6 Aktor Hollywood yang Kariernya Sempat Terpuruk tapi Berhasil Bangkit

Mereka kembali jadi aktor papan atas 

6 Aktor Hollywood yang Kariernya Sempat Terpuruk tapi Berhasil Bangkit

Duniaku.com sempat bikin daftar aktor yang kariernya terhambat karena main di film jelek. Aktor seperti Michael Beck seperti tak bisa pulih lagi setelah sekali main di film gagal, Xanadu.

Tapi ada juga aktor Hollywood yang bisa kembali ke papan atas meski mereka sempat dikritik karena peran itu-itu saja, atau karena terlibat dalam film gagal. Siapa saja? 

1. Robert Downey, Jr.

6 Aktor Hollywood yang Kariernya Sempat Terpuruk tapi Berhasil BangkitRDJ sebagai Tony Stark di Iron Man 1. netflix.com/Iron Man

Robert Downey, Jr. jelas adalah salah satu superstar Hollywood di era modern ini. Tapi mungkin kamu bertanya-tanya: kenapa RDJ baru populer setelah Iron Man padahal dia sudah berkecimpung di Hollywood lama sekali?

Sebetulnya, RDJ sudah menjadi bintang sejak dia debut. Kemampuan akting yang sekarang menghibur fan film Marvel sudah ia tunjukkan dari dulu. Dia bahkan sempat mendapat nominasi Academy Awards untuk perannya di film Chaplin.

Karir RDJ terpuruk di pertengahan 90an karena masalah pribadi. Dari tahun 96 hingga 2001 ia berkali-kali ditangkap karena penggunaan narkoba. Ini membuat studio takut untuk memberinya peran signifikan. Kalaupun dia tampil di film populer, perannya selalu tergolong minor.

Kunci kebangkitan RDJ sudah jelas adalah film Iron Man. RDJ berhasil menyajikan Tony Stark dengan begitu sempurna hingga rasanya sekarang fan Marvel menganggap dia inilah Tony Stark.

Baca Juga: 5 Sutradara yang Minta Maaf Soal Film Mereka! Apa Alasannya?

2. Tom Hardy

6 Aktor Hollywood yang Kariernya Sempat Terpuruk tapi Berhasil BangkitBane dan Venom, dua peran Tom Hardy. Berbagai Sumber

Kegagalan Star Trek: Nemesis sempat membuat Tom Hardy depresi. Dia masih mendapat peran setelah itu, termasuk di film Layer Cake yang eksentrik, tapi seharusnya setelah Nemesis dia meroket menjadi nama papan atas.

Titik balik karir Tom Hardy datang di tahun 2008. Dia memerankan karakter utama di film Bronson dengan sangat serius. Tiba-tiba, dia pun menjadi nama yang diperhitungkan oleh para sineas Hollywood.

Setelah Bronson, kesempatan yang akhirnya mengantarkan Hardy menjadi superstar Hollywood papan atas adalah sutradara Christopher Nolan. Berkat peran di Inception dan The Dark Knight Rises, nama Hardy pun melesat. Belum lagi kesuksesan dari film Mad Max: Fury Road. 

3. Charlize Theron

Mungkin terasa mengherankan aktris sepopuler Charlize Theron kariernya sempat terpuruk. 

Namun kamu mungkin masih ingat kalau di Hollywood, sekedar salah pilih peran saja bisa menghambat karier. Kalau melihat daftar film Theron, kegagalan film Aeon Flux tampak sempat menghambatnya.

Lalu setelah tampil sebagai Furiosa di Mad Max: Fury Road, peran yang sangat dipuji banyak orang, dampak kegagalan Aeon Flux itu tampaknya mulai memudar dan Charlize Theron dapat banyak peran menarik. 

4. Keanu Reeves

Keterpurukan Keanu cukup panjang. Awalnya kira-kira adalah setelah Matrix berakhir. Setelah itu, keterbatasan akting Keanu ramai-ramai disorot oleh fan di internet. Studio Hollywood pun tidak membantu. Alih-alih memberi Keanu peran beda (misalnya seperti Ted dari Bill and Ted dulu), dia mendapat berbagai karakter yang intinya adalah variasi dari Neo-nya Matrix. 

Dari sekitar 2009 hingga 2013, Keanu seakan menghilang. Dia lalu dihantam oleh film jeblok lagi, yakni 47 Ronin yang seakan semakin mengubur karirnya.

Tapi apakah Keanu tamat? Ternyata tidak. Dia justru bangkit dengan peran sebagai pembunuh bayaran berbahaya, John Wick. Film John Wick 1 menjadi hits tak terduga dan disukai oleh kritikus. Seri John Wick sendiri sukses terus sampai film ketiga.

Keanu pun bisa selamat dari efek keterpurukan 47 Ronin

5. Matthew McConaughey

Ada masa di mana Matthew McConaughey ini lebih dikenal sebagai aktor untuk film komedi romantis.

Apakah dia bisa dibilang terpuruk? Secara finansial mungkin tidak. Namun reputasi McConaughey di mata kritikus sempat turun di masa-masa itu karena pemilihan film yang terasa terlalu remeh.

Lalu di 2014 McConaughey tampil di Dallas Buyers Club dan True Detective, dengan performa akting yang sangat memikat. Nama McConaughey pun kembali diperhitungkan sebagai aktor papan atas.

McConaughey sendiri berpendapat kalau perubahan besar itu bukan karena dia dapat pelatih akting baru atau mengambil kelas akting.

McConaughey hanya memutuskan untuk mengabaikan uang bayaran dan lebih mengincar pengalaman saat memilih peran yang ia mainkan. Jadinya dia pun dapat peran-peran yang benar-benar menunjukkan bakat yang sejak awal juga ia miliki. 

Patut diingat kalau sebelum dia mulai tampil di film komedi romantis pun McConaughey punya beberapa peran luar biasa di tahun 90-an. 

6. Michael Keaton

6 Aktor Hollywood yang Kariernya Sempat Terpuruk tapi Berhasil BangkitMichael Keaton sebagai Batman. scienfiction.com

Keaton sempat terlibat dalam film rugi yang dikritik habis-habisan, Jack Frost, pada tahun 1998.

Sementara sebelum itu Keaton sempat dapat peran besar seperti Batman, setelah kegagalan itu kariernya sempat terasa terpuruk. 

Sekarang, Keaton kembali tampil di film besar. The Birdman menunjukkan kualitas aktingnya. Lalu dia juga tampil di Spider-Man: Homecoming dengan brilian sebagai Vulture.

Keaton juga akan tampil di Morbius serta The Flash. Di The Flash itu, tampaknya dia akan jadi Batman lagi pula!

Nah, itu enam aktor Hollywood yang kariernya sempat terpuruk. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Park Seo Joon Dikabarkan Akan Berperan di Film The Marvels!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU