Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!

Tadinya dihadapi Kenshin dalam duel, terus jadi sekutu

Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!

Di manga shonen, memang awam sekutu-sekutu tokoh utama biasanya adalah musuh yang bertobat. Kenshin pun begitu.

Sekutu-sekutu Kenshin yang paling bisa diandalkan dalam pertempuran sebagian besar pernah menjadi musuhnya. Namun karena satu dan lain alasan, mereka bisa membantu Kenshin.

Siapa saja sih musuh Kenshin yang kemudian jadi sekutu kuatnya? Ini lima daftarnya, para petarung kuat yang pernah secara pribadi dilawan Kenshin dan kemudian malah membantunya. 

1. Sanosuke Sagara

Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!gamespot.com

Di awal-awal manga Rurouni Kenshin, Sanosuke sempat disewa untuk melawan Kenshin. 

Kenshin jauh mengungguli Sano, namun Sano menunjukkan kekuatan tekad dan ketangguhannya dengan terus bertahan meski sudah menerima serangan-serangan Kenshin.

Namun pada akhirnya, dalam kekalahannya Sanosuke menyadari pribadi baik Kenshin. Sano pun kemudian jadi sekutu loyal Kenshin. 

Baca Juga: 8 Fakta Yahiko Myojin, Murid Kenshin dan Kaoru Sekaligus!

2. Hajime Saito

Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!Studio Gallop/Rurouni Kenshin

Saito dan Kenshin sudah jadi musuh sebelum Restorasi Meiji. Sementara Saito adalah Shinsengumi, Kenshin adalah pembunuh yang bekerja untuk Isshin Shishi. 

Sebelum Saito dan Kenshin bertarung di dojo Kaoru, pertarungan terakhir mereka adalah di Pertempuran Tobafushimi, sepuluh tahun sebelum cerita dimulai. Tidak diketahui gimana jalannya pertarungan, namun Kenshin dan Saito sama-sama selamat dari pertempuran tersebut. 

Di latar waktu Rurouni Kenshin, Saito pun sempat jadi musuh Kenshin lagi. Ia menghadapi Kenshin dalam duel brutal, di mana Saito bahkan sampai menggunakan sabuk dan kemeja seragamnya sendiri untuk menghadapi Kenshin.

Namun setelah itu, Saito lebih sering berada di sisi Kenshin melawan musuh bersama ketimbang menjadi musuh lagi. Termasuk di alur Hokkaido. 

3. Aoshi Shinomori

Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!kenshin.fandom.com

Sementara Sanosuke hanya perlu dikalahkan sekali untuk menjadi sekutu Kenshin, Aoshi perlu dikalahkan dua kali. 

Namun setelah kekalahan keduanya, di markas Shishio, Aoshi pun benar-benar beralih menjadi sekutu Kenshin. Ia bahkan sempat mencoba melawan Shishio saat para petarung lain sudah tumbang. 

4. Cho Sawagejo

Cho adalah salah satu Juppongatana. Namun dia kemudian beralih bekerja untuk pemerintah.

Yang menarik adalah Cho merupakan anggota murni Juppongatana yang mengunjungi Kenshin dan teman-temannya di akhir alur Kyoto, untuk memberi kabar mengenai nasib Juppongatana lain.

Meskipun sempat dihajar Kenshin, Cho termasuk Juppongatana yang paling pertama beralih bersikap seperti teman. 

Di alur Hokkaido, Cho termasuk Juppongatana yang bertempur di sisi yang sama dengan Kenshin untuk menghadapi ancaman di wilayah tersebut. 

5. Soujiro Seta

Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!Studio Gallop/Rurouni Kenshin

Selain Shishio sendiri, Soujiro adalah anggota lain Juppongatana yang sempat merepotkan Kenshin dalam duel. 

Setelah kalah dari Kenshin, Soujiro menghilang. Namun dia kembali di alur Hokkaido, di mana dia, Anji, Henya, Cho, dan Kamatari termasuk yang direkrut untuk membantu menangani masalah di wilayah tersebut.

Itulah lima musuh Kenshin yang kemudian malah jadi sekutunya. Kita lihat saja apakah anggota Juppongatana yang tersisa akan terus jadi sekutu di Hokkaido, atau mereka malah bakal mengkhianati Kenshin.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 8 Fakta Sanosuke Sagara, Ahli Duel Tangan Kosong di Rurouni Kenshin

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU