Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!

Siapa saja tokoh komik DC di film Joker?

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!

Sudah menonton film JokerFilm yang satu ini menyajikan kisah Joker dengan pendekatan unik. Kisah Arthur Fleck mungkin memiliki beberapa unsur dari komik, tapi penyajiannya beda sekali dengan kisah seperti The Killing Joke, yang merupakan komik dengan salah satu kemungkinan masa lalu Joker.

Karenanya, di film Joker ini kebanyakan tokoh yang muncul adalah tokoh baru. Tapi ada enam tokoh yang juga memiliki inkarnasi di komik. Inilah mereka!

1. Joker

Tentu saja, tokoh komik DC yang ada di film Joker ya Joker sendiri. Latar belakangnya memang tidak mirip dengan cerita seperti The Killing Joke... tapi Joker komik sendiri tidak benar-benar ingat masa lalunya. Suatu hari dia mengingat masa lalunya seperti Killing Joke, di hari lain dia mengingatnya berbeda. 

Arthur Fleck sendiri semakin lama sikapnya semakin menakutkan dan tak bisa ditebak, seperti Joker komik. Di akhir film, dia sudah sepenuhnya menjadi Joker. 

2. Thomas Wayne

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!looper.com

Thomas Wayne di film Joker diperankan oleh aktor Brett Cullen. Dia di film ini diceritakan sebagai pria kaya yang juga calon walikota. Arthur Fleck juga sempat mencurigai kalau Thomas adalah ayahnya. 

Di komik Thomas Wayne adalah ayah dari Bruce Wayne, anak yang kemudian menjadi Batman. Hanya saja, di sebagian besar cerita Thomas Wayne biasanya disajikan sebagai pria baik hati, bukan sosok angkuh seperti di Joker. Bahkan di adaptasi Batman Begins pun Thomas adalah orang baik. 

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!

3. Martha Wayne

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!dc.fandom.com

Martha Wayne adalah ibu dari Bruce. Di film Joker, dia diperankan oleh Carrie Louise Petrello. 

Sementara Thomas cukup disorot di sepanjang film, sampai dia terasa seperti antagonis utama Arthur Fleck, Martha hanya muncul sebentar saja. Karenanya, tidak diketahui seperti apa perbedaan sifat Martha ini dengan Martha komik. 

4. Bruce Wayne

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!popsugar.com

Selain ayah dan ibunya, Bruce sendiri tampil di film Joker. Dia bahkan sempat berhadapan langsung dengan Arthur Fleck. 

Bruce yang muncul di film ini diperankan Dante Pereira-Olson. Jangankan menjadi Batman, sepanjang film Bruce masih kecil. 

Uniknya, sementara film Joker menyajikan asal-usul sang badut, bagian akhir film ini menunjukkan awal perjalanan Bruce menjadi Batman juga. 

5. Alfred Pennyworth

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!comicbook.com

Alfred Pennyworth, pelayan setia Bruce, hadir juga di film ini. Alfred yang ini diperankan oleh aktor Douglas Hodge. 

Alfred bahkan sempat berhadapan dengan Arthur, dan akhirnya memancing amarah Arthur dalam konfrontasi singkat mereka. 

6. Debra Kane

Didominasi Keluarga Wayne, Ini 6 Tokoh Komik DC di Film Joker!whatculture.com

Debra Kane adalah psikiater untuk Joker. Namanya hanya bisa kamu ketahui kalau kamu teliti mengamati name tag wanita ini. 

Di komik Batman: The Ultimate Evil, Debra Kane adalah nama dari pekerja sosial yang membantu Bruce Wayne. Di film, Debra justru menjadi sosok yang sempat menangani Joker. 

Tentu saja ada perbedaan penampilan antara Debra Kane film dengan komik. Debra Kane di film adalah wanita kulit hitam, diperankan aktris Sharon Washington. Debra Kane di Ultimate Evil adalah wanita kulit putih, yang rambutnya seperti keperakan. 

Itulah enam tokoh komik DC di film Joker. Layaknya komik Elseworld, lini komik DC yang menceritakan dunia alternatif, tokoh-tokoh ini pun memiliki sifat dan penampilan beda dari komik. Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: Joker Jadi Film dengan Peluncuran Terlaris di Bulan Oktober!

Artikel terkait

Latest