7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggun

Sang profesional fighter!

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggun

Kemunculan superhero Sri Asih dalam layar kaca Indonesia dalam film Sri Asih membuat perfilman Indonesia berada di babak baru dengan tema yang lebih menarik dan variatif, yakni tentang superhero.

Bumilangit Cinematic Universe berhasil memvisualkan superhero perempuan pertama Indonesia yang diadaptasi dari komik karya R.A. Kosasih, Sang Bapak Komik Indonesia.

Dengan pakaian tradisional Indonesia dan kekuatannya yang memukau, kita pasti penasaran dengan sosok Sri Asih. Untuk itu, berikut ini beberapa fakta Sri Asih yang menarik untuk diketahui.

1. Superhero perempuan pertama di Indonesia

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggundok. boombastis

Sri Asih merupakan karakter superhero pertempuan pertama Indonesia yang diciptakan oleh R. A. Kosasih pada tahun 1854. Sri Asih menjadi salah satu superhero perempuan Indonesia yang cukup kuat di Jagat Bumilangit.

Karakter Sri Asih ternyata pernah diangkat ke dalam layar lebar pada tahun 1954, lho. Pada saat itu, sosok Sri Asih diperankan oleh Mimi Mariani.

2. Titisan Dewi Asih

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggundok. Screenplay Bumilangit/ Sri Asih

RA Kosasih, sang pencipta komik membuat karakter Sri Asih yang terinspirasi dari Dewi Sri, seorang Dewi Kesuburan dari cerita rakyat Sunda. Dalam komik, Sri Asih diperankan oleh sosok bernama Nani Wijaya.

Sedangkan dalam versi film, Dewi Asih menitiskan kekuatannya kepada Nani Wijaya, Rengganis, dan Alana yang ada di film Sri Asih.

Nani Wijaya merupakan perempuan dari keluarga terpandang yang bekerja sebagai investigator, ia berkeliling dunia untuk menghentikan segala tindak kriminal. Rengganis merupakan seorang aktivis lingkungan hidup yang sangat gigih berbuat kebaikan.

Selanjutnya, Alana merupakan sosok perempuan yang sering kali dihantui oleh Dewi Api, ia kemudian ingin melawan rasa takutnya tersebut dengan menjadi Sri Asih karena ternyata Alana adalah titisan dari Dewi Asih.

3. Memiliki banyak kekuatan

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggundok. Screenplay Films

Sri Asih memiliki banyak kekuatan sebagai superhero, yakni tenaganya setara dengan 250 pria dewasa, dapat bela diri, bisa terbang, dan dapat memanggil arwah para leluhurnya untuk melipatgandakan diri, ukuran, dan kekuatannya yang lebih sakti.

Ia juga pandai untuk bela diri dan mengendalikan selendang sakti yang dimilikinya. Kekuatannya hanya bisa digunakan untuk kebaikan.

Baca Juga: Review Film Sri Asih: Akting Memukau, Penuh Plot Twist!

4. Sempat terpengaruh Dewi Api

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggundok. Screenplay Films

Sejak kecil, Alana sering kali dihantui oleh sosok Dewi Api di dalam mimpinya. Hingga akhirnya, saat Alana Dewasa, kejadian tersebut tak hanya menjadi mimpi, ia melihat sosok Dewi Api secara langsung.

Saat sudah menampakan diri, Dewi Api sering kali memengaruhi Alana untuk berbuat buruk dan menyalakan emosinya. Dewi Api juga ingin Alana bersekutu dengannya. Namun, Alana melawan rasa takutnya tersebut dengan menjadi Sri Asih, titisan Dewi Asih.

5. Menggunakan kostum tradisional

Dalam versi komik, R. A. Kosasih menggambarkan sosok Sri Asih dengan inspirasi sang Dewi Kesuburan dari Tanah Sunda. Namun, merujuk ke film Sri Asih (2022), sosok Sri Asih berasal dari mitologi Jawa.

Alana berubah menjadi Sri Asih dan bertemu langsung dengan Dewi Asih melalui ritual yang menggunakan bahasa Jawa, lengkap dengan sinden dan alat-alat musik tradisional.

6. Musuh bebuyutan Sri Asih

Siapa sih musuh bebuyutan Sri Asih? Dalam film, musuh Sri Asih merupakan Dewi Api dengan kelima panglimanya yang salah satunya telah melawan Sri Asih, yakni sang Roh Kejahatan.

Dalam komik, Sri Asih memiliki musuh bebuyutan bernama Serigala Hitam dan geng gerombolan Kawa-Kawa. Namun, hal ini belum muncul dalam versi filmnya. Nantikan di film-film Bumilangit Cinematic Universe berikutnya, ya!

7. Diperankan oleh Pevita Pearce

7 Fakta Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Kuat dan Anggundok. Screenplay Bumilangit/ Sri Asih

Karakter Sri Asih dalam film Sri Asih (2022) diperankan oleh bintang film ternama Indonesia, Pevita Pearce. Demi film ini, ia rela untuk belajar bela diri bersama Uwais Team, tim petarung dari Iko Uwais selama 1,5 tahun, lho!

Film ini juga telah melakukan produksi dari tahun 2019, perjuangan Pevita Pearce untuk menjadi karakter Sri Asih ternyata cukup rumit dan panjang. Kita semua patut mengapresiasi kerja kerasnya di film Sri Asih.

Nah, itu dia beberapa fakta Sri Asih, titisan Dewi Asih versi film sekaligus beberapa fakta versi komik yang mungkin belum kamu ketahui. Sangat menarik, bukan?

Baca Juga: 10 Fakta Film Sri Asih, Adisatria Perempuan Pertama Indonesia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU