10 Kesulitan yang Dialami Oleh Virtual YouTuber, Apalagi yang Lokal!

Setidaknya pasti ada satu masalah di sini!

10 Kesulitan yang Dialami Oleh Virtual YouTuber, Apalagi yang Lokal!

Menjadi sosok entertainer tentunya memiliki beban dan tanggung jawabnya juga, jadi tentu saja ada kesulitan yang dialami oleh Virtual YouTuber dari memulai sampai meneruskan kariernya! Penasaran apa saja? Cek aja di sinI!

1. Provider internet!

Yang paling terutama tentu saja provider internet yang meskipun cukup untuk streaming, tapi belum kerasa banget untuk streaming konsisten. Dari yang paling populer sampai yang baru, ini pasti jadi masalah paling utama yang dibahas!

2. Setup belum cukup!

Bisa jadi kalau internet kamu memadai, perangkatnya belum tentu. Tidak semua VTuber memiliki garis start yang sama dalam perangkat streaming mereka, dari yang punya iPhone XR lengkap sampai stream deck, sampai yang modal laptop dan reactive PNG!

3. Diketok tetangga!

Lingkungan tempat tinggal pun luar biasa berperan di dalam streaming, apalagi bagi teman-teman VTuber yang masih tinggal dengan keluarga sampai level tembok tipis. Tahu-tahu, tetangga sebelah bisa komplain berisik!

4. Masalah privasi!

Privasi juga menjadi salah satu hal utama ketika menjalani kehidupan VTuber, apalagi kalau harus disimpan hati-hati supaya tidak terekspos oleh orang-orang iseng tidak bertanggung jawab!

5. Ekspresi!

Model Live2D dan 3D juga punya masalah dengan ekspresi yang belum memadai. Malah, tidak jarang tahu-tahu modelnya sendiri tidak bisa mengimbangi kemampuan kamera bawaan streamer-nya!

Baca Juga: 10 Fakta Liliana Vampaia, Si VTuber Vampir Dari MyHoloTV!

6. Ide konten!

Tidak jarang, seperti halnya para streamer yang lain, lingkungan VTuber juga bergumul dengan ide konten agar tidak membosankan dan monoton, dan tahu-tahu terjebak mengikuti streamer yang lain yang belum tentu cocok kontennya dengan kepribadian sendiri!

7. Nyambi!

Menetapkan jadwal itu sulit, apalagi berkomitmen dengan jadwalnya. Ada banyak VTuber yang justru menjalani hidupnya tidak dengan full time, sehingga tidak jarang pula bingung mencari jadwal konsisten!

8. Promosi!

Hal inipun dirasakan tentunya tidak hanya VTuber yang berjalan sendiri, tapi juga dirasakan oleh kolektif maupun agensi sekalipun. Mencari dukungan dari sponsor sampai strategi yang tepat untuk meramaikan media sosialnya pun juga merupakan bagian yang tidak bisa diremehkan dari hidup sebagai seorang Virtual YouTuber!

9. Tahan mental!

Tentunya, menjadi VTuber yang sehat musti dibarengi dengan mental yang kuat. Bahkan di lingkungan yang suportif pun, pasti ada saja masalah tidak terduga yang membutuhkan kesabaran talentanya!

10. Mencari arah dan karakter!

Hal ini tentunya paling banyak dirasakan oleh para VTuber ketika mereka baru memulai kariernya, karena memutuskan untuk ikut tren atau mencari identitasnya sendiri terlebih dahulu juga merupakan pilihan yang sulit untuk menjadi komitmen talentanya!

Apa pendapatmu tentang berbagai kesulitan yang dialami oleh Virtual YouTuber sampai level lokal ini? Sampaikan opinimu terhadap mereka melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: Teaser dan Gameplay Hololive ERROR Resmi Diungkap Bareng VTuber-nya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU