Teori Angka 4 dan 17 Pengabdi Setan 2, Ini Kata Joko Anwar

Terdapat unsur keagamaannya, lho

Teori Angka 4 dan 17 Pengabdi Setan 2, Ini Kata Joko Anwar

Tak seperti film horor pada umumnya, film Pengabdi Setan 2 memiliki banyak kode serta simbol yang menarik untuk diperbincangkan. Banyak teori yang membuat banyak orang berspekulasi, salah satunya mengenai teori angka 4 dan 17 di film ini.

Berbagai simbol dan kode ini sangat menarik untuk diketahui demi memahami makna film horor ini lebih jauh. Untuk kamu yang penasaran mengenai teori angka 4 dan 17 di Pengabdi Setan 2, ini kata Joko Anwar.

1. Pendapat Joko Anwar mengenai teori angka 4 dan 17 Pengabdi Setan 2

Joko Anwar sempat membuat ciutan di akun Twitter pribadinya mengenai angka 4 dan 17 di film Pengabdi Setan 2. Ia menuliskan "4-17" dalam akun Twitter @jokoanwar.

Seketika, banyak warganet yang membalas ciutan tersebut, hingga salah satu orang memberikan pertanyaan "Matius 4:17 or An-Nisa ayat 17?". Kemudian, Joko Anwar membalasnya dengan, "beda?".

Setelah salah satu orang lainnya membalas dengan kutipan ayat-ayat yang lengkap, Joko Anwar membalasnya dengan, "unlocked". Artinya, kedua ayat-ayat kitab tersebut memiliki kesamaan, yakni tentang taubat serta penghakiman di akhirat.

“29 adalah angka khusus. Begitu juga dengan 4-17. 'Mereka' suka objek. Itu sebabnya dewa mereka selalu tersenyum. Karena mereka mengejek apa yang datang sebelum mereka. Termasuk kitab suci,” tulis Joko Anwar.

2. Makna Angka 4 dan 17 di Pengabdi Setan 2

Teori Angka 4 dan 17 Pengabdi Setan 2, Ini Kata Joko AnwarPengabdi Setan (Rapi Films/Pengabdi Setan)

Berikut ini arti dari Matius 4:17 dan surah An-Nisa ayat 17 secara lengkap:

An-Nisa ayat 17

"Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana."

Matius 4:17 TB

"Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Selain itu, Joko Anwar mengungkapkan bahwa 4-17 adalah bentuk perjanjian yang terjadi setiap 29 tahun sekali tepat sehari sebelum KAA. Para Herosase melakukan tindakan ritual di berbagai tempat salah satunya di Boscha, Bandung. 

“4-17, Perjanjian, Konspirasi? 29 tahun sekali. Kali ini, komuni tidak mendatangkan syarat itu secara alami. Harus ada yang mati. Jumlahnya pasti. 3 lolos di luar kendali. Harus ditarik kembali. Pengabdi Setan 2.” tulis Joko Anwar.

Baca Juga: Kenapa Ustaz di Pengabdi Setan Selalu Kalah? 

3. Beberapa teori populer mengenai angka 4 dan 17 di Pengabdi Setan 2

Teori Angka 4 dan 17 Pengabdi Setan 2, Ini Kata Joko AnwarPengabdi Setan (Rapi Films/Pengabdi Setan)

Selain teori yang dikemukakan Joko Anwar, banyak orang berpendapat mengenai angka 4-17 di film Pengabdi Setan. Berikut ini beberapa teori konspirasinya:

1. Angka 4-17 merujuk pada ayat dalam dua kitab suci yang membicarakan tentang pertaubatan.

2. An-Nisa' dalam bahasa Arab memiliki arti 'perempuan' di bahasa Indonesia. perempuan ini bisa dikaitkan ke sosok Ibu, bisa jadi ini pesan untuk Ibu di dalam film ini.

3. Angka ini merujuk pada sehari sebelum Konferensi Asia Afrika (KAA) yang terjadi pada tanggal 18 April 1955. Sehari sebelum ritual tersebut dilakukan.

Itu dia beberapa teori angka 4 dan 17 di film Pengabdi Setan 2 yang sempat diungkapkan Joko Anwar dan mengundang teori lainnya dari netizen. Bagaimana menurutmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Fakta Toni Pengabdi Setan 2, Anak Kedua Keluarga Suwono

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU