Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!

Mereka juga punya kerja!

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!

Ternyata kelompok petarung di Dragon Ball juga punya pekerjaan jika sedang tidak menyelamatkan dunia! Apa saja pekerjaan mereka? Simak daftarnya dalam artikel berikut ini!

1. Goku - Petani

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!ani-game.com

Setelah kekalahan Buu, Goku tampak bekerja sebagai petani sejak awal episode Dragon Ball Super.

Mau bagaimana? Chi-Chi menyuruh Goku untuk mencari uang demi masa depan anak-anaknya!

Sayangnya Goku tak begitu menyukai pekerjaannya, sering meninggalkan sawah untuk berlatih tarung. Namun sejak Mr. Satan memberinya uang yang banyak, Goku akhirnya diijinkan Chi-Chi meninggalkan pekerjaannya untuk berlatih!

Jangan jadi ayah seperti Goku, ya!

2. Krillin - Polisi

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!comicbook.com

Di era Dragon Ball Super Krillin sempat mengambil pekerjaan sebagai Polisi!

Tentu saja sebagai manusia bumi terkuat (tanpa menghitung alien seperti Goku dan android), Krillin sanggup melaksanakan pekerjaannya dengan sangat baik. Menangkap perampok jadi sangat mudah dengan kekuatannya!

Belum diketahui apakah Krillin masih bekerja sebagai Polisi, tapi setidaknya di era Dragon Ball GT Krillin sepertinya sudah pensiun!

3. Gohan - Pelajar dan peneliti

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!cbr.com

Di antara para petarung Dragon Ball, Gohan kemungkinan adalah petarung yang paling cerdas hingga berhasil bersekolah sampai sarjana.

Sedari kecil, sang Ibu memang bercita-cita menyekolahkan Gohan setinggi-tingginya hingga Sarjana. Chi-Chi agak tak suka Gohan mengambil jalur ahli bela diri, jadi Chi-Chi mempengaruhi anaknya untuk jadi pelajar!

Pada akhirnya di Dragon Ball GT Son Gohan berhasil menggapai cita-citanya dan menjadi peneliti di Capsule Corporation, perusahaan milik Bulma!

4. Tien - Guru beladiri

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!dragonball.fandom.com

Di anime Dragon Ball Super Tien Shinhan dan Chiaotzu diperlihatkan membuka sekolah Bela Diri yang dinamai Tien-Shin Style Dojo.

Dojo milik Tien Shinhan ini dikelilingi pegunungan. Meski Tien Shinhan adalah guru utama dari dojo tersebut, Roshi kadang-kadang datang untuk memberi petuah sebagai guru Bela Diri legendaris.

Satu-satunya murid yang diketahui namanya di sekolah bela diri ini adalah Yurin, mantan rekan seperguruan Tien dan Chiaotzu di Crane School.

5. Android 17 - Park ranger

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!crunchyroll.com/Dragon Ball Super

Setelah pertarungan Cell berakhir, anime Dragon Ball Super memperlihatkan bahwa Android 17 menjalani hidup damai sebagai Park Ranger. 

Namun meski Park Ranger biasanya menjaga hutan, Android 17 tampaknya lebih cocok disebut sebagai penjaga seluruh Pulau Monster.

Android 17 tinggal di pulau tersebut bersama istri dan anaknya, tidak terganggu oleh pertarungan Goku dan yang lain di luar sana sampai akhirnya Goku mengajaknya ikut serta Tournament of Power!

Baca Juga: Secara Tidak Langsung, Dragon Ball Evolution Melahirkan Serial Super!

6. Yamcha - Atlet Bisbol

Di awal anime Dragon Ball Z Yamcha ditunjukkan sempat bergabung dengan tim bisbol bernama "Taitans".

Yamcha sendiri menyebutkan bahwa sebenarnya dia masih sering berlatih, namun kekuatannya ia gunakan untuk bermain bisbol alih-alih untuk bertarung.

Keahlian Yamcha sebagai pemain bisbol ini sempat berguna saat tim Universe 7 dan Universe 6 bertarung Bisbol di anime Dragon Ball Super. Yamcha bahkan mengaku tak akan kalah dari Vegeta dalam hal bisbol!

7. Piccolo - Babysitter

Ini Dia Pekerjaan 7 Karakter Dragon Ball Jika Tak Sedang Bertarung!comicbook.com

Meski bukan pekerjaan resmi dan Piccolo tidak digaji, tapi Piccolo sering bertindak sebagai babysitter Pan!

Piccolo sering diminta Videl dan Gohan untuk membantu mereka, sebagai ganti Piccolo ikut makan di tempat mereka.

Lucunya, Piccolo tampak lebih ahli dalam hal menjaga bayi daripada Goku, kakek kandung Pan sendiri. Piccolo bahkan sempat mengajari Chi-Chi dan Goku apa-apa yang harus mereka perhatikan untuk Pan!

Itu dia pekerjaan yang dilakukan 7 karakter Dragon Ball saat mereka sedang tidak berkelahi! Apakah masih ada yang belum disebutkan dalam daftar ini? Coba berikan tanggapan kalian di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Pembahasan Manga Dragon Ball Super 59: Ultra Instinct Goku Vs Moro!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU