Alasan Whitebeard Gak Nolong Wano Dijelaskan di One Piece 999!

Akhirnya dijelaskan juga misteri ini #onepiece #duniakuanime

Alasan Whitebeard Gak Nolong Wano Dijelaskan di One Piece 999!

Melihat betapa dekatnya Kozuki Oden dengan Whitebeard, jadi pertanyaan juga: kenapa Whitebeard gak nolong Wano di One Piece? 

One Piece 999 memberi jawabannya. Fudo juga sudah membahas sedikit hal ini dalam pembahasannya, tapi biar saya mencoba menjabarkan dengan lebih rinci situasi yang terungkap di bab itu. 

1. Kenapa Whitebeard gak bisa menolong Wano

Alasan Whitebeard Gak Nolong Wano Dijelaskan di One Piece 999!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Setelah lama alasannya tidak diketahui, One Piece 999 menegaskan kalau kelompok Whitebeard baru mengetahui kematian Oden bertahun-tahun setelah kejadiannya.

Karena itu posisi komandan divisi dua di Whitebeard lama kosong. Tampaknya, ada indikasi Whitebeard pun masih menunggu Oden, lalu bertahun-tahun kemudian dia mendengar Oden malah sudah mati.

Marco mengatakan kalau kelompok Whitebeard sebenarnya berencana ke Wano, namun tidak pernah dilakukan. Marco terutama menyorot apa yang akan terjadi, dan berapa banyak nyawa yang hilang, bila kelompok Whitebeard ke Wano. 

Ace sih ingin pergi sendiri, tapi Whitebeard merasa kalau Ace tak akan bisa mengalahkan Kaido.

Baca Juga: Sebetulnya Sekuat Apa Sih Yamato di One Piece? Selevel Komandan Yonko?

2. Marco dan Izo bersedia menemani Ace, dan ujung-ujungnya beneran membantu menghadapi kelompok Kaido di masa Luffy

Uniknya, One Piece 999 juga menunjukkan Izo dan Marco bersedia menemani Ace kalau Whitebeard memberi izin Ace pergi.

Ace lalu yakin kalau dia akan menang bila itu terjadi.

Lucunya, Izo dan Marco di masa Luffy memang jadi dua anggota kelompok Whitebeard yang pergi ke Wano untuk membantu melawan Kaido.

Kira-kira apa yang terjadi kalau Ace, Marco, dan Izo pergi ke Onigashima di masa lalu? Yaaa, melihat kekuatan Ace masih kalah dari admiral seperti Sakazuki, serta Izo tampaknya dihajar oleh Kaido bersama Akazaya Nine lain, mereka benar-benar tidak akan bisa berbuat banyak kalau nekat ke Onigashima di masa lalu. 

3. Apa yang akan terjadi kalau Whitebeard nekat ke Wano?

Alasan Whitebeard Gak Nolong Wano Dijelaskan di One Piece 999!onepiece-treasurecruise.com

Tapi gimana kalau Whitebeard bersikukuh membalas dendam Oden? 

Saya rasa ya analisis Marco akan terwujud. Bakal ada banyak korban jiwa tumpah bila Whitebeard ke Wano.

Whitebeard sendiri tampaknya adalah salah satu sosok yang bisa mengalahkan Kaido. Jadi bila kelompok Whitebeard lawan Kaido, sebenarnya Whitebeard menang itu bisa.

Tapi perhitungkan juga kalau kelompok Kaido tak segan mengeluarkan senjata-senjata sadis seperti gas Koro atau virus iblis es, yang bisa menjatuhkan korban di kelompok Whitebeard, orang tak bersalah, serta prajurit Kaido sendiri.

Lalu ada juga Shogun Orochi, yang tak akan ragu mengorbankan penduduk biasa Wano untuk mati demi melindungi dirinya sendiri. Bisa saja Orochi malah akan menggunakan taktik bumi hangus, menghancurkan pabrik dan tempat persediaan makanan untuk mempersulit kelompok Whitebeard. 

Wano bisa pulih setelah itu. Kemungkinan besar, Kozuki Hiyori bisa diangkat menjadi shogun baru untuk meninjau pembangunan kembali. Tapi kerusakan yang diderita Wano akan lebih parah dibandingkan bila Kaido dikalahkan oleh Luffy. 

Terutama karena saat Kaido menghadapi Luffy, Kaido sebenarnya sudah mempermudah usaha Luffy dengan mengatasi Orochi duluan. Taktik Kaido membawa Onigashima ke Ibu Kota Bunga pun berpotensi membantu Luffy, dengan membuat penduduk biasa Wano menyadari kejahatan Kaido, sehingga tak terjadi pemberontakan saat Momonosuke jadi shoguni.

Nah, itu alasan Whitebeard gak nolong Wano, serta teori apa yang terjadi bila Whitebeard memaksakan menyerang Kaido dulu.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Kelompok Yonko Mana yang Mungkin Beraliansi dengan Luffy di One Piece?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU