14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Ahli pedang andalan Topi Jerami nih!

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Dalam serial One Piece, Roronoa Zoro merupakan kru pertama dan juga orang terkuat kedua dalam bajak laut Topi Jerami. Setidaknya, hingga Jinbe masuk dan membuat ranking kekuatan Topi Jerami jadi lebih menarik. 

Lalu apa saja fakta menarik yang dimiliki oleh Zoro? Yuk simak daftarnya di sini!  

1. Nama Zoro diambil dari bajak laut sungguhan

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuiancient-origins.net

Fakta Zoro One Piece yang pertama ini mungkin akan mengejutkanmu. Zoro merupakan satu-satunya kru bajak laut topi jerami yang memiliki nama dari bajak laut sungguhan pada jaman dahulu. Nama Roronoa diambil dari bajak laut yang bernama François L'ollonais yang merupakan bajak laut di area Karibia terkejam pada masanya. L'ollonais dalam bahasa jepang dibaca Roronoa.

2. Makanan favorit Zoro? Nasi

Makanan yang paling disukai oleh Zoro adalah nasi. Selain itu ia juga senang memakan daging monster, atau apapun yang enak bila dimakan sambil minum sake. 

Hal itu tercermin dari salah satu jurus andalan Zoro, yakni onigiri. Onigiri memang bisa diartikan sebagai "Penebas Iblis," namun itu juga adalah nama dari makanan nasi dari Jepang.

Selain makanan, minuman yang paling disenangi oleh Zoro adalah sake. Sejak kekalahannya dari Mihawk, rutinitas Zoro bahkan terasa hanya tidur panjang, latihan, lalu minum sake dan makan.

3. Awalnya direncanakan jadi anak buah Buggy

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuionepiece.fandom.com

Untuk fakta Zoro One Piece selanjutnya: tahukah kamu kalau tadinya cowok ini dirancang Oda sebagai anak buah Buggy? Dalam wawancara dengan Oda yang tercatat pada komik volume ketiga,  Zoro awalnya merupakan salah satu pengawal dari bajak laut Buggy.

Bajak Laut Buggy pada awalnya merupakan bajak laut yang bersistem keluarga yang juga membuat Zoro menjadi kakak tertua diantara para pengawal. Pada akhirnya Zoro di manga dan anime sama sekali tak memiliki keterikatan dengan Buggy.

Tapi akan menarik juga bagaimana struktur kelompok Topi Jerami jika Oda menggunakan rencananya yang ini. Apakah Nami akan menjadi tangan kanan Luffy, pengganti Zoro?

Baca Juga: 6 Sekutu Luffy yang Belum Kelihatan Ikut ke Onigashima di One Piece

4. Pedang favoritnya adalah Wado Ichimonji dan Shusui

Jika kalian merupakan penggemar One Piece pasti kenal dengan pedang dengan gagang putih yang selalu dibawa oleh Zoro dan juga merupakan pedang warisan dari Kuina.

Sejak pertama kali One Piece dibuat, pedang Zoro berhasil bertahan hingga saat ini adalah Wado Ichimonji yang juga merupakan salah satu dari 21 Saijo O Wazamono.  Pedang ini bahkan mampu bertahan saat beradu dengan Yoru milik Mihawk.

Dua pedang pertama Zoro hancur dalam konfrontasi itu, tapi tidak demikian dengan Wado Ichimonji.

Zoro juga selalu mengambil pedang ini saat bertarung. Wado Ichimonji yang paling sering ia pakai. Bahkan, bila ia menggunakan jurus yang hanya menggunakan satu pedang, maka Wado Ichimonji lah yang akan ia pilih untuk mengeksekusinya. Wado Ichimonji juga merupakan pedang yang selalu ia gigit saat menggunakan teknik Santoryu.

Setelah time skip, pedang favorit Zoro justru Shusui. Ia jadi sering menggunakan pedang itu untuk jurus satu pedang.

Tapi, kemudian Zoro terpaksa merelakan Shusui kembali ke Wano. 

5. Memiliki luka di wajah dan dada, seperti Luffy

Luffy dan Zoro memiliki bekas luka di wajah dan area perut mereka. 

Untuk Luffy, luka di wajahnya adalah bekas goresan yang ia buat saat kecil. Luka di dadanya adalah bekas serangan Akainu di Marineford.

Sementara itu, Zoro memiliki bekas luka panjang dari tebasan Yoru. Kemudian saat muncul lagi di timeskip, ia memiliki bekas luka di bagian mata. Mata yang dilintasi bekas luka itu tak terbuka lagi hingga sekarang. 

6. Seperti tidak mau memanggil nama Sanji

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuicrunchyroll.com/One Piece

Tentu kalian sering melihat Zoro dan Sanji selalu bertengkar hanya karena hal sepele. Mereka berdua juga sering saling menghina satu sama lain. Zoro selalu mengganggu Sanji dengan sebutan "koki mesum" sedangkan Sanji sering mengganggu Zoro dengan sebutan "Marimo" yang berarti kepala lumut.

Tapi tahukah anda bahwa selama 20 tahun lebih komik One Piece berjalan tidak pernah sekalipun Zoro menyebut nama Sanji? Ya, itulah yang terjadi sejauh ini. Kita lihat saja apakah ini akan berlanjut hingga One Piece tamat, ataukah akan ada momen serius yang memaksa Zoro untuk memanggil nama Sanji.

7. Pernah membunuh naga, seperti Ryuma

Selain Ryuma, Zoro juga merupakan tokoh di One Piece yang diketahui sudah membunuh naga. Jika kalian bingung kapan Zoro membunuh naga, kalian bisa menonton atau membaca ulang arc Punk Hazard.

Pada saat Luffy, Zoro, Robin dan Usopp memasuki pulau terlarang ini, mereka bertemu dengan hewan legenda yaitu seekor naga. Setelah bekerja sama untuk membunuh naga ini, Zoro mendapatkan tebasan terakhir yang membuatnya menjadi orang yang membunuh naga tersebut.

Itu memang naga buatan Vegapunk sih, jadi mungkin kekuatannya tidak sedahsyat yang dikalahkan Ryuma dulu. Tapi tetap saja itu prestasi tersendiri.

8. Sudah diincar Luffy sejak sebelum mereka bertemu

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuicomicbook.com

Luffy selalu mengundang anggota krunya setelah bertemu dengan mereka. Tetapi sewaktu Luffy masih sendiri bersama dengan Coby, Luffy sudah memutuskan untuk mengundang Zoro hanya karena mendengar dia hebat.

Keinginan Luffy untuk mengundang Zoro menjadi anggotanya bertambah setelah mendengar Zoro merupakan orang yang baik. Hal itu terjadi bahkan sebelum Luffy bertemu dengan Zoro.

Keputusan Luffy ini lalu terbukti tepat, karena Zoro merupakan anak buahnya yang paling loyal. Zoro bahkan bersedia menerima seluruh luka yang Luffy derita di Thriller Bark agar Kuma tidak menangkap kaptennya. Zoro juga tak mengharapkan pamrih sedikit pun atas pengorbanannya, karena ia tak menyampaikannya ke siapa pun.

9. Senantiasa menjadi karakter Topi Jerami terfavorit kedua, hanya kalah dari Luffy

Dalam poling karakter favorit untuk serial One Piece, di antara Topi Jerami Zoro selalu berada pada urutan kedua setelah Luffy.

Dalam enam polling, Zoro juga lima kali jadi karakter kedua terfavorit di seluruh manga One Piece. Dia hanya pernah dilampaui sekali, di polling kelima oleh Trafalgar Law. 

10. Pertarungan dengan Kuina membuatnya menapaki jalan ini

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuiimdb.com

Pada awal masuk dojo, Zoro terlihat berhasil mengalahkan beberapa murid di sana dengan menggunakan banyak pedang sekaligus. Ia percaya bahwa semakin banyak pedang semakin kuat pula dalam bertarung.

Tetapi semua itu berubah ketika ia dikalahkan oleh Kuina yang hanya menggunakan satu pedang saja. Setelah kalah oleh Kuina dan diberi tahu bahwa banyak pedang tidak membuat orang menjadi kuat, Zoro mulai berlatih menggunakan dua pedang saja. Ia pun mencoba mengalahkan Kuina dengan dua pedang itu.

Setelah Kuina meninggal dunia, Zoro meminta kepada gurunya untuk memberikan pedang milik Kuina. Semenjak itulah Zoro mulai melatih gaya Santoryu miliknya hingga sekarang ini.

11. Dia berasal dari Desa Shimotsuki, dan pernah mendengar "Sunacchi!" dari Shimotsuki Kozaburo

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuiaminoapps.com

Lihat simbol di dada Koushirou, sang guru Zoro? Pedang bersilang itu adalah simbol klan Shimotsuki di Wano.

Nama desa Zoro sendiri adalah Shimotsuki. Di desa itu, Shimotsuki Kozaburo yang legendaris pernah tinggal.

Kalau kamu tidak tahu, Kozaburo adalah orang yang menciptakan Wado Ichimonji.  

Zoro sendiri menurut SBS volume 96 mendengar seruan "Sunnachi!" dari Shimotsuki Kozaburo. Seruan itu kemudian ia turunkan ke Momonosuke. 

Koushirou, guru Zoro, sebenarnya juga adalah anak dari Kozaburo. Jadi sepertinya, Koushirou itu nama lengkapnya adalah Shimotsuki Koushirou. 

12. Pedangnya sering berganti

Zoro sudah beberapa kali mengganti pedangnya sebelum ini. Dua pedang tanpa namanya hancur setelah melawan Mihawk. Lalu, di Loguetown dia memperoleh Yubashiri dan Sandai Kitetsu.

Yubashiri lalu hancur di akhir Enies Lobby. Sebagai gantinya, Zoro memperoleh Shusui.

Shusui ternyata diminta kembali oleh penduduk Wano. Sebagai gantinya, Kozuki Hiyori menyerahkan pedang Enma kepada Zoro. 

Saat artikel ini ditulis, pedang Zoro terdiri dari Sandai Kitetsu, Wado Ichimonji, dan Enma. 

13. Di alur Wano, bounty-nya tertinggal dari Sanji dan Jinbe

Zoro biasanya memiliki bounty nomor dua di Topi Jerami.

Namun karena ia tidak ikut alur Whole Cake Island, bounty-nya disalip oleh Sanji. 

Ketika Jinbe gabung, Jinbe pun menyalip Zoro dan Sanji dari segi bounty.

Bounty Zoro sendiri di alur Wano ada di angka 320 juta Belly. 

14. Ahli Kenbunshoku dan Busoshoku

14 Fakta Roronoa Zoro One Piece yang Mungkin Belum Kalian Ketahuicrunchyroll.com/One Piece

Untuk Busoshoku, Zoro begitu ahli hingga ia bisa melampaui pertahanan Haki sosok seperti Pica. Sepertinya, tidak banyak orang yang bisa melampaui Zoro dari segi kekuatan tekad.

Kenbunshoku Haki Zoro kurang disorot, namun ia memilikinya. Ia bisa mengantisipasi tembakan anak panah mendadak dan merasakan keberadaan musuh. 

Itulah 14 fakta Roronoa Zoro One Piece yang menarik. Gimana menurut kamu soal dia? 

Baca Juga: Kok Bisa? 5 Tokoh One Piece Ini Tidak Mau Buah Iblis!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU