Teori: Siapa Sebenarnya Wisnu Pengabdi Setan 2?

Meski dia baik, ada banyak kejanggalan yang dimilikinya

Teori: Siapa Sebenarnya Wisnu Pengabdi Setan 2?

Wisnu adalah salah satu tokoh film Pengabdi Setan 2 yang ternyata memendam banyak misteri di balik penampilannya. Tidak hanya memilki sisi yang tersembunyi, anak satu ini juga banyak berperan penting dalam keselamatan Rini dan para saudaranya kali ini.

Siapa sebenarnya Wisnu dari Pengabdi Setan 2? Benarkah ia bagian dari sekte kesuburan seperti halnya Ian?

Simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Fakta Raminom Pengabdi Setan, Iblis yang Menyerupai Ibu

1. Dikenal sebagai salah satu tetangga keluarga Rini

Awalnya Wisnu dikenal sebagai salah satu tetangga dekat keluarga Rini.

Wisnu sendiri hanya tinggal bersama ibunya yang tunawicara. Anak itu sempat bercerita pada Rini bahwa awalnya ia dan orang tuanya sempat tinggal di rumah kontrakan sebelum pindah ke rusun.

Akan tetapi, kebakaran telah membakar kediaman lama Wisnu. Ayahnya sendiri rupanya menjadi korban tewas dalam tragedi tersebut karena terkunci di dalamnya. Kejadian itulah yang membuat Wisnu dan ibunya harus pindah ke rusun.

Namun insiden tersebut rupanya berbuntut pada kejadian horor yang sempat dialami Wisnu.

2. Sempat mendapat teror dari arwah ayahnya

Satu-satunya momen horor pribadi yang dialami Wisnu secara mengejutkan hampir sama dengan Rini, yaitu kena teror saat membuang sampah.

Saat itu, Wisnu kebetulan sedang membuang sampah ke cerobong yang memang biasanya digunakan para penghuni sebagai tempat pembuangan akhir di rusun tersebut.

Namun, ia mendengar ada suara ayahnya yang merintih kepanasan dan minta dibukakan pintunya. Saat mencoba melihat ke dalam, Wisnu pun terkagetkan oleh sosok arwah ayahnya yang berteriak minta dibukakan pintu.

Jika dicocokkan dengan cerita Wisnu, penulis curiga kalau sebenarnya bocah itu yang mengunci kamar ayahnya saat kebakaran terjadi sehingga arwahnya sampai menghantui ke rusun tersebut.

Namun keanehan soal Wisnu tersebut tak berhenti sampai di situ.

3. Salah satu dari orang yang beruntung lolos di tragedi lift

Teori: Siapa Sebenarnya Wisnu Pengabdi Setan 2?Para pengguna lift yang panik saat lift akan jatuh ( Dok. Rapi Films / Pengabdi Setan 2 )

Salah satu hal yang membuat Wisnu spesial adalah ia adalah salah satu yang selamat dari tragedi lift.

Ingat, saat itu Wisnu sedang bersama ibunya dan para penghuni lain sedang memakai lift untuk turun.

Toni beruntung karena ditarik keluar oleh Tari yang sedang dikuntit oleh Dino. Sedangkan Wisnu berhasil lolos hidup-hidup karena berhasil keluar sebelum lift jatuh.

Sedangkan Bapak selamat meski harus menderita cedera parah pasca kejadian tersebut.

Jika dilihat lagi, yang lolos dalam kejadian tersebut adalah mereka yang punya hubungan dengan sekte penyembah setan.

Bapak diketahui merupakan orang yang berusaha memutuskan perjanjian dengan sekte, Toni adalah anak dari hasil perjanjian tersebut. Bagaimana dengan Wisnu?

Rupanya ia memiliki buku sekte tersebut yang memiliki informasi soal bahasa isyarat rahasia para anggotanya.

4. Berhasil menyelamatkan Rini dan keluarganya dengan mengambil alih komando para anggota sekte dari Ian

Teori: Siapa Sebenarnya Wisnu Pengabdi Setan 2?Rini, Toni dan Wisnu mencari keberadaan Bondi ( Dok. Rapi Films / Pengabdi Setan 2 )

Selain Budiman, tokoh yang paling berjasa dalam film ini adalah Wisnu. Ia sendiri berhasil melakukan hal tersebut berkat buku sekte yang pernah ia baca.

Pada momen klimaks filmnya, Budiman berhasil datang tepat waktu dan menyerang sekte serta menakuti Raminom dengan alat eksekusi para penyihir yang disebut Pear of Anguish.

Ian pun langsung memberi isyarat pada anggota sekte untuk menyerang Budiman. Namun, Wisnu berhasil mengambil alih dan membuat mereka semua berhenti dengan bahasa isyarat rahasia.

Berkat itulah, Budiman berhasil membawa semua orang pergi meninggalkan rusun angker tersebut.

5. Yang lebih aneh, Wisnu mampu menebak nomor sandi koper Bapak dengan tepat

Tidak hanya memiliki pengetahuan soal sekte dari buku yang ia miliki, Wisnu juga secara mengejutkan merupakan karakter yang sangat jenius.

Ia bisa menebak nomor sandi koper Bapak hanya dengan menggunakan pakem "nomor yang paling tak tertebak adalah yang paling sederhana".

Hebatnya, Wisnu bisa membukanya dengan menebak angka nol sebagai kombinasinya.

Melihat latar belakang Bapak sebagai anggota sekte, bisa jadi Wisnu juga punya hubungan yang sama dengan kelompok satu ini melalui buku yang ia miliki.

6. Kesimpulan: Wisnu bisa jadi punya hubungan tertentu dengan sekte kesuburan, namun bukan anggota langsung

Dari beberapa poin di atas, penulis menduga kalau Wisnu aslinya bukan anggota langsung sekte namun terhubung karena orang tuanya adalah pemuja seperti yang dialami Rini.

Hal itu diperkuat dengan kenyataan bahwa arwah ayah Wisnu sempat datang meneror seolah-olah anaknya sendiri yang menguncinya pada saat terjadinya kebakaran.

Bisa jadi, Wisnu membunuh ayahnya karena tahu ia adalah pemuja setan yang memiliki buku sekte. Setelah itu, ia belajar dari buku dan menggunakan pengetahuan bahasa isyaratnya untuk melawan balik sekte yang dikendalikan Ian.

Ini menarik, apalagi Wisnu punya sisi kebalikan dari Ian. Wisnu diketahui adalah anak tunggal sedangkan Ian adalah anak bungsu dari keluarganya yang dirumorkan adalah titisan iblis yang dijemput anggota sekte.

Jadi, ada kemungkinan Wisnu bisa jadi punya peran yang lebih besar jika sekuel ketiga Pengabdi Setan dirilis.

Itulah pembahasan mengenai siapa sebenarnya Wisnu di Pengabdi Setan 2.

Bagaimana pendapat kalian? Jangan lupa tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 6 Fakta Ayu Laksmi, Sang Ibu Pengabdi Setan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU