Review The Exorcism: Film Horror yang Hanya Jumpscare?

Apakah film The Exorcism seram? Simak review kami berikut

the exorcism.jpg

Russell Crowe kembali bermain di film dengan tematik exorcist, tapi kali ini tidak ada hubungannya dengan film The Pope's Exorcist yang dahulu ia perankan.

Film The Exorcism akan rilis di Indonesia tanggal 5 Juli 2024, tapi redaksi duniaku.com sudah menontonnya terlebih dahulu.

Seperti apa ulasan kami untuk film The Exorcism?

1. Sebenarnya punya premis menarik, tentang kerasukan di set film yang terkutuk

the exorcism set.jpgMiramax/The Exorcism

Premis filmnya sebenarnya cukup menarik, kisahkan Anthony Miller (Russell Crowe) sebagai aktor yang karir dan kehidupannya hancur setelah istrinya meninggal dan dia jadi pecandu narkoba, termasuk hubungannya yang rusak dengan putrinya, Lee Miller (Ryan Simpkins).

Namun Tony ingin kembali memperbaiki hidup dan hubungan dengan putrinya dengan menerima tawaran berperan di film bertema exorcist, menggantikan aktor sebelumnya yang mati di lokasi syuting.

Tony mempelajari peran sebagai orang yang mengurus orang kerasukan, namun dia justru kerasukan di set filmnya dan membawa berbagai ancaman bagi kru film dan putrinya, yang padahal hubungan mereka baru mulai membaik.

Baca Juga: Review Film The Last Breath, Nonton Diving sampai Sesak Napas!

2. Meski premisnya menarik, plotnya terasa sangat lemah dan akhir filmnya bikin bingung

the exorcism 1.jpgMiramax/The Exorcism

Premisnya menarik, kisahkan tentang kerasukan dan set film yang terkutuk, di mana hal seperti ini sudah sering menjadi urban legend bagi beberapa film horor populer di dunia nyata.

Namun perkembangan plot-nya terasa tidak jelas dan puncak konflik filmnya juga terasa terburu-buru, tanpa penjelasan apapun di akhir filmnya.

Awal filmnya berjalan lambat, setengah filmnya mendadak super intense, dan akhir filmnya tidak ada penjelasan apapun yang tidak membuat penonton "puas" saat menontonnya, lebih ke arah bingung.

3. Russell Crowe salah satu yang terbaik di film ini, tapi tetap sulit rasanya "takut" karena Russell Crowe

the exorcism.jpgMiramax/The Exorcism

Russell Crowe satu-satunya unsur yang dibuat "menakutkan" di film ini, namun rasanya sulit sekali merasa "takut" ke Russell Crowe.

Meski demikian, Russell Crowe satu-satunya yang menarik dan terasa niat di film ini.

4. Gagal memberikan kesan horor, hanya lewat jumpscare yang berlebihan

the exorcism 2.jpgMiramax/The Exorcism

Film The Exorcism gagal menghadirkan adegan horor yang benar-benar membuat penonton takut.

Banyak sekali jumpscare di awal film yang bertujuan untuk memberikan kesan mencekam, namun jumpscare hanya cara receh untuk membuat penonton takut.

Parahnya lagi, jumpscare di film ini memang terasa receh dan berlebihan, sampai adegan meletakan buku dan memilih pakaian saja dibuat jumpscare, tentu tidak ada hantu di adegannya.

Penilaian: 2/5

Baca Juga: Review Despicable Me 4, Tontonan Lucu dan Ringan untuk Keluarga

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU