Dengan Penerbit Jepang, Cloudflare Stop Situs Baca Manga Online Ilegal

Pemberi layanan ini pun sempat dituntut ganti rugi!

Dengan Penerbit Jepang, Cloudflare Stop Situs Baca Manga Online Ilegal

Pemberi layanan penyimpanan data Cloudflare berupaya untuk stop situs baca manga online ilegal, setelah mencapai keputusan bersama dengan para produsen manga. Tidak hanya itu, mereka pun sempat dituntut!

1. Keputusan bersama para penerbit besar

Di hari Kamis tanggal 20 Februari lalu, Shuppan Koho Center mengumumkan bahwa penerbit Jepang Kadokawa, Kodansha, Shueisha dan Shogakukan telah mencapai kesepakatan dengan pemberi layanan keamanan jaringan Amerika Cloudflare sedari bulan Juni 2019.

Sebagai penyedia ruang penyimpanan konten, Cloudflare setuju untuk menghentikan penyediaan kontennya dalam server Jepangnya yang berasal dari situs-situs bajakan yang disebutkan, bila pengadilan distrik Tokyo menilainya melanggar hak cipta!

2. Rekap kasus situs bajakan penerus Mangamura!

Dengan Penerbit Jepang, Cloudflare Stop Situs Baca Manga Online Ilegaldramaru.net

Keempat penerbit ini mengisi tuntutan hukum tanggal 4 September 2019 di Pengadilan Distrik Federal New York. Situs-situs penerus Mangamura, sebuah penyedia konten manga ilegal tersebut menggunakan host di Amerika. 

Keempat penerbit itu mengatakan dalam tuntutan hukum mereka bahwa situs-situs yang mereka tuntut dianggap para penerbit ini sebagai penerus dari Mangamura. Situs-situs itu melanggar hak cipta dan memperoleh profit secara ilegal dari komik-komik ilegal tersebut. 

Baca Juga: Benarkah Pembajakan Anime Jadi Alasan Tutupnya Ponimu?

3. Sementara itu, Takeshobo...

Dengan Penerbit Jepang, Cloudflare Stop Situs Baca Manga Online Ilegalcrunchyroll.com/pop-team-epic

Tanggal 6 Januari lalu, layanan berita Kyodo melaporkan bahwa penerbit Takeshobo dan seorang komikus melaporkan sebuah tuntutan terhadap Cloudflare melalui pengadilan distrik Tokyo.

Dengan dasar tuntutan bahwa Cloudflare ikut terlibat dalam penyebaran manga ilegal  dengan menyediakan layanan mereka terlepas dari legalitas situs yang menggunakannya, kedua pihak ini menuntut kerugian yang mereka derita dan juga penarikan semua data manga yang tersimpan dalam server Cloudflare.

Apa pendapatmu tentang tindakan Cloudflare stop situs baca manga online ilegal ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Netflix Ungkap Adaptasi Anime Dari Altered Carbon

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU