5 Film yang Fokus Latarnya Cuma di Satu Tempat, tapi Tetap Memukau

Fokus di satu tempat, tapi tetap menarik?!

5 Film yang Fokus Latarnya Cuma di Satu Tempat, tapi Tetap Memukau

Untuk menciptakan film yang spektakuler, tak mengherankan sebuah film perlu mengambil tempat yang bermacam-macam dalam setiap adegan.

Namun apa jadinya jika film tersebut hanya fokus pada satu latar? Jadi meskipun kita diperlihatkan tempat lain, kejadian utamanya ya fokus di satu tempat. Mulai dari satu ruangan, atau bahkan sampai hanya satu elevator. 

Memangnya bisa menarik kalau fokusnya cuma di satu ruangan? Bisa kok. Lima ini contohnya! 

1. Exam

Pernah berpikir jika sebuah tes kerja tahap akhir bisa menjadi drama thriller yang mencekam?

Yap, Exam benar-benar menyajikan hal tersebut. Exam berhasil menawarkan sensasi ketegangan luar biasa hanya dari sebuah ruangan ujian.

Ceritanya cukup sederhana, terdapat delapan orang yang memiliki latar berbeda-beda berkompetisi untuk meraih posisi pekerjaan yang mereka lamar. Mereka dikumpulkan dalam sebuah ruangan ujian dengan selembar kertas.

Uniknya, kertas tersebut tak berisi pertanyaan apapun, melainkan hanyalah selembar kertas kosong. Mereka pun dituntut untuk mencari tahu apa sebenarnya pertanyaan yang diberikan tersebut.

Meskipun tak ada nama besar di dalamnya, namun film yang berlatar di satu tempat ini sukses mendapat sambutan positif dari pecinta film Hollywood.

Baca Juga: 10 Film Samurai Terbaik Sepanjang Masa! Dari yang Jadul Sampai Baru

2. Devil

Jika Exam berlatar di sebuah ruangan ujian, beda halnya dengan Devil. Film yang dirilis tahun 2010 ini hanya berpusat pada lima orang yang terjebak dalam sebuah lift. Kelima orang tersebut diharuskan untuk bisa keluar dengan selamat di bawah bayang-bayang “devil” yang ada di antara mereka.

Film yang berlatar di satu tempat ini semakin menarik karena pengambilan gambarnya menggunakan CCTV di dalam lift, sehingga penonton merasa ketegangan yang sama dengan kelima orang yang terjebak lift.

Meskipun tergolong film low budget namun film Devil lumayan sukses lewat jalan cerita yang unik dan menarik.

3. Buried

Sepanjang film yang berdurasi 1 jam 30 menit ini, penonton hanya akan menyaksikan Ryan Reynolds sesak nafas di dalam peti mati.

Apakah filmnya membosakan? Eits meskipun hanya fokus di satu tempat dan tempat tersebut sangat sempit (peti mati) namun Buried bisa menyajikan aksi-aksi menarik dari Ryan Reynolds yang terkubur di sebuah peti mati dengan ditemani sebuah zippo dan Blackberry.

Masih ingat era di mana Blackberry adalah rajanya ponsel? 

4. Frozen

Bukan, ini bukan film film putri salju dari Disney. Frozen di sini merupakan film thriller yang dirlis tahun 2010 lalu. Menceritakan tiga orang yang sedang menaiki lift ski tiba-tiba harus terjebak di tengah-tengah karena lift berhenti beroperasi.

Seperti bisa kamu tebak, film ini fokusnya jadi di lift ski yang mereka naiki.

5. 12 Angry Men

Salah satu film lawas yang masih seru buat ditonton sekarang. 12 Angry Men menceritakan 12 juri yang berkumpul di sebuah ruangan untuk berdiskusi menentukan nasib seorang anak yang diduga telah membunuh ayahnya.

Voting pun dilakukan, 11 dari 12 juri mengatakan jika anak tersebut bersalah. Hanya juri no 8 yang menyatakan anak itu tidak bersalah. Juri no.8 malah mulai memberikan bantahan dan argumen yang sangat masuk akal dan dapat membalikan keadaan dan mempengaruhi juri lain.

Film yang berlatar di satu tempat ini dipenuhi oleh dialog-dialog cerdas yang membuat penonton tidak bosan melihat ke-12 orang berdiskusi menentukan nasib seorang anak di sebuah ruangan sempit.

Nah deretan film di atas telah membuktikan bahwa lokasi tempat yang terbatas tak menghalangi sineas mencipakan film spektakuler. Kira-kira film mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: Kontroversial, Ini 10 Film yang Pernah Dicekal di Berbagai Negara!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU