Review Film: Greenland, Teror Komet Penghancur Planet

Saat komet numpang lewat berubah menjadi planet killer

Review Film: Greenland, Teror Komet Penghancur Planet

Tren pembuatan disaster movie cukup merosot tajam akhir-akhir ini. Tapi hal ini tidak menyurutkan usaha Ric Roman Waugh dan Chris Sparling dalam menggarap Greenland. Disaster movie Hollywood ini berkisah tentang satu keluarga Amerika yang terpilih untuk menyelamatkan diri ke sebuah shelter yang ditunjuk pemerintah.

Dibintangi oleh Gerard Butler, Morena Baccarin, Roger Dale Floyd, Scott Glenn, David Denman, dan Hope Davis. Kamu akan diajak menyaksikan bagaimana kalau sebuah komet raksasa bernama Clarke, berhasil masuk ke orbit bumi dan berubah menjadi meteorit penghancur yang bisa memusnahkan sebuah peradaban.

1. Komet yang harusnya numpang lewat saja

Review Film: Greenland, Teror Komet Penghancur PlanetGreenland Movie

Greenland berkisah tentang  John Garrity (Gerard Butler), seorang arsitek yang tinggal di Atlanta, Georgia bersama istrinya Allison (Morena Baccarin), dan putra mereka yang menderita diabetes, Nathan (Roger Dale Floyd). 

Semula John pulang ke rumah karena ingin berdamai dengan sang istri. Pernikahan keduanya memang terbilang tidak lancar-lancar amat. Kebetulan saat itu Nathan juga merayakan ulang tahunnya, jadi para tetangga berkumpul di depan televisi sambil menyaksikan kabar lewatnya komet antar bintang bernama Clarke.

Saat berbelanja persiapan pesta, John dan Nathan dikagetkan dengan armada jet pengangkut kargo militer yang terbang dalam formasi rapat. Kejadian aneh tadi masih ditambah lagi oleh sebuah panggilan telepon otomatis yang berasal dari Departemen Keamanan Dalam Negeri, yang memberitahukan bahwa ia dan keluarganya telah dipilih sebelumnya untuk penampungan darurat.

Merasa tidak nyaman dengan telepon tersebut, John bergegas pulang untuk mengabarkan informasi ini pada keluarganya. Sayangnya telepon otomatis itu turut disaksikan oleh para tetangganya membuat segala hal jadi semakin rumit.

Ketegangan semakin meningkat saat pecahan komet memasuki atmosfer di siaran langsung televisi. Gelombang kejut mengguncang daerah itu dan menghancurkan jendela. Pecahan Clarke yang sebelumnya diantisipasi akan mendarat di Samudra Atlantik, rupanya menabrak Tampa, Florida sehingga hancur tak bersisa.

Dalam keadaan panik para tetangga John berlarian keluar rumah. Sementara itu John bergegas untuk berkemas dan pergi. Situasi mulai tidak terkendali ketika mobil mereka dihadang oleh para tetangganya. Mereka menyadari kalau keluarga Garrity diperlakukan istimewa oleh pemerintah.

Baca Juga: 10 Film Tentang Turnamen Pertarungan! Dari Sportif Sampai Mematikan!

2. Tipikal film bencana

Review Film: Greenland, Teror Komet Penghancur PlanetGreenland Movie

Greenland menghadirkan berbagai aspek yang biasanya hadir pada disaster movie. Walaupun tidak semewah The Day After Tomorrow, tapi film ini memiliki intensitas teror yang cukup untuk menggambarkan betapa bahayanya komet Clarke. Bayangkan, sebuah komet yang seharusnya melintas dengan tenang, malah menjadi pemicu kiamat di Bumi. 

Tidak banyak yang bisa diceritakan dari sisi cerita, sebab film ini memang menggunakan formula generik untuk urusan cerita. Tapi Ric Roman Waugh dan Chris Sparling mampu mengalirkan kisah Greenland dengan lancar, lengkap dengan konflik di sana-sini yang menambah ketegangan penontonnya.

Beberapa adegan terasa klise, tapi bukan berarti pasaran. Justru sebaliknya adegan-adegan tersebut seperti memberikan gambaran jelas tentang apa yang sedang terjadi di hadapan keluarga Garrity. Mulai dari John yang terpisah dari sang istri, hingga Nathan yang dibawa lari orang lain. Hal inilah yang membuat para penonton terhubung secara emosional dengan setiap karakter yang ada di Greenland.

3. Kesimpulan akhir

Review Film: Greenland, Teror Komet Penghancur PlanetGreenland Movie

Greenland bukanlah film berat yang menampilkan adegan bertele-tele penuh emosi. Film ini dikemas sangat ringan dengan tema yang sederhana tapi cukup kuat mempertahankan integritasnya hingga akhir.

Gerard Butler tampil apik lengkap dengan kharismanya sebagai seorang ayah yang ingin memperbaiki hubungan dengan keluarganya. Selain itu Morena Baccarin juga mampu menunjukkan emosinya sebagai seorang ibu yang harus selalu menjaga anaknya walaupun harus berhadapan dengan segala marabahaya.

Greenland bukanlah film yang menawarkan kejutan ataupun sesuatu yang baru untuk genre disaster movie. Namun film ini cukup sederhana sehingga bisa dinikmati siapa saja tanpa terkecuali.

Film ini seharusnya ditayangkan di tahun 2020. Namun, dikarenakan pandemik Covid-19,  Greenland baru akan tayang pada hari Rabu, 10 Maret 2021.

Berkenaan dengan tema yang diusung dalam filmnya, panitia menghadirkan sesi mini talkshow sekitar 15 menit bersama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), yang pada kesempatan itu menjelaskan berapa persen kemungkinan terjadinya bencana seperti di Greenland.

Baca Juga: 9 Bintang Film Hong Kong yang Jadi Dewa Judi di Film God of Gamblers!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU