Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!

Banyak musuh Batman yang cocok dapat film sendiri!

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!

Film Joker baru saja dirilis di seluruh dunia. Hasilnya laris manis. Filmnya benar-benar menyajikan masa lalu Joker dengan menarik, namun dengan beberapa misteri yang sengaja dibiarkan tak terjawab biar penonton penasaran. 

Musuh Batman ada banyak. Tentunya bukan Joker saja yang pantas dapat film sendiri. Bila Warner Bros ingin eksperimen lagi setelah Joker sukses, ini tujuh musuh Batman lain yang memiliki karakter menarik buat dijadikan film!

1. Two Face

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!dccomics.com

Two Face adalah salah satu musuh Batman yang punya masa lalu menarik. Tadinya dia adalah seorang jaksa distrik yang merupakan sekutu Batman dan Komisaris Gordon, kemudian dia berubah menjadi Two Face sang penjahat berbahaya. 

Masalah psikologis Two Face dan latar belakangnya yang tragis bisa membuat dia cocok mendapatkan film sendiri. Terutama karena tidak seperti Joker, latar belakang Two Face memang sudah jelas tersaji. 

2. Mr. Freeze

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!dccomics.com

Mr. Freeze disajikan di seri seperti Batman: The Animated Series sebagai penjahat yang malang. Ia menjadi manusia dengan tubuh dingin karena kecelakaan, dan motivasinya berbuat jahat diperlihatkan untuk menolong istrinya. 

Bahkan adaptasi konyol versi Arnold Schwarzenegger di Batman and Robin pun masih memiliki sisi tragis ini. 

Mr. Freeze bisa dengan mudah disajikan di film sebagai anti-hero, yang harus memburu eksekutif korup, namun aksinya memancing perhatian dari penegak hukum seperti Batman. 

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!

3. Penguin

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!dccomics.com

Jangan bayangkan makhluk setengah pinguin di Batman Returns. Penguin di komik adalah seorang bos mafia. Penguin biasanya disajikan sebagai seorang penjahat berkelas dengan pembawaan seperti bangsawan, namun memiliki emosi yang mudah meledak. 

Di komik Joker's Asylum: Penguin, Penguin menghancurkan hidup seorang koki hanya karena Penguin mengira koki itu menertawakannya. Padahal tidak ada bukti si koki memang menertawakan Penguin. 

Bagian awal serial televisi Gotham sukses menyajikan karakter Penguin, yang diperankan aktor Robin Taylor. Jadi rasanya Penguin bisa disajikan juga di layar lebar, di film dengan pendekatan realistis seperti Joker atau The Dark Knight

4. Bane

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!dccomics.com

Bane pernah menjadi penjahat di The Dark Knight Rises serta tukang pukul antagonis di Batman and Robin. Namun potensinya di komik sejauh ini belum terwujud sepenuhnya di kedua versi itu. 

Yang membuat Bane mengerikan adalah dia bukan hanya tangguh, otaknya pun brilian. Alur Knightfall Batman di komik sepenuhnya disusun oleh Bane sendiri, dan akhirnya ia bisa memanfaatkannya untuk mematahkan punggung Batman. 

Bane bisa disajikan sebagai anti-hero yang mencoba bertahan hidup di penjara Pena Duro, atau malah sekalian protagonis jahat yang mencoba mengincar Batman atau tokoh lain. 

5. The Riddler

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!syfy.com

Riddler adalah musuh Batman yang unik. Secara intelektual, ia bisa menandingi Batman. Kelemahan utamanya justru adalah tendensinya untuk meninggalkan teka-teki di lokasi kejahatannya, sehingga Batman justru bisa mencegah atau menangkapnya. 

Di dunia New 52 DC Comics, Riddler bukan lagi penjahat yang diremehkan. Dia adalah penjahat cerdas, karismatik, dan berbahaya. Kisah masa lalu Riddler serta metodenya yang meninggalkan teka-teki bisa menjadikan dia sebagai karakter unik jika kisahnya diadaptasi jadi film. 

6. Ra's al Ghul

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!dccomics.com

Pernah disorot di Batman Begins, Ra's al Ghul juga musuh Batman yang menarik disorot dalam filmnya sendiri. Di komik, dia ini sudah hidup selama ratusan tahun berkat Lazarus Pit yang bisa terus membangkitkan dirinya. 

Hidup ratusan tahun, banyak momen yang bisa dimanfaatkan untuk menyorot kisah Ra's. Bisa dari kisah asal-usulnya hingga dia menemukan Lazarus Pit, atau upayanya untuk melakukan pembersihan di peradaban-peradaban yang dianggapnya tak bisa diselamatkan.   

Batman Begins menyajikan Ra's yang latar belakangnya masih logis. Film solo Ra's bisa menyorot kisah versi komiknya yang fantastis. 

7. Poison Ivy

Selain Joker, Ini 7 Musuh Batman yang Cocok Dapat Film Sendiri Juga!comicbook.com

Sama seperti Mr. Freeze, Ivy adalah karakter yang tersaji dengan kurang oke di Batman and Robin

Yang menarik dari Ivy adalah dia memiliki motivasi melindungi lingkungan yang sebenarnya bisa dimaklumi... kalau saja solusi Ivy bukan memusnahkan manusia untuk melindungi tumbuhannya. 

Namun kadang-kadang, Ivy pun bisa menjadi tokoh baik. Di Dceased misalnya, kemampuan Ivy memanipulasi tumbuhan mampu membantu dia menciptakan tempat aman dari virus zombi. Kepribadian ini membuat Ivy jadi musuh Batman yang menarik dapat film sendiri. 

Itulah tujuh musuh Batman yang cocok mendapat film sendiri, seperti Joker. Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: Ternyata Jared Leto Kesal dengan Kesuksesan Film Joker

Artikel terkait

Latest