Comscore Tracker

Fanatisme dan Kreativitas Tinggi, Inilah 6 Suporter Sepak Bola Terbaik Hingga saat Ini!

Ribut-ribut udah gak zaman gaes, nih contoh 6 suporter sepak bola terbaik yang penuh kreativitas dan sangat fanatik!

Suporter merupakan bagian penting dalam pertandingan sepak bola. Hadirnya ribuan suporter di dalam stadion, mampu membangkitkan semangat juang para pemain di atas lapangan. Tak ubahnya pemain ke-12, mereka terus menyanyikan yel-yel sepanjang 90 menit penuh.

Namun, keberadaan suporter juga kerap menimbulkan masalah. Fanatisme yang berlebihan terhadap klub yang didukung menjadi sebabnya. Kericuhan bahkan sampai mengakibatkan korban meninggal pun bukan menjadi hal baru di dunia sepak bola.

Ulah fans yang sering bikin ribut ini mungkin perlu mencontoh deretan suporter sepak bola terbaik berikut. Mereka tak cuma mendukung klub kesayangannya dengan hadir ke stadion saja, tapi juga memberikan atmosfer penuh tekanan kepada klub lawan.

Koreografi serta banner yang terpampang di dalam stadion menjadi bukti kreativitas mereka. Nah, mana saja suporter sepak bola terbaik?

Hal pertama yang terlintas ketika menyebut suporter sepak bola terbaik tentu saja akan tertuju kepada sekumpulan orang memakai baju warna kuning di Westfalenstadion. Mereka adalah para pendukung Borussia Dortmund.

Untuk bisa merasakan bagaimana fanatisme dibalut kreativitas yang bikin bulu kuduk merinding, coba saja tengok sebuah tribun di Westfalenstadion yang dijuluki Yellow Wall. Di sanalah kamu bisa melihat  25.000 suporter berdiri yang tak henti-henti mengibarkan bendera Dortmund dan menyanyikan yel-yel penyemangat.

Salah satu momen yang paling diingat tentang suporter Borussia Dortmund adalah saat mereka "mengintimidasi" pemain Malaga lewat sebuah banner raksasa.

Zaman dulu, sepak bola Inggris sangat akrab dengan kekerasan. Para suporter yang disebut hooligan ini hobi bikin onar di dalam dan di luar stadion. Untungnya, melalui revolusi di industri sepak bola Inggirs pada era 90-an, perlahan kiprah hooligan ini dibatasi.

Meskipun begitu, tak menyurutkan kreativitas suporter Inggris dalam mendukung klubnya. Salah satu suporter sepak bola terbaik di Inggris adalah Liverpool, atau dikenal dengan sebutan Kopites.

Ya, meski prestasi Liverpool dalam beberapa tahun terakhir tidak bagus-bagus amat, namun tak menghalangi mereka untuk terus bernyanyi You'll Never Walk Alone setiap The Reds bermain.

Masih belum puas? Simak deretan suporter sepak bola yang lebih gila di halaman selanjutnya!

Selain Brazil, Argentina adalah negara paling gila sepak bola di Amerika Selatan. Dari tanah Tango itu jugalah lahir Tuhan sepak bola dalam diri Diego Maradona.

Untuk ukuran fanatisme suporter, Argentina juga punya beberapa suporter militan. Salah satunya adalah suporter Boca Juniors. Bagaimana gilanya pendukung Boca Juniors ini bisa kamu lihat ketika mereka bertanding melawan River Plate dalam tajuk Derby Superclassico.

Suporter sepak bola terbaik selanjutnya adalah Galatasaray. Brutalnya para fan garis keras Galatasaray ini selalu membuat nyali tim lawan ciut.

"Salah satu tempat paling menakutkan yang pernah saya datangi. Atmosfernya bukan main. Para fan melakukan segalanya untuk mengganggu anda. Bus anda akan dipukul-pukul ketika memasuki stadion. Mereka benar-benar mengintimidasi,” ujar Bobby Robson ketika Manchester United berkunjung ke Istanbul.

Ada suporter Indonesia loh di halaman selanjutnya! Siapa ya?

Indonesia juga punya loh suporter sepak bola terbaik yang mungkin patut dicontoh oleh suporter-suporter klub sepak bola lainnya. Mereka adalah suporter PSS Sleman alias Brigata Curva Sud.

Ketika bekunjung ke stadion Maguwoharjo, kamu tak cuma disajikan oleh pertarungan sengit para pemain PSS di atas lapangan, tapi juga bisa menikmati berbagai koreo yang dilakukan oleh Brigata Curva Sud.

Beberapa media asing pun pernah menobatkan Brigata Curva Sud sebagai suporter sepak bola terbaik di Asia.

Jika kamu adalah anak hipster di dunia sepak bola, tentunya St. Pauli adalah klub yang harus masuk dalam radarmu. Klub yang kini berlaga di Liga 2 Jerman ini bisa dibilang sangat unik.

Para suporter St. Pauli tak cuma bertugas mengawal klub kesayangannya saja, mereka juga kerap menyuarakan pesan-pesan sosial seperti menentang rasisme, seksisme, homofobia dan fasisme. St. Pauli dan suporternya juga jadi klub pertama di Jerman yang melarang aliran sayap kanan.

Nah, kalau menurutmu mana suporter sepak bola terbaik?

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek