Tau Gak? Ini Penyebab Luka Silang Kenshin, Jagoan Samurai X!

Itu sebenarnya dua luka yang ditorehkan dua orang berbeda

Tau Gak? Ini Penyebab Luka Silang Kenshin, Jagoan Samurai X!

Kenshin Himura terkenal karena pedang sakabato dan luka silang di pipinya.

Tahukah kamu luka silang Kenshin sebenarnya berasal dari tragedi di masa lalu sang pembantai?

Yang menciptakannya pun bukan satu orang, melainkan dua. 

Untuk yang belum tahu, inilah kisah di balik luka silang Kenshin!

1. Luka pertama Kenshin disebabkan oleh Akira Kiyosato

Satu bagian dari luka silang Kenshin ditorehkan pria bernama Akira Kiyosato. Waktu pertama kali muncul di manga, Kiyosato tampak bukan orang penting. Dia hanya salah satu dari sejumlah orang yang dibantai oleh Kenshin. Hanya saja, ia setidaknya bisa menorehkan satu luka yang bekasnya tak kunjung hilang di pipi Kenshin.

Signifikansi Akira Kiyosato terungkap kemudian: Akira adalah calon suami dari Tomoe Yukishiro. Wanita yang kemudian sempat dinikahi oleh Kenshin.  

Baca Juga: 9 Fakta Kenshin Himura, Samurai Legendaris Tokoh Utama Rurouni Kenshin

2. Luka kedua ditorehkan oleh Tomoe Yukishiro

Sebagai calon istri Kiyosato, yang benar-benar sedih menghadapi kematian pria itu, Tomoe awalnya terlibat dalam plot rahasia untuk membunuh Kenshin. Namun ia justru beralih pikiran.

Sempat hidup bersama Kenshin, Tomoe jadi benar-benar menyukai sang pembantai. Situasi sulit memang, menyukai orang yang membunuh mantan tunangannya. Namun mau bagaimana lagi? Tomoe bahkan mempertaruhkan nyawa untuk melindungi Kenshin.

Pada akhirnya, keputusan ini berujung fatal. Kemunculan Tomoe membantu Kenshin dari serangan Tatsumi, pemimpin kelompok Yaminobu yang mengincar untuk membunuhnya. Perangkap-perangkap Yaminobu membuat indera-indera Kenshin (termasuk pengelihatannya) kacau sebelum pertempuran.

Pada akhirnya, Kenshin tidak sengaja menebas sekaligus Tatsumi dan Tomoe. Menurut versi manga, bekas luka kedua di pipi Kenshin tercipta saat ini. Pedang yang dibawa Tomoe tampaknya menggores Kenshin setelah Kenshin menebas Tomoe.

Kenshin saja sudah terpukul karena kejadian itu. Namun kemudian ia membaca buku harian Tomoe dan menyadari soal hubungan Tomoe dengan Akira Kiyosato, Pada akhirnya, setelah pergantian era, insiden ini pun termasuk yang bertanggung jawab besar membuat Kenshin tak ingin membunuh lagi. 

3. Kalau menurut Reflection, luka ini bisa memudar saat Kenshin mati

Tau Gak? Ini Penyebab Luka Silang Kenshin, Jagoan Samurai X!Studio DEEN/Rurouni Kenshin: Reflection

Di Rurouni Kenshin: Reflection, luka silang Kenshin memudar saat dia mati.

Namun patut diingat kalau film Reflection sejauh ini tak dianggap resmi. Bahkan Nobuhiro Watsuki sang pengarang sendiri tidak suka ending itu, dan merasa kalau Kenshin seharusnya memperoleh akhir bahagia.

Tau Gak? Ini Penyebab Luka Silang Kenshin, Jagoan Samurai X!Shueisha/Rurouni Kenshin: Hokkaido Arc

Di alur Hokkaido manga sih, sejauh ini luka silang Kenshin masih bertahan dan Kenshin belum ada tanda-tanda akan mati dalam waktu dekat.

Karenanya, tak diketahui apakah di cerita asli Kenshin yang ditulis Watsuki pun akan ada bagian lukanya sirna saat mati. 

Nah, itu lho penyebab luka silang Kenshin. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Ini 5 Musuh Kenshin yang Kemudian Malah Jadi Sekutunya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU