Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Superman adalah pahlawan terkuat DC Comics di Bumi. Kalau dia ngamuk dan jadi jahat, siapa yang bisa menghentikannya? 6 superhero DC ini bisa jadi harapan!

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Sosok paranoid seperti Lex Luthor selalu khawatir akan ada hari di mana Superman jadi jahat.

Masalahnya, paranoia ini bukannya tanpa dasar. Kisah alternatif seperti Injustice: Gods Among Us memperlihatkan apa yang terjadi kalau Superman menjadi jahat. Dia justru jadi lebih buruk dari kebanyakan penjahat super.

Misalkan Superman ngamuk, adakah superhero DC yang bisa menghentikannya? Sebenarnya ada.

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Mau di komik maupun di film, Batman biasanya diperlihatkan sudah menganalisis kelemahan Superman. Dia juga biasanya diperlihatkan memiliki cincin Kryptonite yang bisa membantunya menangani Superman bila dibutuhkan.

Kalau Superman ngamuk karena dikendalikan pikirannya, Batman adalah superhero DC yang bisa jadi andalan untuk menyusun taktik membebaskannya. Ia pernah melakukan ini dulu di Batman: Hush.

Kalau Superman masih punya keraguan di hatinya, Batman juga bisa mengalahkannya dalam duel. Ini terlihat di film Batman v Superman serta komik The Dark Knight Returns.

Tapi kalau Superman sudah benar-benar kehilangan nurani seperti di Injustice? Itu sih Batman butuh bantuan superhero DC lain di daftar ini.

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Dalam kebanyakan inkarnasi Justice League, Wonder Woman biasanya adalah superhero terkuat di liga di bawah Superman.

Kekuatan supernya dipadukan teknik bertarung Amazonnya berpotensi untuk mengalahkan Superman bila Wonder Woman memutuskan bertarung serius. Beberapa kisah DC, seperti Kingdom Come, juga memperlihatkan Wonder Woman memiliki pedang yang mampu menggores tubuh tak terkalahkan Superman.


Superhero DC lain yang bisa membantu menahan Superman jika Superman ngamuk dapat dibaca di halaman kedua!

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Di Kingdom Come, Superman tua begitu digdaya. Ia baru benar-benar terluka saat dia menghadapi Captain Marvel, alias Shazam, di pertempuran klimaks.

Tak mengherankan sebenarnya. Pada dasarnya, Shazam memiliki set kekuatan Superman, termasuk bisa terbang, tubuh yang sulit sekali dilukai, serta kekuatan yang menakjubkan.

Sudah begitu, Shazam juga bisa mengeluarkan petir sihir. Sihir sendiri adalah kelemahan Supes, jadi superhero DC ini benar-benar bisa mengalahkan Superman dalam duel.

Biasanya, hambatan terbesar Shazam untuk situasi seperti ini adalah... pada dasarnya dia ini anak kecil di tubuh orang dewasa. Walau dia memiliki kebijaksanaan Solomon, Shazam kadang melakukan kesalahan yang bisa dimanfaatkan musuhnya.

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Pada dasarnya, Green Lantern adalah superheroyang memegang senjata terkuat di semesta DC.

Cincin Green Lantern dapat menciptakan bentuk apapun yang diinginkan pemiliknya. Cincin ini memang memiliki energi yang terbatas, dan penggunanya wajib memiliki kekuatan tekad luar biasa.

Namun siapa pun yang sudah jadi bagian dari Green Lantern Corps toh sudah dipastikan memiliki kekuatan tekad besar juga.

Green Lantern mungkin masih membutuhkan bantuan, namun mereka dapat dipercaya untuk membantu melumpuhkan Superman jika Superman ngamuk.

Bahkan, melihat apa yang terjadi ke Superboy Prime dulu, Green Lantern Corps juga dapat memastikan Superman terkurung dengan aman bila ia harus ditahan.


Superhero DC lain yang bisa menahan Superman jika Superman ngamuk dapat kamu cek di halaman ketiga!

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Sebagai sesama Kryptonian yang mendapat kekuatan dari matahari kuning, Supergirl pada dasarnya memiliki set kekuatan yang sama dengan sepupunya.

Selain itu, faktor hubungan keluarga ini juga seharusnya bisa dimanfaatkan Kara Zor-El untuk menyadarkan sepupunya jika Superman mulai mengamuk.

Karenanya, dia termasuk superhero DC yang bisa diandalkan jika Superman lepas kendali. Dia bahkan bisa dijadikan pengganti bila Superman harus ditahan.

Kalau Superman Ngamuk, 6 Superhero DC Ini Bisa Menghentikannya!

Bila tidak ada Kryptonite, sihir sering dianggap sebagai kelemahan lain Superman.

Doctor Fate ini adalah ahli sihirnya DC Comics. Kemampuannya begitu banyak dan dahsyat, hingga bila diperlukan dia bisa saja menggunakan sihirnya untuk menahan Superman.

Memang, tidak bisa dipastikan kalau Fate bisa seratus persen mengalahkan Superman. Apa lagi Superman kadang diperlihatkan memiliki kekuatan di luar nalar, terutama saat ia jadi jahat.

Namun dia ini adalah harapan terbesar para superhero jika situasi seperti itu terjadi.


Itulah enam superhero DC yang bisa menghentikan Superman jika Superman ngamuk. Menurutmu gimana? Adakah nama lain yang harusnya ada di daftar? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

Latest