Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Film teror hiu lagi?!

Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Duniaku.net - Rasanya teror hiu putih masih bakal menghantui Hollywood meskipun pamornya sudah jauh menurun. Hal ini terjadi karena genre drama thriller masih menjadi favorit orang-orang. Terutama bagi anak-anak milenial yang tidak menikmati teror Jaws di layar lebar, atau Sharknado. Tentu untuk film yang terakhir kami sama sekali tidak serius.

47 Meters Down: Uncaged tidak tepat disebut sebagai sekuel, pasalnya film ini tidak memiliki hubungan apapun dengan 47 Meters Down. Satu-satunya kesamaan keduanya hanyalah terletak pada lokasi yang sama-sama di Meksiko.

Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Film ini dibuka dengan kisah dua orang kakak beradik beda ibu yang disatukan oleh pernikahan kedua orang tuanya. Mereka berdua adalah Mia (Sophie Nelisse) dan Sasha (Corinne Fox). Mia adalah tipikal gadis remaja yang sulit berteman dengan orang baru, sementara Sasha adalah anak yang mudah bergaul dan mendapatkan teman seumurannya.

Saat berada di sekolah, Mia terkena bully oleh rombongan Catherine (Brec Bassinger). Efeknya, dia semakin membenci tinggal di Meksiko bersama dengan “keluarga” barunya. Mia rupanya terpaksa pindah ke Meksiko karena sang ayah berhasil menemukan sebuah gua kuno di pesisir pantai Meksiko. Gua tersebut merupakan makam suku maya yang terendam laut.

Suatu hari Mia dan Sasha diberi sebuah tiket untuk menikmati atraksi hiu putih melalui lantai kapal. Sayang, keduanya malah mengikuti ajakan Alexa (Brianne Tju) dan Nicole (Sistine Stallone) untuk mendatangi sebuah ke dalam ceruk dalam yang terhubung ke gua kuno.

Keempatnya lantas bersenang-senang di dalam ceruk tersebut, sampai akhirnya timbul pikiran iseng untuk menyelam dan melihat-lihat gua kuno yang merupakan makam suku Maya. Tanpa ragu-ragu keempatnya langsung menggunakan pakaian selam yang memang sengaja ditinggalkan oleh pegawai ayah Mia.

Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Pada awalnya mereka menyelam dengan santai dan penuh perhitungan, tapi karena sebuah insiden kecil mereka akhirnya terkurung di dalam gua bawah air. Celakanya lagi, ternyata mereka bukan cuman berempat di dalam gua tersebut.

Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Seperti biasa 47 Meters Down: Uncaged masih mengandalkan beberapa elemen teror yang biasanya disuguhkan dalam film natural horror yang dipopulerkan oleh Jaws. Bedanya, ketimbang menaruh hiu di lautan luas dan membuat serangan hiu terlihat seperti gacha yang kebetulan ampas, 47 Meters Down: Uncaged meletakkan para hiu dengan manusia di dalam gua tertutup.

Untuk menambah kesan teror, para hiu putih ini digambarkan buta tapi sangat peka terhadap bunyi dan gerakan. Walaupun terdengar keren, tetapi sejatinya kemampuan tersebut sangat tidak konsisten. Terkadang mereka digambarkan memiliki tingkat kepekaan yang sangat tinggi, tetapi terkadang mereka terlihat seperti rabun ayam.

Selain cara memburu mangsa, kamu juga bakal sangat terganggu dengan power level yang mereka miliki. Hewan bawah laut ini digambarkan bisa meruntuhkan langit-langit gua, sehingga pada akhirnya kami tidak bisa membedakan mana hiu mana buldoser.

Walaupun agak menyebalkan, sejatinya 47 Meters Down: Uncaged berhasil menghadirkan teror yang luar biasa menegangkan. Kamu bakal berkali-kali dihadapkan pada situasi yang terlihat menguntungkan, tapi ternyata jauh panggang dari api, alias tidak sesuai harapan. Bahkan ada satu momen di mana filmnya terlihat akan berakhir, tapi ternyata para gadis cantik ini harus berhadapan dengan teror lainnya.

Review 47 Meters Down: Uncaged, Teror Hiu Putih Dalam Gua

Kami tidak bisa berkomentar banyak tentang chemistry para karakter yang ada di film ini. Toh pada akhirnya mereka semua harus berhadapan dengan si hiu putih. Jadi jangankan obrolan membangun karakter, bisa hidup saja mereka sudah bersyukur.

Kalau kamu suka dengan film-film natural horror, maka kamu wajib menonton 47 Meters Down: Uncaged. Film berdurasi 89 menit ini sangat luar biasa dalam urusan menebar teror. Beberapa momen di dalamnya terasa sangat klasik sehingga mudah ditebak. Tapi ini jelas bukan sebuah halangan yang berarti.

Kami bisa memberikan nilai 2,5 dari 5 bintang review untuk 47 Meters Down: Uncaged. Jangan berharap banyak ketika menonton film ini, sebab yang perlu kamu lakukan adalah duduk dan menyaksikan teror hiu putih sepanjang film. Tidak istimewa, tapi sangat menegangkan.

Artikel terkait

Latest