9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuat

Cincin Green Lantern itu salah satu senjata terkuat di DC

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuat

Bagi penggemar karakter fiksi dari DC Comics tentu tidak asing lagi dengan pahlawan hijau satu ini. Green Lantern memiliki nama asli Hal Jordan, ia merupakan pahlawan superhero fiksi yang muncul terbitan DC Comics. Karakter Green Lantern ini diciptakan pada tahun 1959 oleh John Broome dan Gil Kane. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang Green Lantern, mari simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Hal Jordan mungkin Green Lantern paling terkenal, tapi bukan dia Green Lantern pertama yang debut di komik

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat KuatGreen Lantern Alan Scott. (Dok. DC Comics/Green Lantern)

Karakter pertama yang bernama Green Lantern adalah Alan Scott.

Dia debut pada All-American Comics #16, tahun 1940.

Alan Scott memakai cincin yang bisa memberi beragam efek, seperti membuat dia terbang dan memunculkan obyek.

Kelemahan cincin Alan Scott adalah tidak bisa mempengaruhi obyek dari kayu. Beda dari cincin Green Lantern milik Green Lantern Corps, yang awalnya punya kelemahan terhadap warna kuning. 

Baca Juga: Banyak Kehilangan Aktornya, Begini Situasi DCEU Saat ini

2. Green Lantern yang terkenal

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat KuatGreen Lantern (DC Comics/ Green Lantern)

Ada banyak orang yang pernah memakai nama Green Lantern.

Ada Alan Scott, sang Green Lantern pertama di komik.

Lalu ada Hal Jordan, salah satu Green Lantern yang paling sering disorot. Ada juga John Stewart dan Kyle Rayner, dua Green Lantern yang pernah jadi anggota Justice League.

Selain Hal, Kyle, dan John, Green Lantern Bumi lain yang menonjol adalah Guy Gardner, Simon Baz, dan Jessica Cruz.

3. Sejarah Green Lantern di seri dan film

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat KuatDok. Warner Bros

Green Lantern memiliki sejarah panjang tampil di animasi.

Hal Jordan tampil di The Superman/Aquaman Hour of Adventure serta Super Friends.

Kalau kamu suka nonton animasi Justice League, Green Lantern John Stewart adalah Green Lantern utama seri itu.

Green Lantern versi Kyle Rayner pernah muncul di Superman: The Animated Series.

Untuk versi film, Ryan Reynolds pernah jadi Hal Jordan di film Green Lantern.

5. Asal Usul Green Lantern

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat KuatDC Comics

Pada miliaran tahun lalu, planet maltur mengalami Over Populasi dari sekelompok makhluk yang berevolusi menjadi lebih abadi dan kuat. Kemudian para immortal bermigrasi dan menetap di sebuah planet Oa, yakni planet yang dekat dengan pusat alam semesta. Kemudian makhluk tersebut mulai menyebut diri mereka sebagai Guardians of The Universe atau sang penjaga alam semesta. 

Sebelumnya para guardian tersebut sempat gagal saat mencoba menciptakan pelindung kosmik, mereka menciptakan Green Lantern Rings guna menemukan orang-orang yang paling berani dan tidak pernah takut di alam semesta. Tujuannya adalah untuk melindungi sektor ruang angkasa dan memberikan mereka kekuatan yang fantastis.

Makhluk tersebut disebut sebagai The Guardian Of The Universe yang menggunakan esensi tekad hijau guna menciptakan pasukan polisi antar galaksi yang disebut sebagai Green Lantern Corps. Kemudian mereka membagi alam semesta menjadi 3600 sektor dimana ada dua Green Lantern per sektornya.

Orang dengan kemauan dan rasa adil yang tinggi serta dapat mengatasi rasa takutnya maka dapat bergabung menjadi anggota Green Lanterns. Saat para Guardian membentuk Green Lantern Corps, awalnya mereka terdiri dari 12 anggota saja, namun kemudian seiring waktu jumlahnya menjadi bertambah.

Bertambahnya anggota tersebut terjadi ketika seorang Lantern bernama Raker Qarrigat menemui Darkseid yakni seorang penguasa planet Apokalips yang gagal dikalahkan. Namun, ketika kembali ke Ia ia meyakinkan para guardians tentang seriusnya ancaman Darkseid dan meminta mereka memperluas persekutuan di seluruh alam semesta.

Kini, Green Lanterns terdiri dari ribuan anggota. Anggota ini siap melindungi berbagai sektor yang diperintahkan oleh para Guardians. 

6. Kemampuan Green Lantern

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuatdccomics.com

Kemampuan atau kekuatan yang dimiliki Green Lantern Crops adalah cincin mereka, Power Ring, dan sebuah lentera yang menjadi pusat energinya.

Dari cincin tersebut mereka bisa menciptakan segala sesuatu sesuai dengan keinginan dan imajinasi mereka sendiri sehingga kekuatan yang tercipta atas kehendaknya. Jadi, semakin kuat tekad dan kehendak mereka maka semakin kuat kekuatan mereka.

7. Kekuatan Green Lantern Alan Scott dari Starheart

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat KuatGreen Lantern Alan Scott. (Dok. DC Comics/Green Lantern)

Sumber kekuatan Green Lantern versi Alan Scott adalah Starheart. 

Meski begitu, terungkap kemudian kalau Starheart merupakan artefak kuno ciptaan Guardians of the Universe. 

8. Green Lantern adalah Gelar

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuatcomicbook.com

Nama Green Lantern diberikan kepada mereka yang memiliki Power Ring dan bagian dari kepolisian intergalaksi, Green Lantern Corps. 

Karenanya karakter seperti Hal Jordan, John Stewart, Kyle Rayner, dan lain-lain ya bisa memiliki gelar Green Lantern setelah mereka memperoleh Power Ring

9. Sejarah Publikasi Green Lantern

9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuatcomicbook.com

  • Pembuatan Di Era Perak

Pada tahun 1956, dalam menghidupkan karakter Era Emas The Flash, editor dari DC Comics menciptakan Green Lantern dari Era emas buku komik, hal ini didasarkan pada kecintaannya di fiksi ilmiah. Editor tersebut bermaksud menunjukkan Green Lantern yang lebih modern. Kemudian karakter tersebut sukses dengan cepat sehingga diputuskan untuk segera showcase dengan seri self-titled.

  • Era 2010-an

Kemudian di acara Blackest Night, Hal Jordan bersekutu dengan Lantern Corps lainnya selama The War Of light. Kemudian Hal Jordan menghadapi banyak musuh. Kemudian black lantern yang tidak mati dibawah Kendali oleh musuh kuno bernama Nekron, yakni musuh Green Lantern Corps.

  • Era New 52

Di tahun 2011 ada acara mengubah alam semesta Flashpoint, kemudian disini DC Comics meluncurkan kembali alur ceritanya secara menyeluruh. Jadi, di era ini Hal Jordan kembali ke bumi sebagai anggota sipil setelah ia diberhentikan dari Angkatan Udara Amerika Serikat. 

Di era ini Hal Jordan juga ditampilkan sebagai bagian dari peluncuran kembali di Justice League. Hal ini terlihat saat Hal Jordan membantu Batman melawan ancaman serius. Disini Hal Jordan juga terlihat sudah berteman dengan berbagai superhero lainnya seperti Barry Allen.

Hal tersebut dipercaya dengan adanya cincin yang dapat mengatasi apapun dengan kekuatan semesta yang ajaib. Hal itu menyebabkan perilaku nekat yang membuatnya hampir saja terbunuh. Ini terlihat saat Batman mengingatkan tentang kefanaannya dengan mengungkapkan cerita aslinya ke Bruce Wayne.

  • Era DC Rebirth

Hal Jordan kemudian kembali ke bumi untuk menugaskan Simon Baz dan Jessica untuk melindungi bumi sementara ia dan Green Lanterns lainnya sedang pergi untuk mengambil tenaga baterai mereka dan menggabungkannya menjadi satu baterai untuk membentuk ikatan mitra lantern.

Itulah sederet fakta Green Lantern, sang pahlawan hijau dari DC. Bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: Setelah The Flash, Ezra Miller Tak Akan Terlibat Projek DCEU Lagi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU