Ini Petunjuk Soal Asal Nama Pulau Laugh Tale di One Piece!

Jadi, harta utama Joy Boy adalah... lawakan?

Ini Petunjuk Soal Asal Nama Pulau Laugh Tale di One Piece!

One Piece 967 memberi petunjuk soal asal nama pulau Laugh Tale. Namun untuk yang ini, saya berhati-hati tidak membahasnya sampai terjemahan resminya keluar. Dua terjemahan fan yang rilis sebelum ini terbukti memiliki banyak bagian menyesatkan. 

Nah, berhubung bab One Piece 967 sekarang bisa kamu baca di Manga Plus, saya jadi paham isi percakapan di akhir. Ini petunjuk asal nama pulau Laugh Tale!

1. Peninggalan Joy Boy di Laugh Tale membuat kru bajak laut Roger tertawa

Sebenarnya, apa harta Joy Boy di Laugh Tale? Tentu saja Oda belum memperlihatkannya. Namun yang kita tahu: harta itu membuat Roger dan krunya tertawa. 

Dalam terjemahan resmi, Roger lalu memberi petunjuk kepada pembaca: ia menyebutkan harta peninggalan Joy Boy berisi kisah yang penuh dengan tawa. 

Menurut Oden sih, memang ada harta yang melimpah di Laugh Tale. Namun wujud harta itu tidak ia sampaikan. Apakah hanya Poneglyph berisi lawakan? Ataukah memang ada harta uang juga?

Yang menarik adalah terjemahan mengenai reaksi Roger pun menurut Artur dari Library of Ohara kurang tepat. Roger katanya tertawa karena situasi di balik harta tersebut ("Kau meninggalkan harta yang sulit dipercaya... Sungguh cerita yang lucu!").

Baca Juga: 4 Anak Buah Gol D. Roger yang Ternyata Tidak Ikut ke Laugh Tale

2. Nama pulau itu tadinya terlupakan, kemudian Roger yang menamainya

Ini Petunjuk Soal Asal Nama Pulau Laugh Tale di One Piece!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Laugh Tale seharusnya memiliki nama asli. Tapi tidak diketahui apakah Roger mengetahui nama asli itu atau tidak. Ia kemudian menamai pulau itu Laugh Tale, dan itulah nama yang kemudian beredar di dunia. 

Masih ingat saat Crocus menyebutkan nama Raftel atau Laugh Tale di Reverse Mountain? Tak mengherankan Crocus tahu nama itu, dia termasuk yang turun ke sana. 

Kenapa Roger menamai pulau terakhir dengan nama Laugh Tale? Itu rasanya ya berhubungan dengan yang ia temukan dari Joy Boy. Pada dasarnya, itu adalah pulau yang menyimpan kisah penuh dengan tawa. 

3. Ejaan resmi Raftel pun akhirnya disajikan di versi manga

Yang menarik perhatian saya adalah: ini pertama kalinya pengungkapan besar One Piece justru tersaji di movie duluan, bukan manga. 

Yup. Kita sudah lama mendengar nama Raftel. Tapi One Piece Stampede adalah yang pertama memberi klarifikasi cara mengeja pulau tersebut: Laugh Tale, jelas-jelas tertulis dalam bahasa Inggris. 

Movie itu biasanya hanya menyajikan kisah yang tidak dianggap resmi oleh Oda. Bahkan sebenarnya kisah Douglas Bullet pun tetap tidak resmi. Meski begitu, pengungkapan Laugh Talenya sih benar. 

Itulah petunjuk soal asal nama pulau Laugh Tale di One Piece. Gimana menurut kamu?

Baca Juga: Bocoran One Piece 967 Beri Petunjuk Harta Apa yang Ada di Laugh Tale

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU