10 Film Samurai Terbaik Sepanjang Masa! Dari yang Jadul Sampai Baru

Kualitasnya memang mantap sekali film-film ini

10 Film Samurai Terbaik Sepanjang Masa! Dari yang Jadul Sampai Baru

Kamu minat dengan samurai? Mungkin kamu sudah sering melihat aksi samurai di anime, lalu penasaran dengan cerita mereka? Atau mungkin kamu main Ghost of Tsushima dan ingin tahu lebih banyak soal samurai?

Kalau begitu, 10 film samurai terbaik ini bisa cocok untuk kamu. Judul-judul ini tergolong lama, meski ada juga yang keluaran tahun 2000 dan 2010-an. Tetap saja, judul-judulnya gak terlupakan sampai sekarang.

Apa saja? 

1. Harakiri

Film tahun 1962 ini disutradarai oleh Masaki Kobayashi. 

Ceritanya mengambil latar abad 17. Perdamaian yang terjadi di era itu membuat banyak samurai tak lagi memiliki pekerjaan. Para pejuang ini bahkan ada yang terlilit kemiskinan. 

Konflik di era yang unik ini bisa disajikan dengan apik di Harakiri. Gak heran kalau ada daftar film samurai, biasanya Harakiri biasanya masuk daftar. 

Baca Juga: Aksinya Menawan, Ini 9 Potret Baru Rurouni Kenshin The Beginning!

2. Sanjuro

Kalau ngomongin soal film samurai, ada satu nama yang harus kita bicarakan. Nama itu adalah sutradara Akira Kurosawa. Banyak film samurai terbaik yang disutradarai dia.

Sanjuro termasuk film Kurosawa. Ceritanya soal ronin bernama Sanjuro, yang mengetahui rencana para samurai muda yang ingin melawan para pengawas yang korup.

Sanjuro pun membantu para samurai muda tersebut.

3. Yojimbo

Yojimbo ini film epik lain dari Akira Kurosawa.

Seberapa epiknya? Film ini dapat remake tidak resmi, yaitu film koboi A Fistful of Dollars, dibintangi Clint Eastwood. Baik Yojimbo maupun A Fistful of Dollars sama-sama dikenang sebagai klasik sampai sekarang.

Yojimbo menceritakan ronin yang diperankan Toshiro Mifune. Seperti karakter Clint Eastwood di A Fistful of Dollarsronin ini tidak bernama. Dia menyebut dirinya sebagai Kuwabatake Sanjuro, namun itupun nama dadakan yang ia pikirkan saat melihat lahan murbei. 

Si ronin terlibat dalam konflik di sebuah tempat yang dikuasai dua pemimpin diktator, yang dilindungi orang-orang berbahaya. Bukannya pergi, sang ronin berminat mengatasi masalah di kota tersebut dengan caranya sendiri. 

4. Lone Wolf and Cub: Sword of Vengeance

Yang unik dari judul ini adalah cerita ini sebenarnya adaptasi dari manga berjudul Lone Wolf and Cub juga. 

Ceritanya soal samurai yang berkelana dengan anaknya yang masih balita. Kalau kamu familier dengan konsep ini, mungkin kamu pernah melihat parodinya, seperti di manga Crayon Shinchan

Sword of Vengeance adalah film pertama dari enam film Lone Wolf and Cub

5. Samurai Rebellion

Samurai Rebellion ini film tahun 1967. Ceritanya soal samurai bernama Isaburo Sasahara.

Sasahara adalah pengikut ketua klan Aizu, Masakata Matsudaira. 

Film ini mengisahkan pertarungan samurai, dibalut kisah tentang pengkhianatan, loyalitas, dan bahkan percintaan. 

6. 13 Assassins

Kalau yang ini umurnya masih lebih baru dari film-film sebelumnya. Film ini rilis 2010. 

Di tahun 1844, dikisahkan ada kelompok berisi 13 samurai yang dituduh membunuh saudara shogun.

Masalahnya? Mereka itu hanya kambing hitam. Pelaku sejatinya bukan mereka, dan si pelaku sejati ini juga memiliki posisi kuat yang membuat ia terkesan kebal hukum.

Akhirnya, para samurai mencoba mengungkap sebenarnya apa sih yang terjadi.

Film ini disutradarai oleh sutradara eksentrik, Takashi Miike. 

Oh, kamu mungkin ingat Miike ini juga pernah menyutradarai Crows Zero? Ada bintang Crows Zero yang ikut tampil juga di sini. Mereka adalah Takayuki Yamada (Serizawa) dan Sousuke Takaoka (Shun Izaki). 

7. Seven Samurai

Kalau soal film samurai terbaik, judul yang satu ini biasanya akan diperbincangkan.

Ceritanya, ada desa yang hendak diserang bandit. Para warga desa lalu mencari samurai untuk melindungi desa mereka. Masalahnya? Bayaran yang bisa mereka berikan hanya nasi. 

Pada akhirnya, tujuh samurai bersedia melindungi desa. Bila mereka menang, mereka hanya dapat nasi, bahkan tidak ada kehormatan atau popularitas yang bisa mereka raih. 

Seven Samurai ini film epik yang terasa komplet. Ada bagian lucu, ada bagian pertarungan, dan ada juga bagian yang tragis. 

8. Ran

Apakah kamu tahu cerita Shakespeare, King Lear? Ran terinspirasi sekali dari judul itu. Karena itu, kamu mungkin akan dapat gambaran kalau kisah ini tidak akan bahagia.

Ceritanya soal seorang raja yang memutuskan membagi wilayah ke tiga anaknya. Dua anak lalu bersekongkol dan mengusir anak lainnya. Kemudian terjadi perang dalam kerajaan. 

Dulu, Ran ini performa box office-nya mengecewakan. Namun jangan salah, sebenarnya ini adalah film luar biasa, dan salah satu film terbaik sepanjang masa. 

9. The Last Samurai

Mungkin agak konyol, melihat Tom Cruise menjadi samurai. Terutama karena film ini terasa seenaknya mengutak-atik sejarah, seperti membuat Amerika berperan mempersenjatai dan melatih Jepang, meski sebenarnya latihan senjata modern Jepang itu diperoleh dari Perancis dan Rusia. 

Tapi visual dan adegan pertarungan serta perang di film ini memang menarik untuk disaksikan. 

Konflik Last Samurai memperlihatkan seorang samurai yang berusaha mempertahankan tradisi generasi samurai, dari upaya menghapus peran samurai di periode Restorasi Meiji. 

10. Rurouni Kenshin

Kalau yang ini, saya rasa pembaca Duniaku.com gak perlu pengenalan lebih lanjut ya. Ceritanya adalah adaptasi manga Rurouni Kenshin, menceritakan aksi Kenshin Himura sang mantan battousai

Meski sudah pensiun sebagai pembantai, situasi memaksa Kenshin menggunakan pedang uniknya untuk menghadapi kejahatan. 

Film Rurouni Kenshin pertama rilis di 2012 dan menjadi awal dari seri film ini. Ini adalah salah satu film adaptasi anime terbaik dari Jepang sekarang.

Nah, itu rekomendasi 10 film samurai. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar!

Diterbitkan pertama di Dunia Games dengan judul "10 Film Samurai Klasik Terbaik yang Tak Kalah Seru dari Ghost of Tsushima" ditulis oleh Rizky Nurcahyanto. 

Baca Juga: Promo Film Rurouni Kenshin, Tom dan Jerry Kenakan Kostum Kenshin!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU