Tukang Ledeng VS Landak Biru! Film Dokumenter Console Wars Akan Rilis

Console Wars kenang perseteruan antara Nintendo dan Sega

Tukang Ledeng VS Landak Biru! Film Dokumenter Console Wars Akan Rilis

Peraingan di dunia video game zaman dulu berbeda jauh dengan sekarang. Jika saat ini ada tiga raksasa yang saling berebut player base, maka di era 80-90an hanya ada dua pemain besar: Nintendo dan Sega.

Setelah krisis video game Amerika di tahun 80an, dua perusahaan asal Jepang ini hadir dan saling mendikte arah masa depan teknologi dan tren video game. Penasaran seperti apa persaingan antara keduanya? Kamu bisa menyaksikannya lewat film dokumenter berjudul Console Wars.

1. Diadaptasi dari buku berjudul sama

Film dokumenter Console Wars didaptasi dari buku berjudul sama karangan Blake J. Harris. Buku yang menceritakan persaingan Nintendo melawan Sega di Amerika ini menarik perhatian sineas Seth Rogen dan Evan Goldberg yang ingin menyadur Console Wars ke layar lebar.

Meskipun saat ini belum ada kabar lebih lanjut seputar adaptasi film Console Wars, Rogen, Goldberg, dan Harris yang ditemani sutradara Jonah Tulis memutuskan untuk membuat film dokumenter-nya terlebih dahulu. Film dokumenter yang diproduseri oleh tim The Gamechangers (serial BBC bertema Grand Theft Auto) ini menjadi salah satu partisipan festival film SXSW 2020.

Baca Juga: 10 Karakter Video Game Ikonik Ini Lebih Terkenal dari Artis Kelas Atas!

2. SNES VS Genesis

Buku Console Wars mengambil sudut pandang dari sosok Tom Kalinske, CEO Sega Amerika yang diminta untuk menyelamatkan perusahaan dari gerusan Nintendo yang mendominasi lewat game Mario dan konsol SNES-nya. Di tangan Kalinske, ia mengubah Sega menjadi perusahaan game yang edgy berkat konsol Genesis, Sonic the Hedgehog, dan berbagai game yang lebih appealing ke gamer remaja dan dewasa.

Namun dalam film dokumenter Console Wars, seluruh pelaku dalam perang konsol Amerika mendapatkan porsi seimbang. Kita bisa melihat secara berimbang bagaimana Nintendo dan Sega menghadapi persaingan konsol 16-bit yang sangat ketat di tahun 90an, dari para pelaku yang terlibat langsung.

3. Dituturkan oleh pelaku utama industri video game

Tentunya sebuah film dokumenter tidak akan lengkap tanpa kesaksian dari para pihak yang terlibat. Selain menampilkan Tom Kalinske, Console Wars juga akan menghadirkan sosok Shinobu Toyoda (COO Sega), Ellen Beth Van Buskirk (Marketing Sega), Steve Race (presiden SCEA), Howard Lincoln (direktur Nintendo Amerika), Howard Phillips (produser eksekutif Nintendo Amerika), dan masih banyak lagi.

Dokumenter Console Wars akan dirilis tanggal 23 September di CBS All Access.

Baca Juga: 7 Selebriti yang Terlibat Dalam Produksi Video Game

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU