Rayakan Kemerdekaan, Ini 10 Film Tentang Perjuangan Indonesia!

Dari pertempuran sampai olahraga!

Rayakan Kemerdekaan, Ini 10 Film Tentang Perjuangan Indonesia!

Ada beragam film tentang perjuangan Indonesia yang tentunya bisa jadi bahan tontonanmu sekalian merayakan Hari Kemerdekaan. Penasaran apa saja filmnya? Temukan judul-judulnya di sini!

1. 3 Srikandi

Film yang dibintangi Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari, Tara Basro, dan Reza Rahadian ini membawa tema olahraga, yakni panahan yang menjadi simbol perjuangan Indonesia di dalam kancah internasional!

2. Garuda di Dadaku

Salah satu yang paling beresonansi dengan masyarakan Indonesia adalah sepakbola, dan film Garuda di Dadaku menyalakan kembali semangat nasionalisme tersebut melalui perjalanan seorang anak dalam menggapai impiannya!

3. Enam Djam di Jogja

Film ini bercerita tentang Serangan Umum pasukan Indonesia ke Yogyakarta tahun 1949 melawan Belanda yang membonceng sekutu. Uniknya, Enam Djam di Jogja rilis dua tahun setelah kejadian tersebut.

4. Surat Dari Praha

Surat dari Praha berbicara tentang Peristiwa 1965 saat banyak mahasiswa yang dikirim Soekarno kuliah di luar negeri tidak bisa kembali ke Indonesia. Dalam film ini, tentunya makna kemerdekaan dan perjuangan Indonesiapun kembali diteliti ulang!

5. Nagabonar

Kisah komedi menyentil tentang perjuangan kemerdekaan Nagabonar lahir kembali dalam judul Naga Bonar Reborn. Tentunya ia masih bercerita tentang seorang pencopet yang sering keluar-masuk penjara melawan Belanda!

Baca Juga: Gagal Lanjut, Ini 6 Cinematic Universe yang Gagal Dalam Sejarah Film!

6. Battle of Surabaya

Film animasi yang satu ini bercerita tentang tragedi pertempuran di Surabaya, yang monumental di tengah perjuangan masyarakat Indonesia dalam menjunjung kemerdekaan mereka!

7. Tjoet Nja’ Dhien

Film karya sutradara terkenal Eros Djarot inipun membingkai sesosok pahlawan Cut Nya Dhien dalam sebuah film yang dramatis yang bercerita tentang ketangguhan Aceh dalam menghadapi para penjajah!

8. Soegija

Film ini berkisah tentang tokoh Albertus Soegijapranata, uskup pribumi pertama di Indonesia, dan mengambil sudut pandangnya sepanjang periode pendudukan Belanda hingga agresi Belanda pasca kemerdekaan!

9. Merah Putih

Film yang satu ini merupakan film bertema perjuangan yang paling lumrah ditemui menjelang tujuhbelasan! Film ini juga merupakan adaptasi dari Air dan Api oleh Andreas Liong dan Ignatius Matulessy tahun 1943!

10. Susi Susanti - Love All

Film biopik tentang salah satu pebulutangkis terpopuler sepanjang masa di Indonesia inipun tentunya bisa dianggap sebagai film perjuangan, apalagi dalam kisah hidupnya sendiri sebagai bagian dari kebanggaan Indonesia!

Apa pendapatmu tentang berbagai film tentang perjuangan Indonesia dalam berbagai macam wujudnya itu? Sampaikan opinimu terhadap mereka melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: Ini 10 Film Horor Dekade 2010-an Terbaik versi Rotten Tomatoes!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU