Film Monster Hunter Ditarik dari Tiongkok! Apa Penyebabnya? 

Ada ungkapan yang dianggap melecehkan etnis Tiongkok

Film Monster Hunter Ditarik dari Tiongkok! Apa Penyebabnya? 

Sebuah ungkapan ofensif di dalam film Monster Hunter membuatnya ditarik dari Tiongkok tidak lama setelah ia tayang di negara itu. Penjelasan tentang nada rasis dari adegan tersebut bisa kamu temukan di sini.

1. Ungkapan bernada rasis di dalam film

scmp.com melaporkan bahwa film tersebut ditarik sehari setelah penayangan perdananya di Tiongkok pada hari Jumat tanggal 4 Desember lalu akibat klip sebuah adegan film ini yang viral berisi ungkapan verbal bermuatan rasis, yang menyinggung etnis Tionghoa.

Adegan tersebut menggambarkan salah seorang tentara Asia, yang diperankan oleh rapper dan aktor berkebangsaan Tionghoa-Amerika, MC Jin kepada seorang tentara Kaukasian, "What knees are these?", dengan respon susulan "Chi-Knees".

2. Sebab pernyataan tersebut menyinggung

Permainan kata yang berujung pada bahasa Inggris dari orang beretnis Tionghoa tersebut tetap terdengar menyinggung meskipun subtitle yang digunakan dalam versi region tersebut diubah menjadi "There is gold underneath my knees" yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi "Ada emas di bawah lututku."

Warganet pun menandai sisi ofensif dari candaan dalam film tersebut yang berkaitan dengan sebuah ungkapan rasis berbahasa Inggris "Chinese, Japanese, dirty knees, look at these." yang diterjemahkan secara harafiah menjadi "Tiongkok, Jepang, lutut kotor, lihat sini," yang menghubungkan sebutan orang Tiongkok dan Jepang (Chi-nese, Japa-nese) menjadi orang kotor (Dirty knees (-nese)) dalam rangkaian permainan kata tersebut.

Baca Juga: Trailer Terbaru Adaptasi Game Re:ZERO TPotT Ungkap Dub Inggris!

3. Pernyataan resmi dari Capcom

Film yang merupakan kolaborasi dari rumah produksi Jerman Constantin Films hingga Tencent Pictures ini. Capcom, perusahaan game Jepang yang melahirkan franchise Monster Hunter menjaga jaraknya terhadap peristiwa tersebut dengan sebuah pernyataan resmi tentang film ini.

"Dikarenakan seri game Monster Hunter dan film Monster Hunter telah diproduksi oleh berbagai perusahaan berbeda, setelah mendengar masukan dari semuanya kepada film yang bersangkutan, kami telah mengumpulkan banyak opini dan telah menyampaikan mereka ke perusahaan-perusahaan yang relevan," tulis pernyataan resmi Capcom Asia.

Apa pendapatmu tentang ungkapan ofensif yang bernada rasis di dalam film Monster Hunter versi Hollywood tersebut sampai ia ditarik dari Tiongkok? Sampaikan opinimu terhadap kejadian tersebut melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Oscar Isaac Akan Jadi Solid Snake Dalam Film Metal Gear Solid Sony!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU