Pengisi Suara Carl Fredricksen di Film Up, Ed Asner, Meninggal Dunia

Ia merupakan presiden ke-21 Screen Actors Guild

Pengisi Suara Carl Fredricksen di Film Up, Ed Asner, Meninggal Dunia

Pengisi suara di balik karakter Carl Friedricksen dalam film animasi Up, Ed Asner wafat pada usia 91 tahun. Keluarganya resmi menyampaikan kabar berpulang Asner pada dini hari.

1. Wafat di usia 91 tahun

Akun Twitter resmi Ed Asner mengungkapkan pada hari ini, pukul 00.28 dini hari bahwa aktor tersebut wafat pada usia lanjut 91 tahun setelah karier yang panjang di dalam dunia perfilman.

"Kami menyesal untuk menyampaikan bahwa ayah kami yang tersayang wafat pagi ini dengan damai. Kata-kata tidak mampu mengungkapkan kesedihan yang kami rasakan. Dengan kecupan di kepalamu- Selamat malam ayah. Kami menyayangimu," tulis cuitan resmi tersebut.

2. Perjalanan karier Ed

Eddie Asner merupakan aktor kelahiran Kansas, Missouri, Amerika Serikat pada tanggal 15 November 1929. Peran yang paling ikonik selain sebagai Carl adalah sebagai sosok Sinterklas dalam berbagai film live action dan lawan main John Wayne dalam film 1966 El Dorado.

Selain itu, ia merupakan presiden ke-21 dari Screen Actors Guild dari tanggal 3 November 1981 hingga 20 Juni 1985, dengan pendahulu William Schallert dan diteruskan oleh Patty Duke.

Baca Juga: 10 Fakta Andrew Garfield, Spider-Man Versi TASM!

3. Kegiatan aktivisme dan yayasan

Di bulan November 2017 Ed Asner Family Center resmi didirikan oleh anak Asner, Matt Asner dan menantunya Navah Paskowitz Asner. Yayasan ini melayani bantuan seni dan vokasi, layanan konseling, dan kamp sekaligus grup dukungan untuk orang-orang berkebutuhan khusus dan keluarganya.

Asner sendiri merupakan anggota Comic Book Legal Defense Fund, organisasi nonprofit yang berdedikasi untuk melindungi para kreator komik dan penjual retail dari tuntutan yang berdasarkan konten.

Apa pendapatmu tentang kehidupan dan karier Ed Asner sepanjang hidupnya? Sampaikan opinimu terhadap aktor tersebut melalui kolom komentar.

Baca Juga: 10 Fakta Jamie Foxx, Aktor di Balik Electro TASM!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU