10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!

KKN di Desa Penari menempati urutan pertama

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!

Bukan rahasia lagi jika horor menjadi salah satu genre film favorit bagi masyarakat Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya film-film horor yang laku keras sejak penayangan perdananya di bioskop.

Yang terbaru, film horor KKN di Desa Penari mencatatkan rekor baru sebagai film dengan paling banyak ditonton sepanjang sejarah perfilman tanah air. Namun ternyata tidak hanya KKN di Desa Penari saja film horor yang sukses meraih banyak penonton. Berikut kami urutkan deretan film horor Indonesia terlaris sepanjang masa.

Data angka-angka ini dari filmindonesia.or.id. Patut diperhatikan juga kalau artikel ditulis pada hari Selasa (24/5/2022). Angka dari KKN di Desa Penari bisa saja akan bertambah lagi dalam hari-hari ke depan. 

1. KKN di Desa Penari (Melampaui 7.777.777 Penonton)

Film horor Indonesia terlaris urutan pertama ditempati oleh film yang sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang, KKN di Desa Penari. Film yang diangkat dari cerita di Twitter itu memecahkan rekor sebagai film dengan penonton terbanyak, melewati Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Yap, ini bukan sekedar film horor terlaris di Indonesia. Ini adalah film terlaris di Indonesia, berdasarkan data jumpah penonton yang disajikan filmindonesia.or.id.

Sesuai cerita originalnya, KKN di Desa Penari mengisahkan sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan KKN di desa angker.

 

2. Pengabdi Setan (4.206.103 Penonton)

Di urutan kedua ada Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar dengan total penonton sebanyak 4.206.103. Film yang dibintangi Tara Basro tersebut memang langsung mencuri perhatian sejak pertama kali tayang pada 2017 lalu. Pengabdi Setan pun tercatat sudah meraih banyak penghargaan bergengsi dan berhasil tayang di beberapa negara lain.

3. Suzanna: Bernapas dalam Kubur (3.346.185 Penonton)

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!Suzanna: Bernapas dalam Kubur (Soraya Intercine Films/ Suzanna: Bernapas dalam Kubur)

Selanjutnya ada film horor yang rilis pada tahun 2018 kemarin, yaitu Suzanna: Bernapas dalam Kubur. Film yang sudah ditonton oleh lebih dari 3 juta orang tersebut menampilkan Luna Maya sebagai pemeran dari aktris legendaris tanah air, Suzanna. Filmnya sendiri berkisah tentang kejadian naas ketika rumah Suzanna dirampok oleh empat orang pria.

4. Danur: I Can See Ghosts (2.736.391 Penonton)

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!Danur: I Can See Ghosts (MD Pictures/ Danur: I Can See Ghosts)

Urutan keempat ditempati oleh Danur: I Can See Ghosts dengan total 2.736.391 penonton sejak pertama kali rilis pada 2017 lalu. Filmnya sendiri berpusat pada tokoh Risa yang diceritakan dapat berkomunikasi dengan hantu. Ketika adiknya menghilang secara misterius, Risa pun meminta bantuan untuk mencari sang adik kepada teman-teman hantunya.

5. Danur 2: Maddah (2.572.871 Penonton)

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!Danur 2: Maddah (MD Pictures/ Danur 2: Maddah)

Tidak hanya sukses dalam film pertamanya, sekuel Danur yang berjudul Maddah juga tercatat mampu mengundang rasa penasaran lebih dari 2 juta penonton. Dirilis setahun setelah film pertama, sekuelnya ini melanjutkan kisah dari Risa bersama teman-teman hantunya. Pada film ini Risa dihadapkan dengan roh jahat berbahaya yang ada di rumah Om nya.

6. Jailangkung (2.550.271 Penonton)

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!faktakah.com

Lalu juga ada Jailangkung yang rilis pada 2017 lalu dengan memiliki total penonton sebanyak 2.550.271. Film yang diproduksi Screenplay Films ini dibintangi oleh aktor-aktor muda tanah air, Jefri Nichol dan Amanda Rawles. Jailangkung sendiri mengisahkan tentang usaha seorang anak dalam mencari tahu misteri sang ayah.

7. Danur 3: Sunyaruri (2.405.523 Penonton)

10 Film Horor Indonesia Terlaris, Ada yang 7 Juta Penonton Lebih!Danur 3: Sunyaruri (MD Pictures/ Danur 3: Sunyaruri)

Film horor Indonesia terlaris selanjutnya kembali diisi oleh Danur yang merilis film ketiganya pada 2019 kemarin. Sebanyak lebih dari 2 juta 400 ribu penonton sudah menyaksikan kelanjutan kisah dari Risa dan teman-teman hantunya tersebut. Filmnya sendiri menceritakan tentang Risa yang memilih menutup mata batinnya sejak memiliki kekasih bernama Dimas.

8. Perempuan Tanah Jahanam (1.795.068 Penonton)

Pada 2019 kemarin, Joko Anwar lagi-lagi berhasil menggarap sebuah film horor yang sudah ditonton oleh 1.795.068. Berjudul Perempuan Tanah Jahanam, film ini langsung menuai pujian banyak pihak setelah penayangan perdananya. Filmnya pun mengisahkan tentang dua wanita yang pergi ke desa terpencil untuk mencari harta warisan.

9. Makmum 2 (1.762.847 Penonton)

Kemudian ada sekuel film Makmum yang rilis pada 2021 kemarin dengan 1.762.847 penonton. Jumlah tersebut cukup mengejutkan karena film Makmum 2 dirilis saat terjadi pandemi Covid-19. Filmnya sendiri mengisahkan kelanjutan kisah Rini di film Makmum pertama yang tayang pada 2019 lalu.

10. Kuntilanak 2 (1.726.570 Penonton)

Film horor Indonesia terlaris urutan ke-10 ditempati oleh Kuntilanak 2 yang dirilis pada 2019 kemarin. Dengan disaksikan oleh sebanyak 1.726.570 penonton, film tersebut mengungguli film pertamanya yang hanya mampu memperoleh 1.236.000 penonton. Filmnya sendiri melanjutkan kisah Dinda yang sebelumnya berhasil lepas dari teror Kuntilanak.

Itulah 10 film horor Indonesia terlaris yang memperoleh jutaan penonton sejak penayangan pertamanya. Dari 10 film diatas, mana menurutmu yang paling seram? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Film Horor Indonesia yang Akan Tayang, Ada Keramat 2

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU