6 Film Terbaik Donnie Yen Sejauh Ini! Adakah Favoritmu?

Ada favoritmu gak nih?

6 Film Terbaik Donnie Yen Sejauh Ini! Adakah Favoritmu?

Sepanjang kariernya, Donnie Yen sudah terlibat dalam puluhan film Mandarin. Tapi kira-kira, mana film terbaik Donnie Yen hingga saat ini? Berikut daftar menurut penulis!

6. Rogue One: A Star Wars Story

Nama Donnie Yen memang identik dengan film-film bela diri. Tapi pada tahun 2016, ia tiba-tiba hadir dalam film fiksi legendaris, Rogue One: A Stars War Story.

Dalam film garapan sutradara Gareth Edwards tersebut, Donnie Yen berperan sebagai Chirrut Îmwe, pendekar prajurit pemberontak yang spiritual, dan meyakini semua makhluk hidup terhubung dengan melalui Force.

Meski kehilangan kemampuan penglihatannya, Chirrut tetap menjadi seorang pejuang yang sangat terampil.

Biarpun bukan pemeran utama, namun Rogue One: A Stars War Story berhasil menjadi salah satu film terbaik Donnie Yen dengan ulasan positif dari kritikus film.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Donnie Yen, Aktor yang Beneran Ahli Bela Diri!

5. Iron Monkey

Iron Monkey adalah film yang memperlihatkan pertemuan antara pahlawan legendaris Tiongkok, Wong Fei-hung serta ayahnya Wong Kei-ying saat mereka bertemu sosok yang disebut sebagai "Kera Besi."

Di film tahun 1993 ini, Donnie Yen memerankan Wong Kei-ying sementara Wong Fei-hung diperankan oleh Angie Tsang.

Iron Monkey dikenal sebagai salah satu film bela diri terbaik. Bahkan di Rotten Tomatoes film ini dapat skor 91%, salah satu film Donnie Yen dengan skor Tomatometer tertinggi! 

4. Once Upon a Time in China II

Inilah film yang mengangkat nama Donnie Yen sebagai salah satu aktor pendatang baru yang cukup diperhitungkan. Lewat film ini, Donnie Yen berhasil masuk nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik di ajang Hong Kong Film Award.

Selain membawa nama Donnie Yen, film yang berlatar pada zaman kerajaan di Tiongkok ini juga meraih Best Action Choreography di ajang 12th Hong Kong Film Awards.

Salah satu momen paling berkesan di film ini tentu saja adalah duel antara karakter Donnie Yen lawan Jet Li! 

3. SPL

Film terbaik Donnie Yen selanjutnya adalah SPL: Sha Po Lang. Disutradarai oleh Wilson Yip, film bergenre aksi ini diisi oleh deretan aktor terkenal Mandarin seperti Sammo Hung, Simon Yam, Wu Jing, Liu Kai-Chi, dan juga Donnie Yen.

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang polisi bernama Chan Kwok-chung (diperankan oleh Simon Yam) yang berusaha menangkap kriminal kelas kakap bernama Wong Po (diperankan Sammo Hung). Karena memiliki jaringan kriminal yang kuat dan back up dari oknum polisi membuat gerak-gerik Wong Po sulit ditebak. Hingga suatu ketika seseorang bersedia untuk bersaksi atas kejahatan yang diperbuat Wong Po.

Di film ini, Donnie Yen memerankan Inspektur Ma Kwun. Polisi yang tadinya ditunjuk untuk menggantikan Chan, dan kemudian terlibat juga dalam konflik melawan Wong Po. 

Film ini juga mengantarkan Donnie Yen meraih penghargaan Best Action Choreography di ajang perfilman Hongkong tahun 2006.

2. Flash Point

Sama seperti film Mandarin pada umumnya, Flash Point menceritakan tentang pertarungan polisi pembela kebenaran melawan penjahat Triad.

Di sini Donnie Yen tampil sebagai Jun Ma, seorang detektif yang mudah emosi dan suka bergerak impulsif. Sedangkan musuhnya adalah kelompok pengedar obat-obatan, yang dipimpin oleh 3 bersaudara Tony (Collin Chou), Archer (Ray Lui), dan Tiger (Yu cXing).

Di sini lagi-lagi Donnie Yen meraih penghargaan Best Action Choreography di 27th Hong Kong Film Awards dan 44th Golden Horse Film Awards.

1. Ip Man

Film terbaik Donnie Yen di peringkat pertama, tentu saja seri Ip Man! Seri film ini benar-benar melambungkan nama Donnie Yen di panggung Hollywood. Film yang diangkat dari kisah nyata ini, menceritakan seorang master Wing Chun bernama Yip Man dalam mengajarkan ilmu bela diri Win Chun yang saat itu belum berkembang.

Film Ip Man banyak mendapat sambutan positif dan penghargaan, termasuk penghargaan Aktor Terbaik yang diberikan kepada Donnie Yen.

Apakah kamu punya film terbaik Donnie Yen lain? Utarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Fakta Aktor Jackie Chan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU