Bisakah Sabo Mengalahkan Doflamingo Jika Mereka Duel di Dressrosa?

Ini pada dasarnya akan jadi adu kekuatan benang lawan api

Bisakah Sabo Mengalahkan Doflamingo Jika Mereka Duel di Dressrosa?

Donquixote Doflamingo adalah petarung tangguh. Luffy harus mengerahkan Gear 4 untuk pertama kali dalam menghajarnya.

Di sisi lain, Sabo adalah orang nomor dua di Pasukan Revolusioner. Sosok kepercayaan Monkey D. Dragon yang sangat kuat dengan ilmu bela diri Ryusoken miliknya.

Tak hanya itu, Sabo pun memakan Buah Mera Mera di Dressrosa, membuat dia semakin kuat.

Bisakah Sabo mengalahkan Doflamingo jika mereka duel di Dressrosa? Begini pembahasannya! 

1. Sekuat apa Doflamingo?

Karena Doflamingo kalah sebelum Luffy berurusan dengan anak buah para Yonko, ia sekarang terasa lebih lemah dari sosok seperti Katakuri dan lain-lain.

Tapi tetap, jangan remehkan Doflamingo. Dari segi level kekuatan, ia berada di level komandan para Yonko.

Ia tidak bisa mengalahkan sosok seperti Kaido, tapi ia dapat dengan mudah menghajar sosok yang kekuatannya di bawah level komandan kelompok Yonko. Bahkan ia sepertinya masih bisa mengalahkan beberapa komandan Yonko jika diberi kesempatan, mengingat ia mampu menghentikan pergerakan Jozu di Marineford. 

Kunci kekuatan Doflamingo adalah dia punya tiga jenis Haki, Buah Iblis Ito Ito miliknya telah mencapai Awakening, dan tubuhnya sendiri memang tangguh.

Untuk melawan Doflamingo, musuhnya harus cukup lincah untuk mengejarnya, dan juga cukup kuat hingga serangannya bisa menyakiti tubuh kuat mantan Shichibukai itu.

Baca Juga: Sabo Tertangkap? 6 Pasukan Revolusioner Ini Masih Bisa Membantu Luffy!

2. Sekuat apa Sabo?

Level kekuatan Sabo tampaknya setara dengan Ace. Bahkan dia mungkin lebih kuat sedikit, karena dia unggul pengalaman hidup dua tahun dibanding Ace, yang mati muda di Marineford.

Salah satu bukti kekuatannya adalah betapa mudah ia mengalahkan Jesus Burgess setelah memperoleh Mera Mera no Mi.

Kejadian ini membuat ada pembaca yang meremehkan level kekuatan Burgess. Jangan salah, mengingat Burgess salah satu komandan Blackbeard, ini sih bukan pertanda Burgess lemah. Sabo memang sangat kuat. 

Dulu, Blackbeard pun mencegah anak buahnya (termasuk Burgess) untuk melawan Ace karena dia merasa level Ace di atas mereka.

Yang ngeri dari Sabo adalah dia memadukan bela diri Ryusoken, penggunaan Haki, serta kemudian Mera Mera no Mi. 

Tanpa Mera Mera no Mi pun ia bisa bertahan dengan santai dalam final turnamen Dressrosa, menghadapi Jesus Burgess dan Diamante. 

Dengan Mera Mera no Mi, kemampuannya semakin berbahaya. 

3. Sabo tanpa Mera Mera no Mi tampaknya akan kalah dari Doflamingo

Bisakah Sabo Mengalahkan Doflamingo Jika Mereka Duel di Dressrosa?comicbook.com

Kalau kita ngomongin Sabo tanpa Mera Mera no Mi, Doflamingo bisa unggul.

Saya sebelumnya juga pernah membuat analisis soal siapa yang akan menang bila Doflamingo melawan Zoro.

Menurut analisis saya, Zoro bisa melukai Doflamingo jika mereka cukup dekat, masalahnya mobilitas Zoro masih seperti manusia biasa. Zoro akan kesulitan jika Doflamingo mulai menggunakan Awakening Ito Ito.

Hal yang sama juga akan terjadi jika Sabo melawan Doflamingo tanpa Mera Mera no Mi. Bila Sabo cukup dekat, Ryusoken miliknya bisa menyakiti Doflamingo. Namun Doflamingo bisa jadi terlalu lincah dan memiliki banyak trik, sehingga Sabo sulit melukai Doflamingo. 

Bahkan, karena Sabo tak terlihat memiliki teknik penambah kekuatan, Sabo bisa jadi akan dijerat benang tak terlihat Doflamingo seperti Sanji. 

4. Lain ceritanya jika yang dilawan Doflamingo adalah Sabo dengan Buah Mera Mera

Bisakah Sabo Mengalahkan Doflamingo Jika Mereka Duel di Dressrosa?comicbook.com

Tapi, Sabo dengan Buah Logia adalah ancaman yang beda lagi. 

Tiba-tiba, Sabo memiliki mobilitas yang lebih baik karena tubuhnya mampu berubah jadi api. 

Sudah begitu, tubuh api ini bisa membantu Sabo mengatasi trik Parasite dari Doflamingo.

Itu bukan berarti Doflamingo akan menang mudah. Dia toh bisa mengalirkan Haki ke benangnya.

Namun dengan kekuatan api, Sabo jadi memiliki kunci mengalahkan Doflamingo: pergerakan yang cukup lincah untuk mengejar dan mengantisipasi serangan Doflamingo, kekuatan yang mantap untuk menghajar Doflamingo, dan tubuh api yang bisa membuat Doflamingo tak bisa menghentikan pertarungan secepatnya dengan melumpuhkan Sabo.

Sabo bahkan tidak wajib berdekatan dengan Doflamingo. Tinju apinya membuat ia bisa menghajar Doflamingo dari jarak jauh. 

Selain itu, pada dasarnya ini adalah pertempuran benang lawan api. Bila tak dilapisi Haki, benang ya dapat dengan mudah dilalap api. 

Pertarungan ini tetap tidak akan berakhir mudah.

Salah satu kuncinya adalah Sabo juga masih beradaptasi dengan Buah Mera Mera. Bila ia melawan Doflamingo setelah memakan buah itu, waktu bahkan belum berjalan sehari sejak ia memperoleh kekuatan api. Ini bisa memberi Doflamingo peluang.

Doflamingo dengan pengalaman bertahun-tahun menggunakan Ito Ito no Mi dan kekuatan Haki-nya juga bisa menghajar tubuh api Sabo jika Sabo tak hati-hati.

Namun, dengan keunggulan kekuatan apinya, Sabo bisa jadi akan mengatasi trik-trik Doflamingo dan menghajar pria itu. Terutama karena saat terlihat di Dressrosa pun Sabo sudah bisa menggunakan Buah Mera Mera dengan baik. 

Saya bahkan melihat kemungkinan Sabo mengalahkan Doflamingo lebih cepat dari Luffy. 

Kira-kira, saya membayangkan situasinya akan seperti bila Luffy langsung mengerahkan Gear 4, dan tidak sempat kehabisan tenaga mendadak. 

Model pertarungannya akan seperti Ryuma lawan Zoro. Kelarnya cepat, tapi dalam waktu singkat itu adu kekuatannya seimbang dan brutal. 

Demikian analisis saya soal bisa tidak Sabo mengalahkan Doflamingo jika mereka duel di Dressrosa. Gimana pendapat kamu?

Baca Juga: Mengenang Ramalan Doflamingo dan Whitebeard Soal Perang Besar

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU