6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter Lain

Ada yang gabung dengan fusion, ada yang pakai metode lain

6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter Lain

Tak cuma Goku dan Vegeta, ternyata banyak musuh Goku di serial Dragon Ball yang juga semakin kuat setelah bergabung!

Bukan, bergabung yang dimaksud di sini bukan bergabung membentuk aliansi. Mereka antara fusion atau menyerap karakter tersebut. 

Siapa saja? Yuk simak daftarnya dalam artikel berikut ini!

1. Kefla

Kefla adalah salah satu karakter yang baru muncul di serial Dragon Ball Super dan pertama kali berhadapan dengan Goku di Tournament of Power yang mempertaruhkan keberlangsungan alam semesta. 

Kefla ini merupakan hasil gabungan Kale dan Caulifla menggunakan anting Potara. Hasilnya? Kefla yang berkepribadian Caulifla dengan kekuatan Super Saiyan Legendaris milik Kale!

Meski benar-benar bertambah kuat, pada akhirnya di anime Kefla ini dikalahkan oleh Goku yang menggunakan Ultra Instinct (Sign).

2. Fused Zamasu

6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter LainFused Zamasu di anime. (Toei Animation/Dragon Ball Super)

Fused Zamasu adalah hasil penggabungan lain yang menggunakan anting Potara antara Goku Black (Zamasu dengan tubuh Goku) dan Zamasu dari masa depan!

Di animenya, Zamasu dari masa depan merasa butuh untuk bergabung karena ia hampir tersegel oleh teknik Mafuuba yang dulu digunakan untuk menyegel Raja Iblis Piccolo.

Sementara di manga, Zamasu dan Goku Black sama-sama kewalahan menghadapi Goku dan Vegeta sehingga mereka harus bergabung untuk mengalahkan keduanya. Alhasil, Fused Zamasu tercipta!

3. Super Buu

6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter LainSuper Buu di gim Dragon Ball Xenoverse 2. (nintendoeverything.com/Dragon Ball Xenoverse 2)

Dari awal sebenarnya Super Buu memang sudah kuat, tapi ia sempat kewalahan menghadapi Gohan yang kekuatan terpendamnya telah dibangkitkan melalui ritual Kakek Kai.

Sayangnya begitu Super Buu menghisap Gotenks (hasil fusion Goten dan Trunks) serta Piccolo, Super Buu jadi semakin kuat dan Gohan pun kesulitan.

Apalagi begitu Super Buu menghisap Gohan juga, Goku harus bergabung dengan Vegeta terlebih dulu baru ia bisa membalikkan keadaan!

Baca Juga: Dragon Ball The Breakers, Game Dragon Ball Dengan Genre Berbeda!

4. Perfect Cell

Berikutnya adalah Perfect Cell, yaitu wujud Cell setelah berhasil menghisap Android 17 dan Android 18!

Kalian tentu ingat, kekuatan tertinggi Cell hanya bisa ia capai setelah bergabung dengan (atau tepatnya menghisap) si kembar Android 17 dan 18.

Satu-satunya yang bisa mengalahkan Cell hanyalah kekuatan serangan Father-Son Kamehamehaitupun setelah Cell dialihkan perhatiannya oleh Vegeta!

5. Super 17

6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter LainSuper 17 dari gim Dragon Ball Xenoverse 2. (dragonball.fandom.com)

Kalau kalian mengikuti serial Dragon Ball GT, tentu kalian ingat akan musuh kuat yang satu ini.

Super 17 adalah hasil gabungan Android 17 dengan Hell Fighter 17, mesin mutan ciptaan Dr. Gero dan Dr. Myuu yang memang dibuat untuk bergabung dengan Android 17.

Hell Fighter 17 ini bisa dibilang cukup lemah, terlihat dari pertarungannya dengan Vegeta yang berat sebelah. Namun begitu ia bergabung dengan Android 17 yang sudah dicuci otak, Super 17 jadi musuh yang berat bagi Goku dan yang lain!

6. Moro

6 Musuh Goku Ini Lebih Kuat Setelah Gabung dengan Karakter LainMoro dari manga Dragon Ball Super. (mangaplus.shueisha.co.jp/Dragon Ball Super)

Belum lama ini muncul di manga Dragon Ball Super, Moro adalah antagonis yang sangat merepotkan Goku karena ia menggunakan sihir sebagai kekuatan utamanya.

Beruntung, teknik baru Vegeta berhasil melemahkan Moro dengan melepaskan energi kehidupan yang ia hisap.

Sayangnya, di saat-saat terakhir Moro masih sempat bangkit dan menyerap Seven-Three sehingga tak cuma kekuatan fisiknya yang kembali, teknik copy Seven-Three pun turut menjadi bagian dari kemampuan Moro!

Itu dia 6 musuh Goku yang jadi kuat setelah bergabung! Mana yang paling keren menurut kalian? Apakah masih ada yang terlewat dan belum masuk daftar ini?

Coba sampaikan tanggapan kalian di kolom komentar di bawah ini ya!

Baca Juga: Pembahasan Dragon Ball Super 78: Ada Lagi Petarung Terkuat di Semesta?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU