Lirik Lagu Rayuan Pulau Kelapa Karya Ismail Marzuki

Lagu nasional tentang kekayaan alam Indonesia.

Lirik Lagu Rayuan Pulau Kelapa Karya Ismail Marzuki

Lagu 'Rayuan Pulau Kelapa' merupakan salah satu karya terpopuler dari seorang komponis Indonesia. Pada masa Pemerintahan Orde Baru, lagu ini selalu digunakan sebagai penutup untuk siaran stasiun televisi Indonesia, yaitu TVRI.

Berikut ini disajikan seputar informasi mengenai pencipta serta lirik lagu 'Rayuan Pulau Kelapa'.

1. Pencipta lagu

'Rayuan Pulau Kelapa' adalah lagu ciptaan seorang komponis Indonesia pada masa kemerdekaan, yaitu Ismail Marzuki. Beliau terkenal dengan lagu-lagu gubahannya yang menunjukkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Ismail Marzuki lahir pada 11 Mei 1914 di Hindia Belanda dan wafat pada 25 Mei 1958. Beliau wafat di umurnya yang ke-44 karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

Karya pertama yang Ismail Marzuki hasilkan yaitu lagu berjudul 'O Sarinah'. Lagu tersebut beliau ciptakan di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Tidak hanya lagu-lagu berbahasa Indonesia, Ismail Marzuki juga mengarang lagu berbahasa Belanda, seperti 'Als de Ovehedeen' dan 'Als't Meis is in de tropen'. Beberapa karyanya yang sangat terkenal di antaranya yaitu 'Gugur Bunga', 'Sepasang Mata Bola', 'Ibu Pertiwi', 'Halo, Halo Bandung', 'Indonesia Pusaka', dan masih banyak lagi.

Atas dedikasinya, nama Ismail Marzuki digunakan untuk menamai pusat seni yang berada di Jakarta, yakni Taman Ismail Marzuki.

2. Lirik lagu

Berikut ini adalah lirik lagu 'Rayuan Pulau Kelapa' karya Ismail Marzuki.

 

Tanah airku Indonesia

Negeri elok amat kucinta

Tanah tumpah darahku yang mulia

Yang kupuja sepanjang masa

 

Tanah airku aman dan makmur

Pulau kelapa yang amat subur

Pulau melati pujaan bangsa

Sejak dulu kala

 

Melambai lambai

Nyiur di pantai

Berbisik bisik

Raja Kelana

 

Memuja pulau

Nan indah permai

Tanah Airku

Indonesia

3. Makna lagu

Lirik lagu karya Ismail Marzuki dengan judul 'Rayuan Pulau Kelapa' mengandung isi mengenai keindahan alam Indonesia. Keindahan tersebut meliputi, pantai, kepulauan, flora, dan lain sebagainya. Lagu ini diciptakan dengan tujuan memupuk rasa cinta kita terhadap Tanah Air Indonesia.

Itulah seputar informasi dan lirik lagu 'Rayuan Pulau Kelapa'. Lagu ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat terhadap Indonesia.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU