Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! 

Sudah terganti Sunny, tapi tetap gak boleh dilupakan! 

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! 

Harus diakui One Piece merupakan salah satu anime atau manga terbaik di dunia. Di dalamnya terdapat cerita yang berat namun dikemas secara ringan oleh Eiichiro Oda selaku pengarang.

Tak hanya itu, di One Piece tidak bersenang-senang semata karena di beberapa momen Oda juga memasukkan jalan cerita yang menyedihkan. Salah satu yang menyedihkan adalah kala Luffy harus membakar kapal kesayangan mereka, Going Merry. Kapal ini adalah kapal awal yang membawa Luffy mengarungi lautan dan merupakan buatan dari rekan Luffy bernama Kaya. Di momen itu Going Merry menyampaikan permintaan maaf karena ia sudah tak sanggup lagi untuk mengarungi lautan.

Nah, sesuai dengan judul, kita bakal membahas mengenai fakta Going Merry yang patut diketahui oleh para fans One Piece, bahkan ada yang Usopp gak tahu. Apa saja kira-kira?

1. Luffy menganggap Going Merry seperti krunya

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! Berbagai sumber

Monkey D Luffy menjadikan Going Merry bukan hanya sebagai alat transportasi saja karena ia juga menganggap kapal tersebut adalah bagian dari krunya. Kapal itu seakan hidup karena memang dengan kapal itulah Luffy bersama rekan-rekannya melewati seluruh rintangan yang ada di lautan.

Bahkan ke pulau langit pun Luffy berhasil sampai dengan Going Merry. Sebagai seorang kapten, sudah sepantasnya Luffy memiliki kursi khusus dong, apalagi para wanita dan awak kapal yang lain juga memiliki tempat masing-masing. Lantas dimanakah Luffy biasanya betah berlama-lama menatap lautan?

Jawabannya adalah di kepala Going Merry. Going Merry punya desain kepala seperti kepala domba yang lucu, bahkan ketika kepala domba itu rusak ketika diserang paus, Luffy langsung menghajar paus tersebut. Kepala ini juga digunakan oleh kapal Mini Merry II. Selama perjalanan, kepala ini banyak berekspresi seperti takut, gembira, bahkan sedih.

2. Perbedaan Going Merry di anime dan manga

Di anime dan manga Going Merry memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam sampul tertentu dari manga, Going Merry diperlihatkan memiliki warna coklat sedangkan di anime, Going Merry diperlihatkan memiliki warna lebih banyak.

Di samping itu, dari segi desain, Going Merry juga berbeda antara manga dengan anime. Di manga, kerusakan yang terjadi di tubuh Going Merry itu terakumulasi mulai dari Grand Line terutama ketika bertemu dengan Wapol, Leboon, dan kabur dari Alabasta. Sedangkan di anime, kerusakan menjadi lebih parah contohnya saat akhir Rainbow Mist. 

3. Momen Going Merry dibakar jadi salah satu momen sedih di One Piece

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! Toei Animation/One Piece

Inilah salah satu hal menyedihkan yang ada di One Piece yaitu ketika Going Merry habis dibakar oleh Luffy. Ya, setelah penyerangan ke Enies Lobby, Going Merry rusak parah hingga pada akhirnya tak bisa berlayar.

Ketika momen ini Going Merry mengatakan bahwa ia sebenarnya ingin berpetualang, tapi karena sudah rusak parah, pada akhirnya ia menyerah. Dengan kepala tegap, kru Topi Jerami kemudian menguburkan Going Merry ala Viking. Ya, Going Merry dibakar oleh Luffy di depan para krunya.

Banyak yang mengklaim bahwa episode ini adalah salah satu episode paling menyedihkan yang ada di One Piece selain kematian Portgas D Ace. Tak bisa melanjutkan, Going Merry akhirnya digantikan oleh kapal baru yang lebih besar dan mewah bernama Thousand Sunny.

4. Kapal kelas Karavel yang bisa berjalan di sungai

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! onepiece-treasurecruise.com

Going Merry adalah kapal kelas Karavel yang dirancang oleh Merry dan diberikan oleh Kaya kepada Luffy usai ia menyelamatkan dirinya. Seiring waktu berlalu, Going Merry diakui dan begitu dicintai para kru Topi Jerami.

Kapal kelas Karavel adalah kapal yang bisa digunakan di laut tapi juga bisa berjalan di sungai. Untuk ukuran bobot, kapal Karavel, termasuk Going Merry memiliki berat dan bobot yang ringan.

Ya, Going Merry bisa berjalan dengan cepat dan lincah karena ringan. Oleh sebab itu, kapal ini lebih disukai oleh para pedagang meskipun hanya mampu muat cargo sedikit, tapi ia bisa bergerak sangat cepat. Tapi karena ringan dan kecil inilah Going Merry tidak bisa menerima banyak kerusakan dan lebih ringkih dibandingkan kapal-kapal lainnya.

5. Semangat Going Merry dilanjutkan Kapal Thousand Sunny

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! Toei Animation/One Piece

Usai dibakar habis oleh Luffy, semangat dari Going Merry sendiri tidaklah hilang begitu saja. Ya, Thousand Sunny yang menjadi suksesornya kemudian didesain oleh Franky untuk memiliki dua kapal kecil bernama Mini Merry II.

Kapal ini muat untuk empat penumpang. Kapal kecil ini sama seperti Going Merry tapi ukurannya saja yang lebih kecil. Mesinnya juga menggunakan mesin uap dengan roda dayung.

Tentu saja Mini Merry II ini adalah hal yang bagus untuk para kru topi jerami karena mereka semua tetap ditemani oleh Going Merry.

6. Sejauh ini, satu-satunya kapal yang menampilkan rohnya di One Piece

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! Klabautermann Going Merry. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Seperti yang saya bilang di atas, Going Merry berkali-kali kerap memperlihatkan ekspresi ketika sedih, senang, dan takut. Ada yang mengatakan Going Merry itu sebenarnya memang hidup dan teori itu diperkuat oleh roh Going Merry yang pernah terlihat.

Roh itu disebut Klabautermann dan pertama kali muncul di Arc Skypiea. Menurut cerita, satu-satunya yang bisa melihat roh Going Merry merupakan Usopp karena Usopp lah yang paling sayang dengannya. Bahkan ketika Going Merry hendak dibakar, Usopp terlibat pertengkaran dengan Luffy hingga memutuskan untuk keluar dari Kru Topi Jerami. Tak tanggung-tanggung, Usopp sampai baku hantam dengan Luffy!

Going Merry juga sejauh ini kapal satu-satunya yang menampilkan rohnya di dunia One Piece. Bahkan ketika sudah nyaris hancur lebur, Going Merry jalan sendiri ke Enies Lobby untuk menyelamatkan kru Topi Jerami. Fakta Going Merry yang ini cukup keren.

7. Going Merry menemui Iceburg meminta untuk direparasi

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! funimation.com/One Piece

Iceburg merupakan salah satu orang yang pernah berbicara dengan Going Merry. Ya, ketika rusak parah, Merry berjalan menemui Iceburg dan minta untuk direparasi untuk terakhir kalinya. 

Iceburg pun memberbaiki Merry sebisanya, meski dia sendiri merasa Merry sudah gak punya harapan. 

8. Pengisi suara Going Merry

Ini 8 Fakta Menarik Kapal Going Merry One Piece! Going Merry. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Pengisi suara Going Merry adalah Houko Kuwashima.

Kuwashima pernah mengisi suara untuk sjeumlah karakter menarik lain di luar One Piece. Seperti Sango di Inuyasha, Flay Allster di Gundam Seed, Stella Liussier di Gundam Seed Destiny, Kasumi di game Dead or Alive

Sepertinya itulah fakta Going Merry yang harus kalian ketahui. Memang harus diakui Going Merry merupakan sebuah kapal yang benar-benar kuat karena ia melewati berbagai ujian untuk mengantarkan Luffy menjadi raja bajak laut. Oiya, bahkan di beberapa kesempatan Merry kerap melakukan hal unik, misalnya saja terbang. Dari beberapa fakta Going Merry tersebut mana yang paling kalian sukai?

Baca Juga: Peringkat 10 Anak Buah Yonko Orisinal Terkuat di One Piece! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU