Inilah Dia Daftar Film Yang Tayang di Japanese Film Festival Indonesia 2017!

Bagi kamu yang suka film Jepang, cek artikel ini untuk melihat film apa saja yang akan tayang di Japanese Film Festival Indonesia 2017

Inilah Dia Daftar Film Yang Tayang di Japanese Film Festival Indonesia 2017!

Inilah Dia Daftar Film Yang Tayang di Japanese Film Festival Indonesia 2017!

Acara wajib untuk para penggemar film Jepang bernama Japanese Film Festival 2017 ini hadir kembali. Cek artikel ini untuk melihat film apa saja yang akan tayang nanti.

Bagi kamu pecinta film Jepang pastinya tidak ingin melewatkan suatu event bernama Japanese Film Festival Indonesia 2017. Japanese Film Festival (JFF) sendiri merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh the Japan Foundation, Jakarta. Sebelumnya tahun 2015, JFF diselenggarakan oleh Agency for Cultural Affairs of Japan dengan menampilkan 30 film Jepang terbaru termasuk film-film pendek. Menapaki tahun pertama dengan simbol baru, JFF tidak hanya menampilkan film Jepang, namun juga bintang tamu dari Jepang dan acara pendamping lainnya.

[duniaku_baca_juga]

Setelah sukses dengan Japanese Film Festival Indonesia 2016 yang diselenggerakan November 2016, kali ini Japanese Film Festival Indonesia 2017 akan kembali hadir di empat kota besar di Indonesia, yaitu: Denpasar pada 30 September 2017 di Cinemaxx Theater Lippo Mall Kuta, Jakarta pada 2–7 November 2017 di CGV Grand Indonesia, Makassar pada 24–26 November 2017 di Studio XXI Mall Ratu Indah, dan Yogyakarta pada 1–8 Desember 2017.

Berikut daftar film Jepang yang akan ditayangkan di Japanese Film Festival Indonesia 2017:

[page_break no="1" title="Fuchi ni Tatsu (Harmonium)"]

[youtube_embed id="f-ZOcpO2bNc"]

Mengupas kehidupan keluarga kelas menengah di Jepang, Harmonium menawarkan sudut pandang berbeda. Toshio dan isterinya, Akie, menjalani kehidupan keluarga yang hambar. Anak semata wayang mereka, Hotaru, lebih dekat dengan ibunya. Suasana hambar dalam keluarga ini berubah perlahan sejak kehadiran teman lama Toshio, Yasaka.

Yasaka baru saja bebas dari penjara. Ada hal yang membuatnya tinggal dan bekerja di rumah Toshio. Semenjak itu, Yasaka mulai menjadi pusat perhatian di keluarga tersebut. Membantu Akie, melatih Hotaru bermain harmonium, hingga muncul hal-hal yang tidak terduga. Ditambah dengan kemunculan Takashi—yang ternyata adalah anak biologis Yasaka—semakin menambah gejolak di dalam keluarga Toshio.

[page_break no="2" title="Shinobi no Kuni"]

[youtube_embed id="yqtuZPbjizc"]

Diceritakan tentang seorang bernama Mumon, lelaki pemalas dan gemar berburu hadiah untuk isterinya. Terlepas dari itu, ia adalah shinobi terbaik dari Provinsi Iga. Pada suatu hari Mumon membunuh seorang shinobi yang berasal dari klan keluarga dan provinsi berbeda darinya (demi sebuah hadiah).

Mumon tidak menyadari jika aksinya tersebut bisa menimbulkan masalah baru yang memicu pertarungan antara kelompok Shinobi dari Provinsi Iga dengan kelompok Nobukatsu Oda dari Provinsi Ise.

[page_break no="3" title="Yokomichi Yonosuke"]

[youtube_embed id="vHpKWhMWoNA"]

Kisah kehidupan Yonosuke Yokomichi yang meninggalkan Nagasaki untuk berkuliah di Tokyo di akhir tahun ’80-an saat Jepang mengalami awal kesuksesan ekonomi. Meskipun naif dan kurang percaya diri ia memiliki bakat untuk bertemu orang-orang yang tepat dan menarik peluang. Secara perlahan ia pun membangun dirinya.

Yonosuke mulai menikmati hubungan cinta dengan bekas teman sekelas, berpindah-pindah hingga 20 tahun kemudian hinggap di pelukan wanita panggilan kelas atas, sebelum akhirnya menemukan fakta mengejutkan tentang mantan kekasihnya.

[page_break no="4" title="22 Nenme no Kokuhaku: Watashi ga Satsujinhan desu"]

[youtube_embed id="fq6nVQy1xHM"]

Pada tahun 1995, 5 kasus pembunuhan berantai terjadi. Wataru Makimura mengambil alih kasus pembunuhan tersebut dan mencoba menangkap si pembunuh berantai. Karena perangkap pembunuh itu, atasan Wataru Makimura terbunuh. Kasus pembunuhan berantai belum terpecahkan sampai saat ini.

22 tahun sejak saat itu, setelah kasus tersebut ditutup oleh pihak kepolisian, sebuah memoar pembunuhan "Watashi ga Satsujinhan desu" ("I am a Murderer") diterbitkan. Penulis menggambarkan dirinya sebagai pembunuh yang bertanggung jawab atas 5 kasus pembunuhan terpanjang yang tidak terpecahkan. Penulis, Masato Sonezaki, muncul dengan memukau pada konferensi pers penerbitan buku tersebut.

[page_break no="5" title="Oboreru Naifu"]

[youtube_embed id="tXEqldQj0wc"]

Natsume Mochizuki bekerja sebagai model remaja di Tokyo, namun ia harus pindah ke kota asal ayahnya, Ukigumo. Ia dalam kondisi putus asa karena ia tidak bisa melakukan hal yang ia inginkan di Ukigumo.

Suatu hari, dia bertemu dengan Koichiro Hasegawa, penerus keluarga Hasegawa. Keluarga Hasegawa adalah keluarga yang kaya raya dan dihormati di daerah tersebut. Natsume Mochizuki dan Koichiro Hasegawa saling tertarik satu sama lain, namun sesuatu mengubah takdir mereka.

[page_break no="6" title="Sanpo Suru Shinyakusha"]

[youtube_embed id="YN5Des-esA4"]

Tiga alien datang ke Bumi dalam sebuah misi pengintaian untuk persiapan invasi massal. Setelah menguasai tubuh manusia, para “pengunjung” itu merampok hakekat inti dari keberadaan umat manusia itu sendiri—kebaikan, kejahatan, harta benda, keluarga, dan semuanya—menyisakan hanya kehancuran psikologis dan spiritual bagi mereka.

[page_break no="7" title="Hirunaka no Ryuusei"]

[youtube_embed id="Zwi-E10DJ0U"]

Suzume Yosano adalah siswi kelas 1 SMA. Sebelumnya ia tinggal di desa, namun kini ia harus tinggal bersama pamannya di Tokyo karena kedua orangtuanya ditugaskan ke luar negeri. Suzume belum pernah berpacaran, namun ia menyimpan perasaan pada wali kelasnya, Satsuki Shishio. Sementara itu, teman sekelasnya, Daiki Mamura, mulai tertarik pada Suzume.

[page_break no="8" title="Survival Family"]

[youtube_embed id="rHgjhgnPxtE"]

Keluarga Suzuki menghadapi krisis! Saat terbangun di pagi hari, seluruh peralatan listrik tidak berfungsi. Tak hanya peralatan listrik, tetapi juga kereta, mobil, gas, dan sistem air. Tak ada telepon yang bisa digunakan dan tak ada kereta untuk berangkat kerja. Mereka pikir mereka bisa menghadapinya selama satu hari, hingga hari demi hari pun berganti. Akhirnya sang ayah, membuat keputusan seumur hidup: “Kita akan melarikan diri dari Tokyo!”

Adakah masa depan untuk keluarga itu di dunia tanpa listrik?! Dapatkah seorang ayah yang dianggap gagal ini melindungi keluarganya?!

[page_break no="9" title="Honnouji Hotel"]

[youtube_embed id="mJW305CadBg"]

Di Kyoto, Mayuko berdiri di persimpangan jalan dalam hidupnya. Dia mengunjungi Kyoto untuk menemui pacarnya Kyoichi namun mendapati bahwa dia tidak memiliki reservasi di hotel tempat dia tinggal. Kemudian, dia menemukan hotel kuno dan bersejarah—dibangun di atas lokasi tragedi Honnō-ji—yang secara kebetulan memiliki kamar yang tersedia.

Saat menaiki lift ke kamarnya, dia mengonsumsi sepotong Konpeitō (Permen Gula Jepang), dan secara tak terduga mendapati dirinya melintasi waktu ke kuil Honnō-ji pada masa feodal Jepang. Setelah beberapa kali perjalanan melintasi waktu, dia berteman dengan panglima perang Oda Nobunaga, yang ternyata merupakan tokoh sejarah yang terkenal namun tragis.

[page_break no="10" title="ReLIFE"]

[youtube_embed id="QMO1faGtsuY"]

Arata Kaizaki, seorang pria berusia 27 tahun dan seorang pengagguran. Dia berhenti dari pekerjaannya setelah bekerja untuk perusahaan tersebut selama 3 bulan. Arata Kaizaki memutuskan ambil bagian dalam program penelitian "ReLIFE” untuk mengubah kembali hidup dan masa depannya menjadi lebih baik. Dia meminum obat yang membuatnya terlihat 10 tahun lebih muda dan ia kembali bersekolah selama setahun. Di sana, ia jatuh cinta pada siswi SMU Chizuru Hishiro.

[read_more id="338079"]

Masih ada 10 film lagi yang masuk ke jajaran Japanese Film Festival Indonesia 2017. Penasaran apa saja filmnya. Klik halaman berikutnya untuk mencari tahu.

[page_break no="11" title="Ponyo"]

[youtube_embed id="CsR3KVgBzSM"]

Film ini bercerita tentang seorang putri duyung muda, Ponyo, yang melarikan diri dari rumahnya di laut. Dia terdampar di pantai dan diselamatkan oleh Sosuke, anak laki-laki berusia lima tahun yang tinggal di tebing. Namun, mereka harus berpisah karena ayah Ponyo, Fujimoto.

[page_break no="12" title="Asian Three-Fold Mirror 2016: Reflections"]

[youtube_embed id="y1vY8Ige4Ew"]

Proyek The Asian Three-Fold Mirror Project membawa tiga sutradara Asia yang diakui dunia untuk membuat bersama sebuah film omnibus dengan satu tema yang sama. Seri film omnibus pertama “Asian Three Fold Mirror Project 2016: Reflections” mengisahkan sejarah dan kebudayaan di beberapa negara terpilih yang mengangkat titik terang baru.

Di bawah tema “Hidup Bersama di Asia”, kru dan pemain menggalang kekuatan melintasi batas negara untuk menggambarkan kehidupan karakter yang melakukan perjalanan antara Jepang, Kamboja, Filipina, dan Malaysia. Karya ini diharapkan dapat mempersatukan masyarakat di Asia.

[page_break no="13" title="Chibi Maruko-chan: Italy Kara Kita Shounen"]

[youtube_embed id="aJAkmZqOMGQ"]

Enam mahasiswa asing datang mengunjungi kota Shimizu untuk program homestay. Anak-anak hampir tidak dapat menahan rasa ingin tahu mereka dan bahkan orang-orang dewasa sangat bersemangat. Keluarga Maruko menjamu seorang anak laki-laki dari Italia—yang kebetulan naksir padanya!

Dengan mahasiswa dari negara-negara seperti Brasil dan India, anak-anak berada dalam musim panas persahabatan yang tak terlupakan. Mereka saling mengenal masing-masing budaya dan bahkan pergi ke Osaka dan Kyoto untuk menciptakan kenangan baru bersama.

[page_break no="14" title="Good Stripes"]

[youtube_embed id="iD4OLfR_dX4"]

Midori dan Mao telah bersama selama lebih dari empat tahun dan hubungan mereka sekarang menjadi semakin renggang. Midori adalah wanita yang bersemangat dan berjiwa seni sedangkan Mao berasal dari keluarga yang berada.

Di saat keduanya berpikir untuk mengakhiri hubungan mereka, Midori mengetahui bahwa dia tengah hamil! Mereka memutuskan untuk segera menikah dan memulai kehidupan baru yang dengan cepat memperlihatkan dengan jelas perbedaan nilai dan didikan yang mereka anut. Dengan jadwal pernikahan yang semakin mendekat, mereka menggali asal-usul kehidupan pasangan mereka yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

[page_break no="15" title="Goto no Tora-san"]

[youtube_embed id="uD5eruB8KA0"]

Film dokumenter yang memperlihatkan perjalanan 22 tahun sebuah keluarga yang terdiri dari 9 anggota keluarga dan berkecimpung dalam industri pembuatan udon di kepulauan Goto, prefektur Nagasaki. Bapak Toru Inuzuka yang dipanggil Tora-san terkenal sebagai pembuat ‘Udon Goto’ dan garam alami di kepulauan yang jumlah populasinya kian menurun.

Ketujuh anaknya bangun pukul 5 di setiap pagi dan membantunya membuat udon sebelum pergi ke sekolah. Selama membantu membuat udon, jam kerja mereka dicatat untuk uang saku mereka. Pertumbuhan, pernikahan, kelahiran, upacara penyambutan, dan perpisahan… momen-momen bersama keluarga selama 22 tahun.

[page_break no="16" title="Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai"]

[youtube_embed id="CQsS-ekufiM"]

Futaba memiliki sisi lembut dan keras pada dirinya. Ia memiliki seorang putri yang bernama Azumi. Suatu hari, ia mengetahui bahwa hidupnya tidak akan lama lagi. Futaba pun memutuskan untuk melakukan 4 hal sebelum ia meninggal: 1) mencari suaminya yang hilang agar bisa meneruskan usaha pemandian keluarganya; 2) menyiapkan Azumi untuk bisa menjadi mandiri; 3) menemukan pria yang tepat untuk Azumi; dan 4) tentang rahasianya yang tak seorang pun tahu.

[page_break no="17" title="Boku no Ojiisan"]

[youtube_embed id="XmM9pP538o0"]

Yukio Haruyama adalah seorang anak SD. Ia memiliki seorang paman yang bekerja sampingan sebagai pengajar filsafat di sebuah universitas. Pamannya sangat bergantung pada keluarganya.

Suatu hari sang paman pergi ke kencan buta dan jatuh cinta pada seorang wanita cantik bernama Eri Inaba. Wanita itu adalah orang Jepang generasi ke-empat yang tinggal di Hawaii. Tak lama kemudian, Eri kembali ke Hawaii untuk mengambil alih perkebunan kopi peninggalan mendiang neneknya. Yukio dan pamannya pun pergi menyusulnya.

[page_break no="18" title="Tonari no Totoro"]

[youtube_embed id="92a7Hj0ijLs"]

Profesor Tatsuo Kusakabe dan kedua putrinya, Satsuki dan Mei, pindah ke sebuah rumah tua untuk lebih dekat ke rumah sakit di mana ibu mereka, Yasuko, sedang dalam pemulihan dari penyakit yang tak kunjung sembuh. Satsuki dan Mei menjelajahi rumah baru mereka di pedesaan, menemukan roh hutan yang misterius, menyenangkan, dan sangat kuat yang mereka beri nama Totoro, dan membawa mereka pada perjalanan yang luar biasa.

[page_break no="19" title="Mononoke Hime"]

[youtube_embed id="4OiMOHRDs14"]

Berlatar saat zaman feodal Jepang—saat pergolakan antara samurai dan desa terpencil—ada seorang putri muda yang dibesarkan oleh serigala yang hidup untuk melindungi tanah hutan kuno dan mempertahankan hutan dari perambahan manusia yang mengancam keseimbangan alam.

[page_break no="20" title="Nagai Iiwake"]

[youtube_embed id="tO04JS2gWac"]

Sachio Kinugasa adalah seorang penulis terkenal. Istrinya meninggal dalam kecelakaan bus. Meski mereka tidak saling mencintai, Sachio harus bertindak seolah-olah ia patah hati atas kematian istrinya. Sachio kemudian bertemu Yoichi Omiya dan dua anaknya. Mereka juga sedang berduka karena istri Yochi Omiya yang merupakan teman istri Sachio juga meninggal dalam kecelakaan bus yang sama. Tanpa sadar Sachio menawarkan diri untuk merawat dua anak Yochi Omiya.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

Latest