Momonosuke Mati?! Apa Sebenarnya Maksud dari Hantu Negeri Wano!?

Kalau betulan mati, rencana mereka bakal berantakan!

Momonosuke Mati?! Apa Sebenarnya Maksud dari Hantu Negeri Wano!?

Komik One Piece 918 kemarin memperlihatkan sesuatu yang mengejutkan. Bagaimana tidak, tonggak makam bertuliskan nama anggota Klan Kozuki dan para pengikutnya ada di sana termasuk Momonosuke, Kin'emon, Kanjuro, dan Raizo! Apakah ini maksudnya mereka mati? Lalu apa sebenarnya yang dimaksud Law dengan hantu negeri Wano? Ini dia pembahasannya oleh duniaku.net!

Mari kita mulai dari membahas beberapa kejanggalan yang ada dalam komik One Piece terkait Momonosuke. Kita tahu kalau Momonosuke Kozuki ini berusia kurang lebih 8 tahun dan saat itu dia telah kehilangan ayah dan ibunya akibat ulah Kaido. Coba ingat bagaimana kejadian saat flashback Momonosuke yang memperlihatkan kematian ibunya, tampak siluet Momonosuke yang berteriak memanggil ibunya.

Momonosuke Mati?! Apa Sebenarnya Maksud dari Hantu Negeri Wano!?

Dari flashback tersebut kita bisa tahu setidaknya kejadian tersebut terjadi belum terlalu lama, atau setidaknya di mata Momonosuke untuk masih mengingat kejadian ini berarti saat itu usianya tidak kurang dari 4-5 tahun yang artinya kurang lebih terjadi pada 3-4 tahun yang lalu. Tapi benarkah demikian? Coba kita lihat beberapa fakta berikut ini.

Pertama, Inuarashi dan Nekomamushi dulunya adalah kawan baik dan Momonosuke tahu soal ini. Sampai sebelum Momonosuke dan pengikut Klan Kozuki mendatangi Zou, Inuarashi dan Nekomamushi dalam keadaan tidak akur satu sama lain sampai-sampai membagi pemerintahan Suku Minks menjadi dua: siang adalah kekuasaan Inuarashi dan malam untuk diperintah oleh Nekomamushi.

Dulunya mereka adalah teman yang sangat dekat dan bahkan pernah berlayar dalam satu kapal bersama-sama. Baru kita tahu dari Momonosuke bahwa alasan mereka menjadi tidak akur adalah akibat ayah Momonosuke, Oden Kozuki. Hal ini bermula dulu sekali ketika Pedro dan Wanda masih kecil dan Carrot bahkan belum lahir. Menandakan bahwa perseteruan antara Inuarashi dan Nekomamushi sudah terjadi cukup lama.

Apakah perkelahian keduanya ada hubungannya dengan pembantaian Klan Kozuki?

Mungkin saja karena berdasarkan pengakuan Pedro, Nekomamushi dan Inuarashi kembali ke Zou setelah perjalanan yang sangat panjang dalam keadaan terluka parah. Saat itu mereka berdua sudah mulai saling membenci dan nyaris saling membunuh. Perjalanan apa yang dimaksud jika bukan perjalanan bersama Oden Kozuki di kapal Bajak Laut Roger?

Bukan tidak mungkin Oden Kozuki yang mengorbankan dirinya untuk melindungi pengikut Klan Kozuki dari pembantaian ini menjadi alasan bagi mereka berdua untuk saling membenci satu sama lain. Inuarashi mungkin menyalahkan Nekomamushi dan sebaliknya, Nekomamushi juga menyalahkan Inuarashi sehingga keduanya begitu saling membenci.


Menemukan keganjalan? Atau masih ada yang belum dipahami dari ulasan di atas? Apa hubungannya dengan Hantu Negeri Wano? Simak lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

Sebelum membahas lebih lanjut, mari berpikir sejenak. Jika pertengkaran Inuarashi dan Nekomamushi terjadi sebelum Carrot lahir, bukankah berarti sudah lama sekali? Ada kemungkinan pertengkaran itu disebabkan oleh pembantaian Klan Kozuki. Tapi bukankah Momonosuke juga menyaksikan kejadian pembantaian Klan Kozuki padahal usianya masih 8 tahun?

Jangan lupa juga kalau Momonosuke sempat mengatakan kalau Inuarashi dan Nekomamushi dulunya akrab. Selain itu, Nekomamushi dan Inuarashi juga langsung mengenali siapa itu Momonosuke sejak awal bertemu di Zou. Artinya, Momonosuke yang usianya baru 8 tahun ini memang pernah bertemu dengan Inuarashi dan Nekomamushi sejak mereka belum bertengkar.

Selain itu, Momonosuke sempat menyampaikan bahwa ia pernah bertemu dengan Roger, sang Raja Bajak Laut. Lucunya, Roger sudah mati sejak sekitar 20 tahun yang lalu dan Momonosuke baru berusia 8 tahun. Usopp sampai menuduh Momonosuke berbohong. Sayangnya penulis tidak melihat ada tanda-tanda kebohongan pada Momonosuke. Kalau dia memang ingin cari perhatian, tentu Oda akan memberikan kata-kata yang lebih pas dan bukan dengan kebohongan semacam itu.

Hal ini membuat penulis berpikir bahwa Kozuki Oden punya kemampuan khusus, yaitu perjalanan waktu!

Jika bukan perjalanan waktu, setidaknya kemampuan untuk melempar seseorang ke masa depan dan tidak berlaku sebaliknya. Mungkin sebelum Kozuki Oden benar-benar mati, dia terlebih dahulu menyiapkan kekuatannya untuk melempar Momonosuke, Kanjuro, Raizo, Inuarashi, dan Nekomamushi ke masa depan dan menyelamatkan mereka dari pembantaian.

Kemampuan yang begitu ajaib ini kemungkinan besar didapat dari konsumsi Buah Iblis. Kalau melihat efeknya yang begitu luar biasa karena bisa mempengaruhi jalannya waktu, kemungkinan kekuatan khusus semacam ini hanya bisa digunakan sekali sebagai salah satu jurusnya.

Di percakapan antara Kin'emon, Nekomamushi, dan Inuarashi, Kin'emon sempat menyebutkan bahwa ia tidak menyangka Inuarashi dan Nekomamushi masih hidup. Ada kemungkinan ini terjadi karena mereka "dilempar" secara terpisah. Momonosuke dan pengikut Klan Kozuki lainnya dikirimkan terlebih dulu lalu atas alasan tertentu, Nekomamushi dan Inuarashi dilemparkan dengan terpisah.

Bisa jadi karena hal inilah Kin'emon sempat tidak menyangka bahwa mereka berdua masih hidup, karena perbedaan jarak mereka tidak hanya tempat tapi juga perbedaan waktu.


Lantas apa hubungannya dengan hantu negeri Wano? Apa hubungannya dengan kuburan yang diperlihatkan di akhir One Piece 918? Langsung saja baca pembahasannya di halaman ketiga!

Pada One Piece 918, Law menyebutkan bahwa Luffy akan terkejut jika ia bertemu dengan Hantu Negeri Wano yang diikuti dengan panel yang memperlihatkan kuburan anggota Klan Kozuki dan para pengikutnya, termasuk Momonosuke. Apakah ini artinya Momonosuke telah mati? Lantas apa hubungannya dengan pembahasan kekuatan Oden tadi?

Menurut penulis, kuburan itu dibuat untuk mengecoh Kaido dan Shogun yang menjatuhkan Oden Kozuki. Dengan adanya kuburan tersebut, Kaido dan anak buahnya akan beranggapan bahwa Klan Kozuki dan pengikutnya memang sudah mati. Namun ada kemungkinan juga kuburan itu dibuat karena rakyat Wano tidak tahu apa yang terjadi pada Klan Kozuki sehingga mereka membuat kuburan untuk mereka semua dengan beranggapan bahwa Klan Kozuki dan pengikutnya tidak bertahan hidup dari pembantaian.

Lalu bagaimana dengan Hantu Negeri Wano? Apakah ada kaitannya dengan Momonosuke dan yang lain?

Menurut penulis, yang dimaksud dengan Hantu Negeri Wano bukanlah Momonosuke dan para pengikutnya yang sudah kita kenal. Di antara nama-nama yang tertera di tonggak kuburan tersebut, ada tiga nama Kozuki dan lima nama pengikut Klan Kozuki. Kemungkinan selain Momonosuke dan Oden, nama Kozuki ketiga adalah milik ibu Momonosuke.

Pengikut Klan Kozuki yang namanya tertera di situ ada tiga: Kin'emon, Kanjuro, dan Raizo. Lalu apakah dua nama lainnya adalah nama Inuarashi dan Nekomamushi? Menurut penulis tidak. Tadi penulis berpendapat bahwa Nekomamushi dan Inuarashi dikirim ke masa depan di waktu yang berbeda entah karena alasan apa. Jadi nama Inuarashi dan Nekomamushi tidak ada di sana karena memang mereka dianggap tidak mati dalam pembantaian Klan Kozuki saat itu.

Lalu siapa yang dimaksud Hantu Negeri Wano?

Ingat Shutenmaru? Dia adalah seorang pencuri yang terang-terangan melawan pemerintahan Shogun yang sekarang dan bisa dibilang punya kemampuan yang hebat karena sampai sekarang belum tertangkap. Menurut penulis, Shutenmaru ini adalah nama alias. Aneh rasanya seseorang di Wano membangkang pada pemerintah dengan menggunakan nama aslinya.

Jadi bagaimana jika salah satu dari pengikut Klan Kozuki yang namanya tercantum di tonggak kuburan tersebut sebenarnya adalah Shutenmaru yang menyembunyikan diri? Tentu ini akan menjelaskan maksud dari "Hantu Negeri Wano". Disebut hantu, karena seharusnya ia sudah mati padahal sebenarnya Shutenmaru hanya dikirim ke masa depan oleh Oden.

Tak mungkin rasanya Momonosuke dan yang lain benar-benar telah mati, karena jika memang mereka sudah mati artinya rencana yang Luffy dan Law buat bersama aliansi akan menjadi berantakan. Hal sepenting itu rasanya tak mungkin tidak disampaikan sejak awal oleh Law dan malah menunggu bertemu dengan Hantu Negeri Wano.

Jadi bagaimana menurut kalian? Setuju atau tidak dengan teori One Piece kali ini? Lalu kira-kira apa hal mengejutkan yang akan dilihat oleh Luffy? Coba diskusikan di kolom komentar, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU