Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juang

Film yang mengingatkan akan perjuangan pahlawan Indonesia.

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juang

Momen yang pas untuk memperkuat kembali rasa cinta terhadap Tanah Air adalah di bulan Agustus. Bulan yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus 1945 ini bisa dimanfaatkan untuk mengenang jasa para pejuang yang telah berhasil membebaskan Indonesia dari masa penjajahan.

Berikut ini disajikan beberapa rekomendasi film tentang pahlawan Indonesia yang bisa kamu tonton untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

1. November 1828 (1979)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Interstudio/ November 1828

November 1928 adalah film garapan sutradara sekaligus penulis naskah Teguh Karya yang dirilis pada tahun 1979. Film ini akan mengingatkan kepada kita mengenai perjuangan yang dilakukan masyarakat Jawa dalam melawan pemerintahan zaman Hindia Belanda.

Film November 1828 ini berhasil meraih sebanyak tujuh Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia 1979 untuk berbagai kategori.

Baca Juga: Rekor Pekan Pertama One Piece Film: Red Lampaui Jujutsu Kaisen Movie?

2. Janur Kuning (1979)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Karyamas Pictures/ Janur Kuning

Masih di tahun yang sama, Janur Kuning adalah film yang menceritakan perjuangan revolusioner di bawah Letnal Soeharto dalam merebut kemerdekaan Indonesia yang diambil pihak sekutu. Peristiwa sejarah yang diangkat adalah Serangan Umum 1 Maret 1949.

Film garapan Alam Surawidjaja ini berhasil masuk nominasi kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Piala Citra.

3. Doea Tanda Mata (1985)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Doea Tanda Mata

Doea Tanda Mata yang dirilis pada 1985 merupakan film bertema pahlawan yang menceritakan rencana pembunuhan terhadap Komisioner Belanda sebagai ajang balas dendam oleh Alex Komang atas kematian temannya.

Film berlatar tahun 1930-an ini berhasil menyabet beberapa penghargaan pada ajang Festival Film Indonesia 1985.

4. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Tjoet Nja' Dhien

Film Tjoet Nja' Dhien digarap oleh sutradara Eros Djarot. Film yang berhasil meraih banyak penghargaan pada ajang Festival Film Indonesia 1988 ini menceritakan biografi seorang pejuang kemerdekaan asal Aceh, yaitu Cut Nyak Dien.

5. Merah Putih (2009)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Merah Putih

Merah Putih adalah film yang berlatar pada tahun 1947. Film ini mengulas peristiwa bersejarah Agresi Militer Belanda 1. Hal menarik dalam proses produksi film ini adalah adanya kolaborasi antara rumah produksi Indonesia dan internasional, tepatnya Hollywood.

6. Soegija (2012)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Soegija

Tayang pada 2012 di bawah arahan Garin Nugroho selama proses syutingnya, film Soegija berkisah tentang seorang uskup pribumi bernama Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ yang bermula sejak awal dia dinobatkan (1940) hingga perang berakhir (1949).

7. Soekarno (2013)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Dapur Film/ Soekarno

Film garapan Dapur Film bertajuk Soekarno yang tayang pada 2013 lalu ini berisi biografi perjalanan hidup tokoh proklamator Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini berhasil meraih penghargaan Film Terpuji pada ajang Festival Film Bandung ke-27 pada tahun 2014.

8. Sang Kiai (2013)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Rapi Films/ Sang Kiai

Disutradarai oleh Rako Prijanto, film Sang Kiai mengisahkan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia bernama Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari, yang juga dikenal sebagai pendiri dari Nahdlatul Ulama. Film yang diperankan oleh Adipati Dolken ini berhasil meraih berbagai penghargaan pada ajang Festival Film Indonesia 2013.

9. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

DIsutradarai oleh Garin Nugroho, film bertajuk Guru Bangsa: Tjokroaminoto mengisahkan perjalanan hidup seorang pahlawan nasional, Tjokroaminoto. Tjokroaminoto dikenal sebagai 'Guru Bangsa' atas dedikasinya yang berhasil menjadi guru bagi pemimpin Indonesia. Sederet artis papan atas ikut berkecimpung dalam syuting film ini, salah satunya Reza Rahardian.

10. Jenderal Soedirman (2015)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Padma Pictures/ Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman mengangkat kisah perjuangan Indonesia pada saat Agresi Militer Belanda II. Jenderal Soedirman merupakan pemimpin perang 'gerilya'. Padahal, saat itu beliau tengah melawan penyakit paru-paru yang dideritanya. Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini tayang pada tahun 2015, tepatnya sepuluh hari setelah peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-70.

11. Battle of Surabaya (2015)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. MSV Pictures/ Battle of Surabaya

Battle of Surabaya menjadi satu-satunya rekomendasi film bertema pahlawan Indonesia yang berupa animasi. Film yang tayang pada 2015 ini berlatar pada tahun 1945, tepatnya pada tragedi 10 November 1945. Animasi 2D ini berhasil memenangkan berbagai penghargaan, di antaranya Best Animation pada ajang Milan International Film Festival 2017, Berlin International Film Festival 2017, dan lain-lain.

12. Kartini (2017)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Legacy Pictures/ Kartini

Hanung Bramantyo kembali menggarap satu film bertema pahlawan Indonesia yang berjudul Kartini. Tayang pada tahun 2017, film ini berisi biografi sosok pejuang emansipasi wanita. Dalam film ini, tokoh Kartini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Film Kartini berhasil meraih penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia 2017.

13. Wage (2017)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Opshid Media/ Wage

Film bertajuk Wage yang tayang pada tahun 2017 ini menceritakan kisah Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni 'Indonesia Raya'. Film yang diproduksi oleh Opshid Media ini tayang bertepatan pada peringatan Sumpah Pemuda.

14. Bumi Manusia (2019)

Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juangdok. Falcon Pictures/ Bumi Manusia

Bumi Manusia adalah film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Film yang menggandeng Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran utama ini mengisahkan sosok Minke yang berkutat dengan kekhawatirannya mengenai kemajuan Eropa dan perjuangan membela Tanah Air, serta hubungan asmaranya dengan Annelies. Film garapan Hanung Bramantyo ini berhasil meraih berbagai penghargaan dalam ajang Festival Film Bandung.

Itulah 14 rekomendasi film pahlawan yang bisa kamu tonton dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dengan harapan, film-film tersebut dapat mengingatkan para penonton akan perjuangan para pahlawan dalam melepaskan Indonesia dari belenggu para penjajah.

Baca Juga: 10 Adegan Menarik di Trailer Kedua Film Mumun

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU