10 Fakta Chen Zhen, Tokoh yang Sempat Diperankan Bruce Lee dan Jet Li

Pernah diperankan Bruce Lee, Jet Li, dan Donnie Yen

10 Fakta Chen Zhen, Tokoh yang Sempat Diperankan Bruce Lee dan Jet Li

Chen Zhen merupakan tokoh paling terkenal di dunia film Tiongkok, tapi apakah kamu benar-benar tahu siapa sesungguhnya sosok ahli bela diri ini? Temukan fakta tentangnya di sini!

1. Tokoh karangan!

Chen Zhen merupakan tokoh yang berasal dari film Fist of Fury, yang ditulis oleh Ni Kuang dan diperankan oleh Bruce Lee!

2. Murid tokoh sungguhan!

Meskipun Chen merupakan tokoh fiksi, sosok gurunya, Huo Yuanjia merupakan seorang ahli kung fu di dunia nyata! Sosoknya pun juga pernah diabadikan oleh Jet Li dalam film Fearless!

3. Berawal dari balas dendam!

Dasar dari kisah legenda Chen hadir ketika ia menyadari gurunya diracuni oleh rival-rivalnya dari dojo Jepang di Hongkou, Shanghai. Tindakan balas dendamnya yang brutal dan penuh dengan tangan kosong menjadi legendaris sepanjang sejarah film Tiongkok!

4. Kalimat paling ikonik!

Di sepanjang sejarah karier Bruce Lee, salah satu kutipan paling ikonik hadir dalam film ini, di mana Chen dengan berang membantah, "Orang Tiongkok bukan Orang Sakit Dari Asia Timur!"

5. Versi Jet Li agak beda!

Nah, Chen yang diperankan oleh Jet Li justru mengadaptasi film aslinya lebih lepas. Dalam film ini, sosok Chen berhasil kabur dari Shanghai setelah membalaskan dendam kematian gurunya!

Beda dengan film versi Bruce Lee, di mana Chen versi Bruce Lee kemungkinan besar terbunuh setelah film berakhir. 

Baca Juga: 10 Fakta Ip Man yang Sesungguhnya, Sang Guru Wing Chun Bruce Lee!

6. Ada sekuel langsungnya!

Sama seperti film pertamanya, Lo Wei juga menyutradarai New Fist of Fury dan membawa Jackie Chan untuk membintangi film tersebut sebagai Lung, sosok yang akan meneruskan Chen pasca akhir film pertamanya!

7. Guru sekaligus murid!

Menariknya, Jet Li pernah memerankan sang guru Huo Yuanjia sekaligus Chen Zhen dalam dua film yang berbeda, dan jadi satu-satunya aktor yang pernah mendapatkan kesempatan itu!

8. Kembali dalam wujud Donnie!

Donnie Yen menjadi aktor pertama yang memerankan Chen dalam dua versi adaptasi Fist of Fury. Yang satu merupakan serial televisi di tahun 1995, dan yang satu lagi adalah Legend of the Fist: The Return of Chen Zhen di tahun 2010!

9. Dibintangi 7 aktor!

Hingga saat ini, Chen telah diperankan oleh tujuh orang aktor yakni Bruce Lee (1972), Bruce Leung (1981, 1982, 2001), Jet Li (1994), Donnie Yen (1995, 2010), Wu Yue (2001), Tsui Siu-lung (2004), dan Jordan Chan (2008)!

10. Pakaian khasnya!

Sosok Chen Zhen terkenal menggunakan pakaian baju Mao putih dan senjata nunchaku, yang kemudian dihidupkan kembali oleh Donnie Yen di tahun 2010!

Apa pendapatmu tentang tokoh fiktif Chen Zhen dan gurunya di dunia nyata, Huo Yuanjia? Sampaikan opinimu terhadap mereka melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Robert Downey Jr., Sang Iron Man di Dunia Film!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU