tobey Maguire, Kirsten Dunst serta sutradara Sam Raimi membuat publik seolah memandang reboot Spider-Man ini dengan sebelah mata. Betapa tidak, dengan credits yang mayoritas diisi nama-nama baru mulai dari Andrew Garfield yang memerankan Peter Parker, hingga hilangnya nama Mary Jane di film digantikan oleh Gwen Stacy yang diperankan Emma Stone, Amazing Spider-Man tentu harus memberikan formula yang benar-benar baru agar bisa memuaskan penggemarnya seperti saat Batman di-reboot dalam Batman Begins tahun 2005 lalu.

Lantas apa formula yang diberikan dalam film ini? Salah satunya tentu penggunaan teknologi 3D yang semakin jamak digunakan dalam film-film. Seperti dalam teaser trailer yang sudah ditampilkan dalam Comic Con 2011 lalu, kita seolah-olah akan diajak untuk berperan sebagai Spider-Man itu sendiri, dengan perspektif pengambilan gambar secara first person, ala game Mirror Edge. Bukan hanya itu, hadirnya musuh baru The Lizard juga mungkin akan banyak menarik minat para penggemar komiknya. Jika reboot ini sukses, bukan tidak mungkin sekuel yang sudah direncanakan akan dirilis pada 2014 bisa sukses besar, dan trilogi reboot bisa melebihi pencapaian trilogi originalnya.

 4. Star Wars Episode 1 – The Phantom Menace 3D

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        :10 Februari 2012

Pemain   : Liam Neeson, Ewan McGregor, Natalie Portman

Episode I adalah seri pertama dari trilogi prekuel dari Star Wars, salah satu seri film favorit saya sepanjang masa. Sebelumnya film ini dirilis pada tahun 1999, atau sekitar 22 tahun setelah perilisan trilogi sekuelnya (Episode IV, V dan VI) yang sudah dirilis pada tahun 1977. Tentu ada alasan mengapa George Lucas menunda selama itu. Hal tersebut dikarenakan mereka masih belum memiliki teknologi yang pas untuk membuat film ini menjadi seperti yang diinginkan.

Dengan gaung penggunaan teknologi 3D yang mulai ramai akhir-akhir ini, Lucas rupanya “gatal” untuk mengkonversi Episode 1 kedalam format 3D. Satu hal yang saya apresiasi dari George Lucas adalah Episode 1 ini sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk dikonversi ke 3D. Masih ingatkah kamu bagaimana serunya Podrace yang dilakukan Anakin Skywalker? Atau pertarungan Lightsaber antara Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi melawan Dark Maul? Tentu semuanya akan terlihat lebih menegangkan jika disaksikan dalam format 3D bukan?

 3. The Hobbit: An Unexpected Journey

10 Most Anticipated Movie in 2012! 

Rilis        : 14 Desember 2012

Pemain   : Martin Freeman, Ian McKellen, Andy Serkis

Trilogi Lord of The Rings (LOTR) memang sudah berakhir setelah perilisan The Return of The King tahun 2003 silam. Namun tahun ini, para penggemar LOTR akan kembali dimanjakan dengan tampilnya Hobbit, yang merupakan salah satu makhluk dalam LOTR dalam The Hobbit: An Unexpected Journey. Yap, film ini memang menceritakan The Hobbit, sekaligus menjadi prekuel dari ketiga seri LOTR yang sudah dirilis terlebih dahulu.

Sutradara yang sukses membesut trilogi LOTR sehingga menjadi sebuah film yang megah, sang maestro Peter Jackson akan kembali dan membesut film ini. Film ini menurut rencana akan dirilis dalam dua bagian yang berjarak satu tahun. Setelah An Unexpected Journey dirilis pada tahun ini, sekuelnya There and Back Again akan dirilis pada tahun depan. Bahkan, There and Back Again sudah dimulai proses produksinya tepat setelah rumah produksi menyelesaikan An Unexpected Journey.

 2. The Avengers 

10 Most Anticipated Movie in 2012![/caption]

Rilis        : 4 Mei 2012

Pemain   : Robert Downey, Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth

Bagaimana jika seluruh superhero Marvel bergabung dalam satu film? Musuh seperti apa yang dihadapinya, sampai-sampai tidak cukup satu hero untuk menjaga kota? Jawabannya bisa kamu temukan dalam film ini. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa film-film superhero Marvel seperti Hulk, Iron Man, hingga Captain America tidak bisa menjadi big hit. Laris memang, tetapi masih belum cukup memiliki formula yang hebat untuk menjadikannya bisa merajai box office.

Lantas, apakah dengan menggabungkan kesemua hero tersebut dalam satu film bisa menjadi solusi agar bisa merajai box office? Bisa ya, bisa tidak tergantung bagaimana tim produksi meramu cerita dalam film ini nanti. Dari segi action, mungkin sudah tidak ada yang menyangkal bahwa aksi Iron Man, Thor, hingga Captain America memang sangat memukau. Namun dari segi cerita, saya tidak melihat adanya sebuah cerita yang benar-benar bagus, yang membuat para superhero Marvel tidak berdaya menghadapi satu wakil DC Comics (Batman dalam The Dark Knight) dalam “bertarung” memperebutkan posisi di tangga box office. Bertarung bersama, akankah lebih baik?

 1. The Dark Knight Rises 

10 Most Anticipated Movie in 2012!

Rilis        : 20 Juli 2012

Pemain   : Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman

Jujur, saya sangat menantikan kehadiran film ini di tahun 2012, apalagi dengan tampilnya trailer resmi awal yang cukup memukau di akhir tahun lalu. Seperti kita ketahui, The Dark Knight sukses menyabet beberapa penghargaan pada 2008 lalu, mulai dari masuk dalam 10 besar film berpendapatan tertinggi sepanjang masa, serta memenangkan dua Academy Awards untuk Best Sound Editing dan Best Supporting Actor yang dimenangkan mendiang Heath Ledger. Hal tersebut membuat fans Batman seolah-olah sudah tidak sabar menunggu sekuel yang kabarnya akan menjadi akhir trilogi Batman yang dimulai Batman Begins ini.

Mengusung tagline Epic Conclusion, Dark Knight Rises diharapkan bisa menjadi akhir yang benar-benar megah untuk Batman. Jaminan untuk meraih kesuksesan setara dengan The Dark Knight terlihat dari masih bertahannya dua pilar dari seri ini, Christopher Nolan sebagai sutradara, dan Christian Bale sebagai Batman. Selain berambisi untuk menyamai atau bahkan melebihi pencapaian The Dark Knight, tentu para kru produksi ingin membuat film ini sebagus mungkin guna memberikan penghormatan kepada mendiang Heath Ledger yang sudah tidak bisa menemani mereka.

Yap, itu adalah daftar sepuluh film yang saya tunggu kehadirannya di tahun 2012 ini. Kamu mungkin punya daftar tersendiri bukan? Silahkan share daftar tunggu kamu di kolom komen beserta alasannya yah!

ARTIKEL TERBARU