7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!

Lebih dari sekadar ahli perang!

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!

Berbagai fakta Cao Cao dalam sejarah Tiga Kerajaan punya kisah yang menggambarkan bahwa ia adalah pemimpin yang luar biasa pada masanya, lho! Penasaran apa saja fakta yang mungkin kamu belum tahu ini? Cek aja di sini!

1. Hubungan keluarga dengan Xiahou Dun!

Cao Cao lahir di Qiao di sekitar tahun 155, dengan ayah Cao Song. Berdasarkan rekam sejarahnya, marga Cao Song semula adalah Xiahou, sehingga anaknya memiliki hubungan darah dengan Xiahou Dun!

2. Penguasa di utara!

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!Lilith Games/Rise of Kingdoms

Dari tahun 200 hingga 207, kampanye Cao Cao dalam menguasai teritori Yuan Shao, dan menghabisi klan tersebut membuatnya menguasai seporsi luas tanah Tiongkok di daerah utara!

3. Pendiri faksi Wei

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Di tahun 213, Cao Cao dianugerahkan gelar Bangsawan Wei dari Kaisar Xian hingga diresmikan sebagai Raja Wei di tahun 216. Bersamaan dengan gelar tersebut, ia dianugerahi 10 kota di awal, yang kemudian berkembang!

Baca Juga: 7 Fakta Lu Bu, Prajurit Legendaris Kisah Tiga Kerajaan!

4. Terkenal sebagai penyair!

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!John Woo/Red Cliff

Cao Cao, anaknya Cao Pi, dan Cao Zhi terkenal sebagai Tiga Cao dalam dunia puisi, karena bakat dan pengaruh mereka yang ambil andil dalam mengembangkan puisi gaya Shansui dan Jian'an!

5. Meningkatkan taraf hidup warganya!

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!Anhui TV/Romance of the Three Kingdoms

Ia menemukan solusi agrikultur di tahun 194, ketika wabah belalang mengakibatkan kelaparan besar seantero Tiongkok, ia mengarahkan para pengungsi dan daerah-daerah yang belum terhampar bahaya perang untuk mulai bercocok tanam di Xu hingga Chenliu. Program ini bahkan tidak hanya membantu pasokan makanan untuk militer, namun juga meningkatkan taraf hidup rakyat di bawah kepemimpinannya!

6. Meninggal akibat penyakit

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!cgtn.com

Cao Cao wafat di Luoyang di usianya yang ke-65. Berdasarkan wasiatnya, ia dikuburkan di dekat kuburan filsuf Ximen Bao di Ye tanpa harta karun emas dan giok.

7. Disukseskan oleh Cao Pi

7 Fakta Cao Cao, Penguasa dan Otak Brilian Faksi Wei!Koei Tecmo/Romance of The Three Kingdoms The Legend of CaoCao

Anak tertuanya, Cao Pi meneruskan kekuasaan Cao Cao, dan berhasil melengserkan posisi Kaisar Xian dan mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama negeri Cao Wei. Cao Cao sendiri mendapatkan gelar Kaisar Nenek Moyang Wu dari Wei!

Ada lagi fakta Cao Cao yang tidak kalah menarik di dunia nyata? Sampaikan opinimu terhadap tokoh sejarah tersebut melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Ada Lu Bu, Ini 10 Jenderal Paling Tangguh di Sejarah Tiga Kerajaan!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU